Brilio.net - Mantan suami artis peran Fanny Bauty, Mark Sungkar tersandung kasus korupsi. Dikutip dari Liputan6, Jaksa Penuntut Umum menyebut bahwa ayah mertua Irwansyah itu melakukan tindakan melawan hukum dengan membuat laporan fiktif belanja akomodasi kegiatan di The Cipaku Garden Hotel, Bandung, Jawa Barat. Hal tersebut dilakukannya saat ia menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PPFTI).

Dikutip dari KapanLagi, atas kasus tersebut Mark Sungkar lantas didakwa melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b Undang-undang (UU) Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, subsider Pasal 3 Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, subsider Pasal 9 Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara itu, menanggapi hukuman tersebut, Mark Sungkar sendiri mengaku bahwa ia merasa tak puas dengan saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Kendati demikian, dirinya hanya bisa mendengarkan tanpa bisa memberi bantahan secara langsung atas kesaksian yang diberikan.

"Terima kasih saya hanya menjawab Allah maha tahu, tidak pernah tidur," ucap Mark Sungkar usai persidangan, Selasa (9/3).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut sederet fakta tentang terseretnya Mark Sungkar dalam kasus korupsi, Rabu (10/3).

1. Negara mengalami kerugian Rp 694,9 juta.

kasus korupsi Mark Sungkar © berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Dikutip dari KapanLagi, pada 2017, Mark Sungkar membuat dan mengajukan proposal kegiatan bertajuk 'Era Baru Triathlon Indonesia', ke Menpora dengan anggaran Rp 5,072 miliar. Setelah acara selesai, terdapat sisa uang Rp 399,7 juta dari kegiatan tersebut dan diduga digunakan Mark Sungkar untuk memperkaya diri sendiri.

Selain itu, Mark Sungkar juga disangkakan telah memperkaya orang lain, antara lain Andi Ameera Sayaka sebesar Rp 20,65 juta, kemudian Wahyu Hidayat Rp 41,3 juta, Eva Desiana sebesar Rp 41,3 juta, Jauhari Johan Rp 41,3 juta, dan pihak korporasi The Cipaku Garden Hotel atas nama Luciana Wibowo Rp 150,65 juta.

2. Sudah mendekam di sel tahanan selama 20 hari.

kasus korupsi Mark Sungkar © berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Ayah dari Zaskia Sungkar itu rupanya sudah ditahan selama 20 hari, tepatnya sejak berkas perkaranya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

"Sudah 20 hari lalu lah pak Mark jadi tahanan penuntutan," ucap Fahri Bachmid, kuasa hukum Mark kepada KapanLagi saat ditemui di Pengadilan Tipikor Jakarta.

3. Kesehatan menurun.

kasus korupsi Mark Sungkar © berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Sang kuasa hukum mengatakan bahwa selama mendekam di penjara kondisi kesehatan Mark cukup memprihatinkan. Pria berusia 72 tahun itu sempat sakit pinggang dan diare.

"Beliau (Mark Sungkar) mengeluh sakit. Ketika ditahan itu mengalami diare. Beliau juga menyampaikan sakit pinggangnya kambuh," kata sang kuasa hukum.

4. Akan ajukan penangguhan penahanan.

kasus korupsi Mark Sungkar © berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Lantaran kondisi yang tidak fit itu, tim kuasa hukum ayah Shireen Sungkar itu akan mencoba mengajukan penangguhan penahanan untuk kliennya pada majelis hakim.

"Nanti akan kita mintakan ke Majelis Hakim dengan pertimbangan kemanusiaan untuk penangguhan penahanan atau dijadikan tahanan rumah," ujar Fahri Bachmid.

5. Zaskia dan Shireen Sungkar belum datang menjenguk.

kasus korupsi Mark Sungkar © berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Dalam keterangannya, kuasa hukum Mark mengatakan bahwa sejauh ini Zaskia dan Shireen Sungkar belum melakukan kunjungan. Meski begitu, ia paham, terlebih pada kondisi Zaskia yang saat ini tengah hamil.

"Anak-anak (komunikasi) lewat saya biasanya. Karena mungkin Zaskia lagi hamil besar dan (ada) pertimbangan khusus, jadi lewat kuasa hukum saya rasa nggak masalah," katanya.

Sementara itu, sang istri, yakni Santi Asoka dikatakan hampir tak pernah absen menjenguk suaminya.

"Istrinya besuk setiap saat. Besuk di tahanan Polda Metro Jaya memenuhi kebutuhan di dalam penjara," ucap Fahri Bachmid.

6. Zaskia berikan dukungan lewat media sosial.

kasus korupsi Mark Sungkar © berbagai sumber

foto: Instagram/@zaskiasungkar15

Meski belum bisa menemui sang ayah, Zaskia dan Shireen Sungkar terus memantau kasus yang tengah dihadapi ayah mereka. Zaskia secara terang-terangan bahkan memberi dukungan kepada sang ayah melalui media sosial.

"Buat siapapun yang lagi dapat ujian besar apalagi dizalimi manusia, masyaallah nikmati setiap prosesnya. Nikmati setiap detik saat sujud kepada Sang Pemilik Segalanya. Karena setelah itu akan ada nikmat yang tak ternilai dariNya. Bahkan yang enggak kita sangka-sangka terus mengalir.... I love you, Pa. Lagi-lagi biar waktu yang menjawab. Ujian = tanda cinta Allah," tulis Zaskia Sungkar.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR