Brilio.net - Banyak orang mengira menjadi artis itu adalah hal menyenangkan. Dengan harta melimpah yang didapat dari dunia hiburan, segala kebutuhan pokok artis bisa tercukupi dengan mudah.

Tapi, tentu saja di balik segala kelebihan pasti ada kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah ketika kehidupan pribadi para artis diusik oleh publik. Memang tidak dapat dipungkiri, itu sudah jadi risiko. Segala kehidupan pribadi, termasuk masalah yang sedang menimpa artis pasti akan cepat disorot masyarakat.

Seperti ketika ada dari orangtua artis tersangkut kasus pidana dan harus mendekam di penjara. Meski yang bersalah adalah orangtua, namun tentu saja sang anak akan terkena imbasnya dan ikut disorot publik.

Sejauh ini, ada beberapa artis Tanah Air yang orangtuanya pernah tersangkut kasus pidana dan harus tinggal di balik jeruji besi. Siapa sajakah mereka? Berikut brilio.net rangkum informasinya dari berbagai sumber, Rabu (30/1).

1. Al El Dul

ortu artis dipenjara instagram
foto: kapanlagi.com

Terbaru adalah kasus Ahmad Dhani yang divonis hukuman penjara 1,5 tahun karena ujaran kebencian yang ia lakukan. Ayah dari Al El Dul ini pun siap menjalani hukuman bui di Rutan Cipinang, Jakarta Timur terhitung sejak 28 Januari 2019.


2. Atiqah Hasiholan

ortu artis dipenjara instagram
foto: kapanlagi.com

Ibu dari Atiqah Hasiholan yakni Ratna Sarumpaet terjerat pasal tentang penyebaran berita bohong. Ia membohongi publik tentang kasus penganiayaan dirinya. Akibatnya, ia harus mendekam di penjara selama 10 tahun.


3. Velove Vexia

ortu artis dipenjara instagram
foto: merdeka.com

Nasib hidup di balik jeruji besi juga dialami oleh ayah pesinetron Velove Vexia, yakni O.C Kaligis. Pengacara kondang itu tersangkut kasus suap Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Sumatera Utara. Akibatnya, ia divonis bui selama 10 tahun, namun mendapat keringanan sehingga hukumannya menjadi 7 tahun penjara.


4. Aaliyah Massaid

ortu artis dipenjara instagram
foto: istimewa & Instagram/@aaliyah.massaid

Angelina Sondakh yang merupakan ibu tiri dari Aaliyah Massaid juga terseret kasus korupsi wisma atlet Palembang. Angelina pun harus merasakan kehidupan Rutan Salemba, Jakarta Selatan selama 12 tahun.


5. Lidya Pratiwi

ortu artis dipenjara instagram
foto: kapanlagi.com

Terlibat dalam kasus pembunuhan Naek Gonggom Hutagalung tahun 2006, aktris Lidya Pratiwi beserta ibunya harus mendekam di penjara. Meski otak pembunuhan adalah sang ibu, Vince Yusuf, namun Lidya dipenjara karena ikut terlibat menjadi umpan dalam kasus itu. Lidya yang kini menjadi mualaf pun divonis 14 tahun penjara, sementara ibunya mendapat vonis bui seumur hidup.


6. Nadia Mulya

ortu artis dipenjara instagram
foto: liputan6.com

Terjerat kasus korupsi Bank Century tahun 2014, ayah presenter cantik Nadia Mulya pun harus mendekam di penjara. Semula Budi Mulya divonis 10 tahun penjara, namun diperberat menjadi 15 tahun. Selain itu ia juga didenda uang sebesar Rp 1 M.