Brilio.net - Kepergian Glenn Fredly meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi sejumlah orang yang mengenalnya. Glenn Fredly tutup usia di usia 44 tahun pada hari Rabu (8/4) pukul 18.00 WIB. Glenn meninggalkan seorang istri bernama Mutia Ayu dan putri semata wayangnya Gewa.

Sejumlah kerabat dekat, musisi, seleb, dan para penggemar Glenn harus menerima kepergian Glenn untuk selamanya. Semasa hidup Glenn merupakan sosok yang sangat murah hati. Rasa kepeduliannya terhadap masalah sosial juga bukan rahasia umum lagi. Ia senang membantu orang-orang yang membutuhkan dukungan dan memberikan semangat.

Seperti postingan Glenn beberapa minggu yang lalu, ia memberikan semangat bagi tim medis yang saat ini tengah menangani wabah corona. Tak cuma sekadar ucapan, Glenn juga aktif terjun ke lapangan untuk membantu sesama. Beberapa aksi sosialnya kerap Glenn bagikan melalui media sosial Instagram dan Twitter.

Berikut ini beberapa postingan Glenn yang tunjukkan memiliki jiwa sosial yang tinggi, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/4).

1. Suarakan perjuangan Papua.

Aksi jiwa sosial Glenn  Berbagai sumber

foto: Instagram/@glennfredly309

Postingan ini bukan satu-satunya bukti bahwa Glenn peduli dengan teman-teman dari timur. Glenn adalah salah satu orang yang vokal menyuarakan kebebasan teman-teman di Papua, dalam isu penghentian pendekatan militeristik dan pembebasan tahanan politik Papua. Baginya kekerasan bukanlah solusi atas semua permasalahan ini. Tetapi cinta kasih dan kemanusiaanlah yang bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik, khususnya tanah Papua.

2. Lagu untuk pekerja medis.

Aksi jiwa sosial Glenn  Berbagai sumber

foto: Twitter/@GlennFredly

Saat Indonesia mulai diresahkan dengan wabah Covid-19, tim medis di seluruh penjuru bergerak untuk melakukan yang terbaik bagi para pasien Covid-19. Dokter, perawat, dan tim medis lainnya yang harus meninggalkan sementara keluarga untuk menyembuhkan Indonesia dari virus corona. Perjuangan tim medis ini membuat Glenn Fredly dan Marcello Tahitoe memberikan dukungan untuk dedikasi para tim medis lewat sebuah lagu "You Are So Beautiful".

3. Sewindu Haul Gus Dur.

Aksi jiwa sosial Glenn  Berbagai sumber

foto: Twitter/@haulgusdurjogja

Acara ziarah budaya yang memperingati Sewindu Haul Gus Dur saat itu juga dihadiri oleh Glenn Fredly. Dilansir dari Instagram @haulgusdurjogja, Glenn mengisi malam puncak acara tersebut sambil membawakan sebuah lagu. Dirinya saat itu juga mengenakan peci hitam sebagai lambang kearifan dan simbol pemersatu bangsa. Bagi Glenn Gus Dur adalah inspirasinya, dia juga mengatakan bahwa Gus Dur merupakan guru bangsa.

4. Ucapan terima kasih pada Nahdlatul Ulama.

Aksi jiwa sosial Glenn  Berbagai sumber

foto: Twitter/@GlennFredly

Ucapan terima kasih kepada NU dari Glenn karena postingan ucapan natal yang datang dari NU. "Saudaraku umat Muslim dari Nahdlatul Ulama, terimakasih.. Kita rawat dan jaga bersama Indonesia, Kemanusiaan adalah keyakinan kita bersama." tulis Glenn di akun Twitternya.

5. Pernah menjadi guru di SD Gemala Ananda Jakarta.

Aksi jiwa sosial Glenn  Berbagai sumber

foto: Instagram/@glennfredly309

Glenn tampil di depan ribuan penonton yang mengagumi karyanya mungkin adalah hal yang biasa. Tapi saat itu berbeda karena Glenn harus mengobrol tentang musik bersama anak Sekolah Dasar kelas 3. Dia bernyanyi dan berbagi cerita tentang pengalamannya di dunia musik. Dia sangat terhormat dan senang karena bisa menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama anak-anak ini.

6. Mengunjungi tahanan politik asal Maluku di Nusakambangan.

Aksi jiwa sosial Glenn  Berbagai sumber

foto: Instagram/@glennfredly309

Glenn bersama dengan Lembaga Bantuan Hukum Jakarta dan Amnesty Internasional datang mengunjungi Nusakambangan untuk menjenguk tahanan politik asal Maluku. Ia membagikan ceritanya tersebut dalam laman Instagram miliknya, sambil memperkenalkan orang-orang yang ada dalam frame. Glenn sebagai salah satu orang yang peduli akan HAM pada saat itu meminta kepada Presiden Jokowi untuk membebaskan keenam tahanan politik tersebut.

7. Peduli terhadap Kendeng.

Aksi jiwa sosial Glenn  Berbagai sumber

foto: Instagram/@glennfredly309

Saat kasus tentang petani Kendeng sedang menjadi sorotan publik, Glenn bertemu dengan Gun Retno. Ia adalah salah satu tokoh suku Samin di Kendeng, dan mendengarkan cerita kondisi terbaru tentang Kendeng.