Brilio.net - Di Indonesia, pilihan menjadi seorang transgender merupakan hal yang tak lazim dan tabu. Hal itu lantaran dianggap bersinggungan dengan nilai dan norma yang dianut sebagian besar masyarakat Indonesia. Seperti diketahui, orang transgender merupakan orang yang memiliki identitas berbeda dengan jenis kelamin saat ia lahir.

Karena tidak lazim di masyarakat, tak sedikit orang transgender memilih menyembunyikan identitasnya di hadapan publik, tak terkecuali mereka yang berprofesi sebagai seleb. Mereka akhirnya memilih menyembunyikan identitas aslinya bahkan dalam waktu yang lama hingga bertahun-tahun.

Namun, ternyata ada juga sejumlah seleb transgender yang tak segan mengakui identitas aslinya. Dengan mempertimbangkan segala risiko dan konsekuensi, mereka akhirnya secara terang-terangan mengakui identitas sebagai transgender.

Siapa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (21/9), berikut enam seleb yang tak segan mengakui dirinya sebagai transgender.

1. Gebby Vesta.

Loading...

seleb akui transgender Instagram

foto: Instagram/@gebby.vesta_

Baru-baru ini, industri hiburan Tanah Air dihebohkan dengan pengakuan seorang DJ seksi bernama Gebby Vesta. Pada Kamis (19/9), lewat akun Instagram pribadi, ia mengakui dirinya adalah seorang transgender.

Dalam video yang diunggahnya, Gebby Vesta mengakui bahwa dirinya telah menjalani proses pergantian kelamin 6 tahun silam. Gebby yang bekerja sebagai DJ itu mengimbuhkan bahwa ia telah menyembunyikan identitas aslinya selama 19 tahun.

Gebby Vesta memang sempat pernah diterpa isu transgender. Tepatnya dua tahun silam, pada tahun 2017 ketika dirinya membantah dan bersikeras mempertahankan jati dirinya sebagai seorang wanita tulen.

2. Dena Rachman.

seleb akui transgender Instagram

foto: Instagram/@denarachman

Sosok Dena Rachman dulu populer sebagai penyanyi cilik tahun 90-an. Namun, saat itu ia dikenal dengan nama Renaldy Denada Rachman. Ia juga sempat didapuk menjadi pembawa acara Krucil di salah satu stasiun TV swasta.

Namun, Renaldy Denada Rachman memutuskan mengganti identitasnya dengan menjalani operasi kelamin. Meski sempat mengejutkan publik, perlahan Dena mulai diterima masyarakat usai blak-blakan mengaku pada publik kalau dirinya seorang transgender.

3. Dinda Syarif.

seleb akui transgender Instagram

foto: Instagram/@dindasyarif

Model Dinda Syarif juga tak segan untuk mengakui identitas aslinya yang dulu seorang laki-laki. Bahkan, setelah menjadi transgender, Dinda Syarif menorehkan prestasi sebagai juara kostum terbaik di ajang Miss International Queen 2019.

Ajang tersebut merupakan kontes kecantikan khusus transgender yang paling bergengsi di kancah internasional. Dinda Syarif tak pernah menutupi identitas aslinya. Bahkan, ia tak segan memperlihatkan foto masa kecilnya sebagai seorang laki-laki.

4. Melly Bradley.

seleb akui transgender Instagram

foto: Instagram/@mellybradley91

Model Melly Bradley juga diketahui sebagai transgender. Ia tak ragu menunjukkan identitas aslinya sebagai laki-laki di hadapan publik. Bahkan, ia secara terang-terangan pernah mengunggah foto tiket pesawat yang di dalamnya tertera nama asli Melly Bradley, yakni bernama Idris. Atas kejujuran tersebut, tak sedikit warganet yang memuji sikap Melly Bradlet tentang identitas aslinya.

5. Stasya Bwarlele.

seleb akui transgender Instagram

foto: Instagram/@stasyabwar26

Selama ini, Stasya Bwarlele populer sebagai seorang YouTuber. Lewat postingan videonya, Stasya memilih blak-blakan menceritakan identitas aslinya.

Dalam video yang diunggah pada Agustus 2019 lalu, ia menceritakan bahwa dirinya sudah berusaha bertahan dengan tubuh laki-lakinya. Namun pada akhirnya ia tak nyaman dengan gender tersebut. Stasya akhirnya memutuskan menjadi transgender dan melakukan beberapa operasi di tubuhnya.

6. Dorce Gamalama.

seleb akui transgender Instagram

foto: liputan6.com

Wanita yang akrab disapa Bunda Dorce ini jadi salah satu selebriti transgender di Indonesia. Saat berusia 7 tahun, Dorce merasa ada yang berbeda dengan dirinya. Kala itu, ia lebih suka bermain dengan anak perempuan ketimbang teman laki-laki.

Selain itu, diam-diam Dorce juga ingin pakai rok seperti teman-teman perempuannya. Akhirnya, Dorce semakin mantap menjalani operasi mengganti kelamin di Surabaya. Pada tahun 1986, Dorce Gamalama mulai diterima sebagai perempuan.

RECOMMENDED BY EDITOR