Brilio.net - Pada suatu kelompok dibutuhkan seorang yang dapat mengawasi sekaligus sebagai memimpin para anggotanya. Adanya seorang pemimpin juga diperlukan sebagai orang yang bisa mengayomi semua anggota kelompoknya. Membantu menyelesaikan masalah, dan bertindak tegas apabila ada yang menyimpang.

Umumnya grup K-Pop memiliki seorang leader dalam timnya. Idol yang dipilih sebagai leader adalah orang yang usianya lebih tua dibandingkan idol lain. Meski begitu, itu tidak menjadi syarat baku bila ingin menunjuk leader.

Ketika grup K-Pop ini sedang berada di sebuah acara kemudian diminta menyapa, maka leader tersebut yang biasanya akan memulai atau membuka terlebih dahulu. Lantas bagaimana ya bila grup K-Pop ditinggal oleh leader mereka? Sama halnya deretan grup K-Pop berikut ini. Penasaran? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/7).

1. 2PM - Jay Park.

grup kpop yang ditinggal leader Berbagai Sumber

Loading...

foto: Koreaboo.com; Instagram/@jparkitrighthere

Melansir dari soompi.com, mantan member sekaligus leader 2PM, Park Jaebum atau biasa disebut Jay Park pada tahun 2009 memutuskan untuk keluar dari 2PM. Hal itu disebabkan karena komentarnya tentang ketidaksukaannya terhadap Korea di akun sosial media Myspace miliknya. Setelah meminta maaf atas kejadian tersebut, dan keluar dari 2PM, Jay Park kini meninggalkan Korea, dan memilih berkarier di Amerika.

2. iKON - B.I.

grup kpop yang ditinggal leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@withikonic; @hanbinieee96

Semenjak B.I. memutuskan untuk keluar dari grup, iKON hingga kini belum memutuskan untuk menunjuk leader baru. Keluarnya B.I. dari iKON ini disebabkan skandalnya tentang pembelian obat-obatan terlarang. B.I. pun telah mengakui bahwa saat mengalami masa sulit dulu, ia memang sempat terpikirkan untuk memakai obat terlarang tersebut namun ia urungkan. Meski begitu B.I. tetap memutuskan meninggalkan timnya dan memutus kontrak dengan YG Entertainment.

3. BLOCK B - Zico.

grup kpop yang ditinggal leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@kpop4kpop; @woozico0914

Zico memulai debutnya bersama dengan BLOCK B pada 2011. Setelah bersama dengan BLOCK B cukup lama, Zico memilih untuk meninggalkan tim untuk selamanya. Alasannya karena Zico tidak memperpanjang kontraknya dengan Seven Seasons, label yang menaungi BLOCK B.

4. FT Island - Choi Jong-hoon.

grup kpop yang ditinggal leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@ftisland; @ftgtjhc

Tahun lalu, tepatnya 14 Maret 2019 Choi Jong-hoon akhirnya memutuskan untuk meninggalkan grup yang telah membesarkan namanya. Keluarnya Jong-hoon dari FT Island dikonfirmasi oleh agency mereka FNC Entertainment. Jong-hoon juga akan pensiun dari industri hiburan Korea.

Alasan keluarnya Jong-hoon dari FT Island dikarenakan skandal yang menimpa dirinya tentang grup chat yang di dalamnya terdapat Jung Joon-young dan Seungri. Mereka memanfaatkan koneksi polisi untuk menutupi insiden mengemudi dalam keadaan mabuk kala itu.

5. Wonder Girls - Sunye.

grup kpop yang ditinggal leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@wgalways; @sunye.m

Kamu pasti nggak asing dengan lagu Nobody. Lagu yang sangat familiar di telinga ini dipopulerkan oleh Sunye dan kawan-kawan dalam grup Wonder Girls. Setelah lagunya melejit dan berhasil go internasional, Wonder Girls malah ditinggal leadernya yaitu Sunye. Alasan Sunye meninggalkan timnya adalah ingin fokus merawat anak dan keluarganya.

6. AB6IX - Lee Young-min.

grup kpop yang ditinggal leader Berbagai Sumber

foto: koreaboo.com; Instagram/@im_youngmin95

Terlibat dalam insiden mengemudi di bawah pengaruh alkohol, leader AB6IX Lee Young-min memutuskan untuk keluar dari grup yang telah mempopulerkannya itu. Kini AB6IX menyisakan 4 orang anggota, mereka juga belum menunjuk leader setelah keluarnya Young-min dari grup.

7. AOA - Shin Ji-min.

grup kpop yang ditinggal leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@official_team_aoa; @aoa.paraguay

Terakhir yang sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan warganet di lini masa. Shin Ji-min atau akrab dengan panggilan Jimin keluar dari grup AOA. Keputusan tersebut disampaikan oleh agency mereka FNC Entertainment pada hari Minggu (5/7) kemarin. Keluarnya Jimin dari AOA didasari oleh skandal yang menyebutkan dia pernah membully Mina, rekan satu grupnya di AOA.

RECOMMENDED BY EDITOR