Brilio.net - Siapa yang tak tahu aktor kenamaan Reza Rahadian? Beberapa film yang dibintanginya hampir selalu meledak di pasaran. Namun siapa sangka jika kesuksesan yang didapatkan Reza saat ini harus melalui berbagai lika-liku panjang.

Dalam tayangan YouTube channel Daniel Mananta Network, Reza Rahadian berkesempatan membagikan kisah awal kariernya di dunia hiburan yang dimulainya sejak usia belia.

Sebelum panjang lebar menceritakan kisahnya, Daniel Mananta sempat mengakui jika sejak dulu akting Reza patut diacungi jempol. Reza memang pantas memperoleh kesuksesan karier di dunia entertainment seperti sekarang. Bahkan, Daniel pun sempat menangis ketika melihat akting Reza dalam film Hafalan Surat Delisa.

Nah, penasaran seperti apa cerita awal karier Reza Rahadian?

Berikut cerita perjalanan karier Reza Rahadian yang jarang terekspos, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (7/4).

Loading...

1. Dibesarkan tanpa ayah sejak usia 6 bulan.

cerita perjalanan karier reza rahadian © 2021 brilio.net

foto: YouTube/DanielManantaNetwork

Meski hanya dibesarkan oleh ibundanya, Reza Rahadian mengaku dibesarkan dalam keluarga yang 'lengkap'. Reza merasa bahwa ibunya mampu merangkap sosok sebagai ibu dan ayah yang baik bagi dirinya.

Pemeran film Habibie dan Ainun ini pun tidak punya gambaran sama sekali mengenai ayahnya.

"Kalau mungkin lo pernah denger, bokap gue meninggal. Itu karena gue nggak tahu ceritanya gimana dan biar orang lain nggak terus-terusan nanya. Sejujurnya gue nggak tahu ceritanya. Gue pun nggak tahu apakah bokap gue masih hidup atau udah meninggal," ungkap Reza Rahadian mengawali obrolannya pada Daniel Mananta.

2. Hanya hidup berdua dengan sang ibu dan kesulitan finansial.

cerita perjalanan karier reza rahadian © 2021 brilio.net

foto: YouTube/DanielManantaNetwork

Reza mendapatkan pelajaran berupa empati dan perjuangan dari didikan ibunya yang merupakan single parent. "She is very strong and powerful woman, dan tidak pernah merasa dirinya susah atau sedih. Dia mengembalikan semuanya ke Tuhan dan itu rencana Tuhan," ujarnya.

Pria kelahiran 5 Maret 1987 ini juga sudah mengetahui kisah ayah yang meninggalkan keluarganya, karena sang ibu sejak dulu sudah banyak mengajak Reza untuk berdiskusi.

Bersama ibunya, Reza diajak berdiskusi mengenai masalah orang-orang dewasa dan kesulitan finansial. Dari ibunya lah, Reza mewarisi karakter yang tidak self blaming dan fighting spirit.

3. Terpaksa mencari uang sejak usia 15 tahun.

cerita perjalanan karier reza rahadian © 2021 brilio.net

foto: YouTube/DanielManantaNetwork

"Adik gue lahir, nyokap gue kehilangan pekerjaannya. Tiba-tiba gue yang 15 tahun ini harus gimana?" ungkap Reza.

Pada saat itu Reza sangat kebingungan harus melakukan apa, karena ia masih di usia sekolah. Sedangkan ia harus menghidupi dirinya sendiri, ibunya, dan sang adik.

4. Bekerja serabutan.

cerita perjalanan karier reza rahadian © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@onefinesky

Mengetahui posisinya juga harus membantu menghidupi keluarga, kala itu Reza mau melakukan semua kegiatan yang bisa menghasilkan uang. Kepada Daniel Mananta, dia bercerita bahwa ia sempat menjual karpet, keliling-keliling, mengajar Bahasa Inggris untuk anak SD, hingga bekerja di kafe sebagai pelayan.

"Lo berjuang untuk nyokap lo dan adik lo ya? Dan itu terus berlanjut sampai sekarang?" tanya Daniel pada Reza.

Reza pun mengiyakan pertanyaan dari Daniel. Tapi ia cukup bangga bisa menghidupi keluarganya. Bahkan sampai mampu menyekolahkan adiknya hingga ke Boston, Amerika Serikat.

5. Mengalami berbagai kegagalan sebelum masuk dunia entertainment.

cerita perjalanan karier reza rahadian © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@officialpilarez

Reza mulai masuk dunia entertainment di usia 16 tahun dengan menjadi model Aneka Yes. Sebelum menjadi model, Reza mengaku pernah gagal sebagai perenang.

Selain itu, aktor tampan ini juga pernah terpikir untuk menjadi pilot. Namun niatnya pun diurungkan karena biaya sekolah pilot yang sangat mahal.

"Karena nggak jadi perenang dan pilot, ya udah jadi aktor," ungkap Reza sembari tersenyum.

6. Sangat passionate dengan dunia akting sejak kecil.

cerita perjalanan karier reza rahadian © 2021 brilio.net

foto: YouTube/DanielManantaNetwork

Selain pertanyaan tentang masa kecil, Daniel Mananta juga menanyakan pada Reza alasannya terjun ke dunia entertainment. Sebab menurut Daniel, sejak dulu Reza terlihat sangat memiliki passion dalam berakting.

"Nggak tahu ya, mungkin kuasa dari yang di Atas. Gue suka aja sama akting, ngelihat performance. Gue orangnya juga suka kritis sama performance orang lain. 'Kok dia aktingnya gini ya? Kok nggak bagus ya?'" jawab Reza.

7. Pernah gagal jadi aktor karena berjerawat.

cerita perjalanan karier reza rahadian © 2021 brilio.net

foto: YouTube/DanielManantaNetwork

"Dulu gue ikut di Aneka karena di sana ada kontak Production House (PH), agent, dan manajemen. Waktu itu ada manajer, tapi katanya gue nggak bisa dijual," ujar Reza sambil tertawa lebar.

Reza meningat kembali alasan dirinya yang 'kurang laku' di hadapan PH. Ia ingat sekali percakapan antara dirinya dan sang manajer yang pada saat itu dilakukan di dalam bajaj.

Dulu, manajer Reza mengatakan bahwa ia telah berusaha memberi yang terbaik bagi Reza. Namun, ia menganggap bahwa entertainment bukanlah jalan yang tepat untuk Reza.

"Terus dia ngomongin alasannya dong. Katanya gue dapet complain karena berjerawat, kurang tinggi, dan alasan-alasan yang ke fisiklah," ungkap Reza.

8. Melakukan berbagai hal agar mimpinya terwujud.

cerita perjalanan karier reza rahadian © 2021 brilio.net

foto: Instagram/rezarahadian_fans

Walaupun gagal dipromosikan oleh manajernya untuk bisa tembus ke Production House (PH), Reza menganggap bahwa kegagalannya hanya diungkapkan oleh satu orang.

Hebatnya, kala itu Reza tidak pernah patah semangat dan masih terus berusaha. Bagi Reza, setidaknya harus ada sepuluh orang lagi yang menyatakan bahwa ia telah gagal.

Reza pun kembali ke Aneka, kemudian ia mengirimkan foto maupun portofolionya ke berbagai PH, hingga ia mendapatkan kesempatan untuk casting dan masuk ke dunia entertainment hingga sukses seperti sekarang.

-

Reporter: Tita Meydhalifah

RECOMMENDED BY EDITOR