Brilio.net - Mulan Jameela menambah daftar panjang selebritis yang kini berkecimpung di dunia politik. Selasa (2/10) lalu ia resmi dilantik menjadi anggota DPR periode 2019-2024.

Berbekal Surat Keputusan bernomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/ KPU/IX/2019 tertanggal 16 September 2019 tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019, dirinya berhasil melenggang ke Senayan usai mengalahkan dua pesaing lainnya dari fraksi Partai Gerindra.

Belum genap satu bulan duduk di kursi wakil rakyat, istri Ahmad Dhani ini banyak menuai kontroversi. Tindak-tanduknya banyak disorot oleh publik. Nah, lalu kira-kira apa saja ya tindak-tanduk Mulan yang berujung kontroversi ini? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut 6 di antaranya, Sabtu (19/10).

1. Unggahan foto kacamata di Instagram disorot KPK.

kontroversi mulan © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@mulanjameela1

Jumat (18/10) kemarin, melalui akun Instagram-nya, Mulan mengunggah foto kacamata dengan merek Gucci. Tak lama setelah itu, postingan tersebut pun mendapat sorotan dari Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang. Saut menyentil Mulan soal norma dan etika menjadi pejabat publik.

Atas kejadian tersebut, istri Ahmad Dhani itu pun langsung menghapus postingannya tentang kacamata bermerek di akun Instagramnya. Ia lalu memberikan penjelasan lewat Instagram Story bahwa penghapusan itu dilakukan karena permintaan pihak online shop.

2. Pura-pura telepon ketika diwawancara wartawan.

kontroversi mulan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1

Usai mengikuti rapat di Kompleks Parlemen Senayan pada Minggu (29/09) lalu, Mulan tampak begitu terburu-buru. Ketika diwawancara seorang awak media soal program kerjanya, Mulan malah terlihat sibuk menelepon seseorang.

Kocaknya, layar ponselnya justru terlihat gelap saat itu. Alhasil, mantan personil Ratu itu dianggap sengaja mengalihkan pembicaraan dan berpura-pura menelepon seseorang untuk menghindari pertanyaan.

Gerah dengan berita miring tersebut, Mulan lalu memberikan klarifikasi. Ia mengaku jika belum mengetahui akan ditempatkan di komisi berapa. Oleh karenanya, ia tak mau menjawab pertanyaan soal program kerja.

3. Sempat dianggap sebagai perebut kursi orang.

kontroversi mulan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1

Awalnya, Mulan dinyatakan kalah dalam pemilihan umum pada April silam. Namun, tak terima dengan hasil tersebut, istri Ahmad Dhani ini pun mengajukan gugatan ke DPP dan KPU. Tak disangka gugatannya pun dikabulkan. Ia menggeser dua calon yang sebelumnya mendapatkan suara lebih banyak, yakni Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi.

4. Riwayat pendidikan tidak diketahui.

kontroversi mulan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1

 

Mulan Jameela telah resmi menjadi anggota DPR. Namun hingga kini, keterangan pendidikan ibu tiri Al, El, dan Dul itu tidak tertera dalam situs resmi DPR. Data yang kosong itu lalu membuat sejumlah netizen berpendapat bahwa Mulan hanya tamatan SMA.

5. Dituntut Rp 10 M oleh rekan satu partainya.

kontroversi mulan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1

Mantan Caleg Partai Gerindra, Sigit Ibnugroho Sarasprono menuntut Mulan memberikan ganti rugi Rp 10 M. Sigit sendiri menuntut Mulan lantaran ia gagal melenggang ke Senayan. Namun, karena para tergugat tak hadir ke persidangan, maka sidang gugatan diundur dan baru akan digelar Kamis (24/10) mendatang.

6. Baju saat pelantikan tuai kritik.

kontroversi mulan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1

Ketika pelantikan, Mulan terlihat mengenakan gaun model tunik. Bagian atasnya memiliki lengan dengan model mengembang. Melihat pakaian Mulan itu, seorang pengamat fashion pun menilai jika pakaian yang dikenakannya kurang pas untuk dikenakan dalam acara kenegaraan.

RECOMMENDED BY EDITOR