Brilio.net - Menjaga eksistensi diri di panggung hiburan tentu juga sangat penting bagi para seleb Korea. Sebab menjadi seorang seleb merupakan karier yang sudah mereka rintis dengan jerih payah mereka sendiri, terutama bagi para idol. Bukan rahasia umum lagi bila ingin menjadi idol butuh training yang cukup agar bisa debut. Oleh karenanya setiap idol yang sudah berhasil debut, mereka ingin menampilkan yang terbaik bagi para fans.

Kehidupan idol memang nggak bisa terlepas dari sorotan publik. Idol dianggap sebagai seorang contoh atau panutan bagi para penggemarnya. Ketika mereka tersandung masalah atau tersebar berita miring tentang mereka, tentu akan memberikan dampak pada karier mereka. Dampak terburuk itu memungkinkan juga mengganggu debut grup mereka.

Seperti yang dialami oleh beberapa idol grup berikut ini. Karena skandal yang tersebar di publik tentang salah satu idol, comeback grup K-Pop ini ikut terdampak dari skandal tersebut. Wah, siapa saja mereka dan apa skandalnya ya?

Dirangkum brilio.net dari Koreaboo.com pada Selasa (30/6), berikut 6 grup K-Pop yang sempat gagal comeback karena tersandung skandal.

1. T-ARA - Day by Day.

Loading...

skandal grup kpop Berbagai sumber

foto: Koreaboo.com

Skandal yang cukup membuat heboh datang dari grup T-ARA saat mereka melakukan comebacknya. Saat grup tersebut akan melakukan comeback lewat Day by Day, para media menyambut dengan kurang baik bahkan cenderung negatif. Penyebabnya adalah salah satu skandal yang menimpa grup keluaran MBK Entertainment ini.

Diketahui, salah satu membernya yaitu Ryu Hwa-young mengklaim dirinya ditindas oleh member T-ARA lain. Skandal tersebut ditepis oleh anggota T-ARA lainnya dengan mengklaim mereka tidak bersalah. Pada akhirnya comeback T-ARA Day by Day tetap berlangsung meskipun ini menjadi comeback terakhir Ryu Hwa-young sebagai anggota T-ARA.

2. Super Junior - Black Suit.

skandal grup kpop Berbagai sumber

foto: Instagram/@superjunior

Tiga tahun lalu, grup K-Pop yang sudah lebih dulu populer yaitu Super Junior comeback dengan lagu Black Suit. Satu bulan sebelum peluncuran single baru Black Suit Super Junior, salah satu member Choi Siwon terkena skandal akibat anjing bulldog peliharaannya menggigit tetangga hingga menyebabkan kematian.

Adanya masalah tersebut langsung diselesaikan dengan cepat oleh Siwon. Dia meminta maaf kepada seluruh anggota keluarga korban, juga menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Namun Siwon tetaplah publik figur. Tentu saja masalah itu memberikan dampak pada comeback-nya Super Junior. Mereka nyaris tidak bisa melakukan comeback karena Siwon harus menyelesaikan masalah yang terjadi pada anjingnya. Meskipun begitu, Super Junior tetap melanjutkan promosi comeback mereka, walau tanpa Siwon.

3. AB6IX - The Answer.

skandal grup kpop Berbagai sumber

foto: Koreaboo.com

Skandal yang belum lama menimpa grup AB6IX membuat comeback mereka dengan lagu The Answer harus ditunda hingga akhir bulan Juni. Skandal ini terjadi pada leader AB6IX, yaitu Youngmin yang mengemudi dalam keadaan mabuk pada akhir Mei 2020.

Akibat skandal tersebut Youngmin harus keluar dari grup, sehingga mau tidak mau para member lain melakukan perekaman ulang album. Youngmin telah melakukan permohonan maaf atas apa yang telah diperbuat kepada semua orang yang terkena dampak atas ulahnya itu.

4. MONSTA X - Follow.

skandal grup kpop Berbagai sumber

foto: Instagram/@official_monsta_x

MONSTA X sedang mempromosikan comeback mereka dengan lagu terbarunya yaitu Follow. Tapi di tengah promosi tersebut, berembus kabar bahwa member Wonho terlibat dalam tuduhan soal ganja. Setelah skandal tersebut beredar, Wonho segera meninggalkan grup sedangkan anggota member lainnya tetap melanjutkan penampilan mereka.

Wonho pun menyampaikan permohonan maafnya kepada fans dan semua orang yang telah mendukungnya. Dia juga menyampaikan untuk para fans tetap mendukung MONSTA X, karena mereka adalah grup yang hebat. Kini Wonho akhirnya terbebas dari skandal tuduhan ganja yang menimpanya.

5. PENTAGON - Naughty Boy.

skandal grup kpop Berbagai sumber

foto: Instagram/@cube_ptg

Comebacknya PENTAGON dengan single terbaru Naughty Boy terus dibayangi oleh pemberitaan salah satu membernya yaitu, DAWN's yang berpacaran dengan HyunA. Hubungan HyunA dan DAWN terkuak pada bulan Agustus tahun 2018 di mana setelahnya pada tanggal 10 September PENTAGON merilis lagu Naughty Boy dalam album Thumbs Up!

Pemberitaan hubungan DAWN's dan HyunA sukses membuat para media justru berfokus dengan skandal tersebut, dibandingkan dengan comebacknya PENTAGON dengan lagu baru Naughty Boy.

6. Lee Hi - No One.

skandal grup kpop Berbagai sumber

foto: Koreaboo.com

Saat B.I iKON terlibat skandal tentang pembelian LSD dan ganja pada tahun 2016, penyanyi solo Lee Hi tampaknya harus bersabar karena seharusnya mereka tampil bersama dalam rangka comeback Lee Hi dengan lagu No One.

B.I mengakui walau dia tidak pernah menggunakan narkoba, tetapi dia pernah merenungkan untuk membeli di masa lalu, sehingga memutuskan untuk menarik diri dari iKON.

Meskipun skandal B.I terus berlangsung, Lee Hi tetap melakukan comebacknya dengan lagu No One, dengan versi lagu yang lebih pendek karena memotong bagian rap yang seharusnya diisi oleh B.I.

RECOMMENDED BY EDITOR