Brilio.net - Ziarah kuburan kerap dilakukan masyarakat pada hari-hari tertentu seperti seminggu sekali pada hari Kamis atau Jumat. Kemudian teratur mengajak keluarga ziarah sebelum Ramadan dan Idul Fitri. Bahkan ada pula yang memang sengaja datang untuk sekadar menyapa, mendoakan, dan membersihkan kuburan.

Tujuan dari ziarah adalah mendoakan mereka yang sudah tenang di sisi Tuhan. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk bahwa keluarga masih mengingat dan merindukan mendiang. Tentunya ketika berziarah ada adab atau ketentuan tersendiri, layaknya ketika bertamu atau berkunjung ke rumah seseorang.

Namun ada beberapa selebriti yang mengundang perhatian publik ketika sedang ziarah. Mulai dari aksi mereka yang tidak biasa, hingga tingkah-tingkah yang dianggap tidak wajar atau kurang etis.

Seperti yang diperlihatkan Boy William baru-baru ini saat ziarah ke makam adiknya, Raymond Hartanto. Dia tampak berdiri di atas makam sang adik. Hal ini dinilai kurang sopan oleh kebanyakan orang.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, beberapa selebriti lain pun tak lepas dari kritikan karena aksi mereka ketika sedang ziarah. Berikut brilio.net rangkum ulasannya dari berbagai sumber, Senin (3/1).

1. Boy William.

Seleb tuai kritikan saat ziarah ke makam Instagram

foto: Instagram/@boywilliam17

Boy William ziarah ke makam sang adik, Raymond Hartanto yang meninggal pada 2019 karena kecelakaan yang terjadi di Sleman, Yogyakarta. Pada momen ini Boy bersama keluarga memberikan ucapan selamat Tahun Baru untuk mendiang Raymond. Namun unggahan Boy yang memperlihatkan kakinya menapak di atas kuburan Raymond menjadi masalah.

Boy William dianggap tidak sopan, karena mau bagaimanapun itu merupakan rumah atau tempat peristirahatan adiknya. Ramai di kolom komentar unggahannya, warganet menyebut Boy seharusnya tidak menginjak persis di atas makam sang adik.

2. Tyas Mirasih.

Seleb tuai kritikan saat ziarah ke makam Instagram

foto: Instagram/@tyasmirasih

Pada 2017, Tyas Mirasih kehilangan kakak sepupu yang sudah dianggap sebagai kakak kandungnya sendiri, Sisilia Supriyadi. Tyas pun datang ke pemakaman dan sempat mengunggah potret yang memperlihatkan dirinya dan keluarga hadir di pemakaman.

Tidak ada yang salah sebenarnya dengan postingan Tyas, namun beberapa warganet menilai Tyas Mirasih tampak tak sedih kehilangan anggota keluarganya itu. Hal ini sempat membuat Tyas kesal, dia bahkan menuding orang-orang yang menilai miring tentang dirinya bak Tuhan yang mengetahui segalanya.

3. Nia Ramadhani.

Seleb tuai kritikan saat ziarah ke makam Instagram

foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Nia Ramadhani juga sempat mendapatkan kritikan pedas dari warganet saat berziarah ke makam ayahnya, pada 2019. Kala itu Nia juga mengajak suami serta dua buah hatinya, Mikhayla dan Mainaka. Momen ziarah ke makam ini pun diunggah Nia ke Instagram pribadinya.

Nia tampak mengenakan celana jeans berwarna biru, yang dipadukan dengan kemeja kotak-kotak berwarna kuning dan hitam. Sementara sang suami, Ardi Bakrie mengenakan kaus putih dengan list berwarna emas di bagian tangan, serta celana pendek.

Banyak orang menilai bahwa pakaian yang dikenakan Nia dan Ardi tak pantas untuk dipakai ke pemakaman. Mereka dianggap kurang sopan saat berziarah ke makam.

4. Pevita Pearce.

Seleb tuai kritikan saat ziarah ke makam Instagram

foto: Instagram/@pevpearce

Pevita Pearce tak lepas dari bulan-bulanan masyarakat usai mengunggah fotonya saat berziarah ke makam sahabatnya bernama Murdiani Beryunelty Suryana pada 2017. Dia pun mengunggah momen ziarah tersendiri ke Instagram. Tampak dalam foto tersebut Pevita berpose tersenyum sembari berbaring di dekat nisan kuburan sang sahabat.

Tidak hanya soal posenya saja yang dikritik, namun pakaian Pevita Pearce pun menuai kritikan pedas karena dianggap seperti sedang piknik.

5. Syahnaz Sadiqah.

Seleb tuai kritikan saat ziarah ke makam Instagram

foto: Instagram/@felicyangelista_

Pada 2017, Syahnaz Sadiqah dan Felicya Angelista ziarah ke makam Julia Perez. Momen ini diunggah Felicya ke Instagram pribadinya. Tujuan mereka ke sana tentu saja untuk mendoakan Julia Perez agar tenang di sisi Tuhan. Namun ada beberapa orang justru melihat ekspresi Syahnaz tak layak bagi orang yang sedang nyekar. Adik Raffi Ahmad itu tersenyum saat di foto, padahal saat itu sedang mengunjungi makam.

Setelah ramai-ramai dikomentari, kolom komentar tak lagi diaktifkan Felicya, tampaknya dia juga cukup terganggu dengan komentar tersebut.

6. Nikita Willy.

Seleb tuai kritikan saat ziarah ke makam Instagram

foto: Instagram/@nikitawillyofficial94

Berbeda dengan yang lainnya, Nikita Willy mendapatkan kritikan lantaran berdiri ketika sedang ziarah ke makam ayahnya, yang meninggal pada 6 Mei 2020. Momen ziarah diunggah Nikita ke Instagram. Dia dan sang adik terlihat mengenakan kerudung dan membaca doa untuk sang ayah.

"Hi papi. Alfatihah," tulis Nikita Willy.

Namun cara Nikita berziarah dikritik. Nikita dianggap kurang sopan lantaran membaca Alquran sambil berdiri.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)