Brilio.net - Menyandang status sebagai publik figur dengan kegiatan yang super padat membuat para selebriti lebih banyak menghabiskan waktunya di luar daripada di rumah. Padatnya jadwal yang mereka miliki bahkan membuat mereka nggak sempat untuk mengurus rumah. Nggak salah kalau kehadiran asisten rumah tangga (ART) begitu penting dalam kehidupan para selebriti. Tugas para ART yang mereka punya pun beragam, mulai dari mengurus rumah sampai mengurus sang buah hati.

Nggak cuma punya satu atau dua ART, deretan seleb Tanah Air punya lebih dari dua hingga belasan ART di rumahnya. Salah satu seleb Indonesia bahkan memiliki ART sebanyak 20 orang lho. Memiliki banyak ART, para seleb tetap menjalin hubungan baik dengan para pekerja.

Para selebriti nggak lupa membahagiakan para pekerjanya dengan memberikan bonus berupa hadiah dalam bentuk barang atau liburan bersama. Siapa saja seleb yang memiliki banyak ART? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (20/12), berikut tujuh seleb yang punya banyak ART.

1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

seleb banyak ART  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@raffinagita1717

Menjadi salah satu pasangan seleb terkaya, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tentu punya segudang kesibukkan yang membuat mereka tak punya banyak waktu untuk mengurus rumah. Apalagi pasangan yang menikah pada 2014 lalu ini diketahui memiliki dua rumah.

Untuk mengurus dua rumah tersebut, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mempekerjakan 20 ART lho. Jumlah tersebut dijelaskan sendiri oleh Raffi dan Nagita dalam video di Channel YouTube-nya beberapa waktu lalu.

Dalam tayangan tersebut, Raffi dan Gigi menjelaskan mengapa keduanya memiliki banyak ART. Hal tersebut lantaran Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tingga bersama keluarga besar.

"Di rumah kan banyak orang juga. Maksudnya penghuninya banyak, jadi punya ART lumayan banyak," ungkap Gigi seperti dikutip brilio.net dari channel YouTube Rans Entertainment.


2. Sule.

seleb banyak ART  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@ferdinan_sule

Sama seperti Raffi Ahmad, Sule yang termasuk seleb terkaya ini juga mempekerjakan banyak ART di rumah mewahnya. Sule diketahui mempekerjakan 17 ART untuk mengurus rumahnya. Memiliki banyak ART, hubungan Sule dan belasan pekerjanya tersebut sudah akrab bak anggota keluarga.


3. Ashanty.

seleb banyak ART  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@ashanty_ash

Memiliki banyak anggota keluarga dan rumah yang luas, Ashanty juga dibantu banyak ART dalam mengurus kebutuhan dan kebersihan rumahnya bersama Anang Hermansyah. Nggak kalah banyak dari Raffi Ahmad, Ashanty juga mempekerjakan belasan orang sebagai ART.

Mempunyai banyak ART yang membantu meringankan bebannya sebagai ibu rumah tangga, Ashanty pun kerap memberikan bonus bagi belasan ARTnya tersebut dari mulai berupa barang hingga liburan bareng.


4. Nia Ramadhani.

seleb banyak ART  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Tak berbeda jauh dengan Ashanty, Nia Ramadhani yang punya gaya hidup mewah dan tinggal di rumah besar juga membutuhkan bantuan banyak ART untuk membantunya mengurus pekerjaan rumah. Ibu tiga anak ini mempekerjakan 15 ART di rumahnya.


5. Ayu Dewi.

seleb banyak ART  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@mrsayudewi

Menyandang status sebagai presenter kondang dan istri pengusaha, Ayu Dewi punya banyak kegiatan yang membuatnya nggak sempat mengurus rumah. Untuk meringankan pekerjaannya, Ayu Dewi mempekerjakan 12 orang untuk mengurus rumahnya.

12 pekerjanya tersebut termasuk supir dan keamanan rumah. Memiliki banyak pekerja, Ayu Dewi dikenal sebagai sosok yang murah hati. Hal tersebut ditunjukkan Ayu Dewi melalui channel YouTube-nya beberapa waktu lalu dengan mengajak 12 pekerjanya belanja di mal.


6. Melaney Ricardo.

seleb banyak ART  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@melaney_ricardo

Nggak kalah dari Ayu Dewi, Melaney Ricardo juga punya banyak ART yang mengurus rumahnya nih. Presenter kocak ini diketahui mempekerjakan tujuh orang di rumahnya, yang terdiri dari tiga supir dan empat ART.


7. Syahrini.

seleb banyak ART  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@princessyahrini

Sudah bukan rahasia lagi kalau Syahrini punya kesibukkan yang super padat di dunia hiburan. Belum lagi hobinya yang kerap liburan keliling dunia, makin membuat Syahrini nggak punya banyak waktu buat mengurus rumah mewahnya di Bogor.

Tak sebanyak enam seleb lainnya, Syahrini diketahui memiliki lima ART yang mengurus rumahnya. Syahrini pun kerap memanjakan kelima ARTnya tersebut dengan mengajak liburan bersama hingga umrah.