Brilio.net - Metode persalinan gentle birth kembali menjadi sorotan banyak orang setelah pengalaman dari selebriti. Gentle birth sendiri merupakan metode persalinan yang mengedepankan pada ketenangan dan kondisi emosional dari ibu atau wanita hamil. Persalinan metode ini disebut mampu mengurangi rasa trauma pasca melahirkan.

Jika biasanya, wanita hamil akan merasakan kesakitan saat proses persalinan. Dengan metode gentle birth, wanita hamil akan merasakan ketenangan emosi yang diiringi dengan lantunan musik. Persalinan gentle birth mirip dengan persalinan normal.

Beberapa teknik yang kerap digunakan setelah memutuskan untuk persalinan gentle birth di antaranya water birth, silence birth, dan hypno birthing. Water birth seperti namanya, para ibu hamil melahirkan dibantu dengan media air hangat. Hal tersebut bisa mengurangi rasa sakit sekaligus menenangkan bagi bayi maupun ibu hamil.

Sementara itu, silence birth membutuhkan suasana dan lingkungan yang mendukung dan tenang. Dengan teknik silence birth, proses persalinan tak akan terdengar teriakan. Sang ibu mengatur napas dan merilekskan diri hingga berhasil melahirkan.

Sedangkan untuk persalinan dengan teknik hypno birthing, peran suami dalam proses persalinan sangat penting. Suami memberikan dukungan dan sugesti penuh untuk melancarkan proses hypno birthing. Istri yang akan melahirkan bakal dihipnotis serta diminta untuk bermeditasi. Hal tersebut dilakoni agar istri merasa tenang menjalani proses persalinan.

Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (27/9), berikut deretan selebriti yang memilih melahirkan gentle birth.

1. Andien Aisyah

gentle birth © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@andienaisyah

Andien Aisyah melahirkan putra pertamanya yang bernama Anaku Askara Biru. Andien Aisyah melahirkan dengan metode gentle birth pada 2017 silam. Didampingi sang suami tak lupa memanggil bidan untuk mengawasi persalinannya.

 

2. Dominique Diyose

gentle birth © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@dominiquediyose

Dominique Diyose melahirkan buah hati berjenis kelamin laki-laki pada 13 Maret 2018 lalu. Model cantik ini memilih persalinan secara natural yakni gentle birth. Bayi mungilnya ini diberi nama Aksadari Mahameru.

 

3. Widi Mulia

gentle birth © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@widimulia

Widi Mulia telah dikaruniai tiga buah hati dari pernikahan dengan Dwi Sasono. Setelah melahirkan secara normal pada dua anaknya, pada persalinan ketiga, Widi sepakat melahirkan dengan metode gentle birth. Widi memboyong sang suami ke sebuah tempat di Bali untuk persalinan gentle birth.

 

4. Ayudia Bing Slamet

gentle birth © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ayudiac

Persalinan pertama yang dilewati Ayudia Bing Slamet memberikan kesan tersendiri. Pasalnya, pelantun tembang 'Teman Tapi Menikah' ini memilih persalinan gentle birth di Pulau Dewata Bali. Ayudia membagikan cerita persalinannya pada buku.

 

5. Oppie Andaresta

gentle birth © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@oppieandaresta

Penyanyi Oppie Andaresta melahirkan putranya yang bernama Kai Matari Bejo Kaler. Oppie menerapkan persalinan metode gentle birth dibantu oleh bidan Robin Lim dari Yayasan Bumi Sehat.

Dengan alunan musik yang menenangkan, proses persalinan Oppie Andaresta berjalan lancar. Persalinan yang terjadi pada 20 Juli 2007 ini disebut menjadi pelopor bagi sederet artis untuk mengikuti persalinan gentle birth.

 

6. Enno Lerian

gentle birth © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ennolerian_

Enno Lerian memilih gentle birth pada persalinan anak ke-4. Bagi mantan penyanyi cilik, metode tersebut dipilih karena ingin mengurasi rasa sakit dan trauma yang terjadi usai melahirkan.

Enno melahirkan buah hatinya pada 10 Desember 2017. Bayi laki-laki tersebut kemudian diberi nama Gema Tyaga Soesetyo.

 

7. Sharena Delon

gentle birth © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@mrssharena


Pada kehamilan kedua, Sharena Delon memilih melahirkan dengan metode gentle birth. Sharena melahirkan bayi perempuan pada 22 September 2018 lalu di kediamannya. Ditemani sang suami, Sharena melahirkan bayi kecilnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

God is Good, God is Great???? tak henti2nya bersyukur?? this is a glimpse of our beautiful journey dari tiga menjadi empat. Perjalanan yang gak singkat but so worth waiting for. She chose her own time to come out and make her grand entrance into the world??Proses ketemu our beautiful baby girl on her birthday was so magical dan penuh dengan gelombang cinta?? lahir dengan berat badan 3kg dan panjang 49cm, langsung nemplok dan menyusui dengan lancar...Puji Tuhan baby and mommy aman & sehat dan semua berjalan sesuai rencana and even better, merasakan proses persalinan yang super smooth and easy, i didn’t even cry. Just so much happiness during the whole proses. Malah skarang nangis terharunya setiap nonton videonya :’) sekali lagi, thank you so much yah untuk semua yang terlibat dan membantu di kehamilan dan persalinan ini, thankyou juga untuk semua ucapan dan doanya???????????? Bisa nonton full birth videonya on our youtube channel “Sharena Delon - Party of Four” (or just click the link on my bio????). Thankyou juga untuk yang sudah mau sempetin nonton video salah satu moment hidup terpenting dalam keluarga kita and also thanks untuk yang like and subscribe. Semoga semua juga bisa merasakan kebahagiaan yang kita rasakan ini?????? God Bless You???? . . Video edited by @secret_motion??

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sharena Delon (@mrssharena) pada