Brilio.net - Perseteruan antara Mario Teguh dengan Kiswinar menjadi salah satu drama paling panjang tahun ini. Perseteruan mereka pun sudah menyeret banyak pihak ikut campur.

Mario Teguh dan Kiswinar pun akhirnya sudah melakukan tes DNA pada Selasa (8/11) untuk membuktikan apakah Kiswinar memang anak biologis dari Mario Teguh atau bukan.

Tes yang tertutup tersebut dilakukan di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. Hingga kini, mereka berdua pun masih menunggu hasil dari tes DNA itu.

Nah, seperti apa sih lika-liku tes DNA antara notivator Mario Teguh dengan Kiswinar? Berikut kilas baliknya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (19/11).

1. Kiswinar muncul dengan mengaku sebagai anak kandung sang motivator.

tes DNA MT x Kiswinar © 2016 dok. istimewa foto: Instagram.com/@kiswinar

Awal September, Kiswinar muncul dan mengaku sebagai anak kandung yang tak dianggap dari motivator berusia 60 tahun ini. Bukti-bukti seperti akta nikah dan akta kelahiran pun dimunculkan oleh anak dari Ariyani Soenarto yang merupakan istri pertama Mario Teguh.

Mario Teguh pun menyangkal hal itu. Ia berpegangan dengan pernyataan Ariyani yang menyebut jika Kiswinar bukan anak biologis darinya. Muncul ke publik, Kiswinar meminta Mario Teguh untuk tes DNA membuktikan apakah mereka punya hubungan biologis ataukan tidak.

2. Mario Teguh sudah meminta tes DNA sejak 25 tahun lalu.

tes DNA MT x Kiswinar © 2016 dok. istimewa foto: kapanlagi.com

Mario Teguh pun menyatakan jika sejak 25 tahun lalu ia sudah meminta kepada Ibu Ariyani untuk tes DNA antara dirinya dengan Kiswinar. Namun permintaan itu ditolak dengan alasan tak perlu dilakukan.

Keinginan itu diungkapkan Mario agar dirinya tahu jawaban pasti apakah ada darahnya yang mengalir dalam diri Kiswinar atau kah tidak.

3. Kiswinar polisikan Mario Teguh.

tes DNA MT x Kiswinar © 2016 dok. istimewa foto: Instagram.com/@kiswinar

Buntut dari kasus itu, Kiswinar melaporkan Mario Teguh ke Polda Metro Jaya pada 5 Oktober 2016 terkait dengan dugaan pencemaran nama baik dan fitnah. Mario diduga melakukan fitnah dan pencemaran nama baik lewat pernyataannya dalam wawancara eksklusif program Sapa Indonesia Pagi Kompas TV pada 9 September 2016.

Pada acara itu, Mario Teguh sempat mengatakan jika Ariyani telah menjalin hubungan gelap dengan laki-laki lain sehingga lahir Ario Kiswinar Teguh.

Didampingi kuasa hukumnya, Ferry Amahorseya, Ariyani Soenarto dan Kiswinar resmi melaporkan Mario Teguh dengan pasal 310 dan 311 dengan nomor laporan TBL/4802/X/2016/PMJ/Dit.Reskrimum.

4. Mario Teguh meminta tes DNA tapi ditolak Kiswinar.

tes DNA MT x Kiswinar © 2016 dok. istimewa foto: Instagram.com/@kiswinar

Setelah Kiswinar melaporkan ke Polisi, Mario Teguh dan pengacaranya mengadakan konferensi pers yang salah satu poinnya mengajak Kiswinar untuk tes DNA. Namun permintaan itu ditolak Kiswinar.

Pihak Kiswinar melalui pengacaranya, Ferry Amahorseya, menyatakan tak akan bersedia melakukan tes DNA atas permintaan Mario Teguh dan pengacaranya.

Kiswinar baru akan mau melakukan tes DNA jika pihak kepolisian yang meminta sesuai prosedur lantaran kasus tersebut sudah dilaporkan Kiswinar ke Polda Metro Jaya.

5. Tes DNA pun akhirnya terlaksana dengan difasilitasi pihak kepolisian.

tes DNA MT x Kiswinar © 2016 dok. istimewa foto: Instagram.com/@vigalsya

Setelah menunggu lama, akhirnya proses tes DNA antara Mario Teguh dan Kiswinar terlaksana pada Selasa (8/11) di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. Tes DNA yang dilakukan atas permintaan penyidik itu tak hanya dilakukan oleh Mario Teguh dan Kiswinar, tapi juga dilakukan oleh Ibu Ariyani.

Tes DNA itu dilakukan tertutup, tanpa peliputan dari media. Dalam pelaksanaannya, pihak Mario Teguh dan Kiswinar terpisah ruang. Selain itu, tak ada pertemuan antara kedua belah pihak meskipun tes DNA dilakukan pada waktu dan tempat yang sama.

6. Mario Teguh mengakui Kiswinar sebagai anak.

tes DNA MT x Kiswinar © 2016 dok. istimewa foto: kapanlagi.com

Pasca tes DNA, sejumlah fakta diungkap terkait perseteruan Mario Teguh dan Kisiwinar yang tertuang dalam BAP Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Namun dalam keterangan selanjutnya, suami dari Linna Teguh menyebut jika pengakuan antara anak kandung dan bilogis berbeda. Ia mengakui jika Kiswinar anak kandung karena bukti akta kelahiran memang mengatakan begitu.

Tetapi untuk membuktikan Kiswinar anak biologis Mario Teguh harus menunggu tes DNA. Meski sudah mengakui, hal itu tak membuat Kiswinar mencabut laporannya kepada polisi atas dugaan pencemaran nama baik karena menyebut Kiswinar anak dari Ibu Ariyani dengan laki-laki lain.

7. Mario Teguh melaporkan Deddy Corbuzier.

tes DNA MT x Kiswinar © 2016 dok. istimewa foto: kapanlagi.com

Pada Rabu (16/11), Mario Teguh dengan kuasa hukumnya, Vidi Galenso Syarief resmi melaporkan Deddy Corbuzier ke Polda Metro Jaya, Jakarta. Mario Teguh melaporkan Deddy berdasarkan pasal 310, 311 KUHP dan pasal 27 ayat 3 UU ITE tentang fitnah dan pencemaran nama baik.

Laporan itu pun sudah diterima dengan bukti nomor laporan LP/5636/XI/2016/PMJ/Dit.Reskrimsus. Mario Teguh menyebut kisruhnya dengan Kiswinar menjadi konsumsi publik karena penayangan di acara Hitam Putih dan Deeper with Deddy.