Brilio.net - Sebagian para fans K-Pop di era tahun 2000-an, mempercayai adanya mitos kutukan yang akan menimpa grup band populer. Istilah kutukan ini merujuk kepada apakah sebuah grup bisa mempertahankan kontrak tujuh tahun mereka tanpa adanya perombakan, berkurangnya anggota atau bahkan bubar. Sayangnya, walaupun beberapa ada yang berhasil tetapi banyak juga yang tidak dapat bertahan selama tujuh tahun itu.

Nah berikut ini seperti dihimpun dari berbagai sumber ada 7 grup idola yang tertimpa 'kutukan' tersebut. Apa aja ya? Yuk simak di deretannya, Rabu (24/5).

1. BEAST

Grup Kpop 7 years curse © 2017 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: aminoapps

Boyband BEAST debut pada tahun 2009 dan bubar pada tahun 2016 lalu. Saat itu agensi mereka, Cube Entertainment mengumumkan bahwa pada tanggal 19 April 2016 salah satu anggota, Hyunseung resmi meninggalkan grup setelah 7 tahun promosi. Alasan Hyunseung keluar adalah perbedaan dalam gaya musik.

Hyunseung dan lima anggota lainnya telah bicara dengan agensi mereka. Aktivitas tim tersebut akhirnya berubah dan kelima anggotanya, Doojoon, Junhyung, Yoseob, Gikwang dan Dongwoon memutuskan untuk keluar dari BEAST dan membentuk grup baru bernama HIGHLIGHT pada 24 Februari 2017.

2. SNSD

Grup Kpop 7 years curse © 2017 brilio.net

foto: aminoapps

Girlband top Korea, SNSD atau Girls' Generation ini juga tak luput dari kutukan 7 tahun. Didepaknya Jessica dari Girls' Generation pada tahun ke-8 mereka berjaya membuat fans terkejut. Keadaan pun memanas, penggemar terbagi menjadi dua, dari yang mendukung sisa 8 orang anggota grup SNSD dan penggemar Jessica. Hingga saat ini, baik SNSD masih menjalani aktivitas keartisan mereka di Korea sana, dan Jessica yang aktif sebagai desainer brand miliknya sekaligus menjalani solo karier sebagai penyanyi.

3. Wonder Girls

Grup Kpop 7 years curse © 2017 brilio.net

foto: aminoapps

Wonder Girls sebagai girlband populer generasi kedua memang meraih popularitas hingga ke mancanegara. Sejak tahun pertama debut mereka, kelompok itu mengalami perubahan anggota. Sunye telah keluar tahun 2014 setelah menikah, dan Sohee telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan JYP di tahun 2015. Dan kini Wonder Girls pun telah memutuskan untuk bubar pada 26 Januari 2017 lalu.

4. TVXQ

Grup Kpop 7 years curse © 2017 brilio.net

foto: aminoapps

TVXQ bisa dibilang adalah legenda grup K-Pop generasi kedua di mana mereka adalah grup yang membuka jalan bagi K-Pop hingga bisa dikenal secara global. Mereka memulai debutnya pada tahun 2003 dengan 5 anggotanya. Namun pada tahun 2010, tiga anggota mereka, Junsu, Yoochun dan Jaejoong memutuskan untuk keluar dan mengejar karier mereka sendiri dengan membentuk grup JYJ. Dua anggota lainnya, Yunho dan Changmin memutuskan untuk tetap mempertahankan nama TVXQ dengan membentuk duo.

5. KARA

Grup Kpop 7 years curse © 2017 brilio.net

foto: aminoapps

Sama halnya dengan Wonder Girls, KARA juga mengalami perubahan anggota sejak debut mereka di tahun 2007. Mereka telah mencapai puncak tertinggi popularitas sebagai kelompok dengan 5 anggota, namun Nicole dan Jiyoung malah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan DSP Entertainment di 2014. Setelah 2 anggota utamanya keluar, grup tersebut malah menambahkan YoungJi pada tahun 2014. Namun pada akhirnya mereka memutuskan untuk secara resmi bubar pada 2015.

6. 2NE1

Grup Kpop 7 years curse © 2017 brilio.net

foto: aminoapps

2NE1 sendiri juga mendapatkan cinta tersendiri di hati para penggemar K-Pop karena musik dan konsep mereka yang unik. Setelah 7 tahun menjalani karier sejak tahun 2009 bersama 2NE1, Minzy memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan YG Entertainment pada tahun 2016 lalu. Hingga pada November 2016, agensi mereka mengumumkan pembubaran 2NE1 dan mengeluarkan lagu perpisahan untuk penggemar pada 21 Januari.

7. SISTAR

Grup Kpop 7 years curse © 2017 brilio.net

foto: aminoapps

Girlband yang satu ini juga tidak lolos dari 'kutukan' tujuh tahun. Girlband yang digawangi Bora, Dasom, Soyou dan Hyorin ini sebelumnya memang tidak pernah terdengar isu akan memilih untuk meninggalkan embel-embel SISTAR di belakang nama mereka. Namun malangnya, grup yang debut pada Juni 2010 lalu ini memutuskan untuk tidak meneruskan kontraknya di DSP Entertainment pada 23 Mei 2017. Sebagai kado perpisahan, mereka akan merilis lagu terbaru mereka pada 31 Mei mendatang.

Wah, gimana nih Sobat Brilio? Menurut kalian 'kutukan tujuh tahun' ini beneran ada nggak ya?

RECOMMENDED BY EDITOR