Brilio.net - Virus corona bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali selebriti Tanah Air. Penderitanya bisa saja mengalami tanda-tanda gangguan kesehatan, seperti sesak nafas, batuk dan lain sebagainya, atau bahkan tanpa gejala.

Seperti yang dialami oleh Maia Estianty, yang dinyatakan terinfeksi virus corona tanpa gejala. Ibunda Al, El, dan Dul ini lewat kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Maia menceritakan dirinya tengah menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

Maia adalah pasien tanpa gejala, karena sebelumnya tidak mengalami demam, sesak nafas dan lain sebagainya. Kala itu, ia baru saja melakukan makan malam bersama teman-temannya.

"Aku hari Kamis itu aku SWAB, hari Kamis tanggal 17 Desember dan aku hasilnya negatif. Kemudian aku pergi makan malem bersama temen-temenku nah kita melakukan SWAB tuh tapi SWAB antigen, dan hasil SWAB antigennya negatif juga," jelas Maia.

Merasa hasil tesnya dengan teman-temannya negatif, Maia mengaku tidak jaga jarak dengan teman-temannya karena sudah merasa aman. Namun, justru karena itulah, kemungkinan besar Maia mulai tertular virus corona.

Loading...

Berikut 6 fakta Maia Estianty positif virus corona, brilio.net rangkum dari YouTube MAIA ALELDUL TV pada Kamis (31/12).

1. Positif corona, 3 hari setelah makan malam.

Cerita Maia Estianty positif covid © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@MAIA ALELDUL TV

Sebelumnya, Maia Estianty rutin melakukan tes SWAB untuk mengetahui apakah ada virus tersebut dalam tubuhnya. Dari beberapa tes SWAB, hasilnya menunjukkan bahwa dirinya negatif terinfeksi virus corona.

Karena sudah merasa aman, Maia pun pergi makan malam bersama teman-temannya yang juga sudah di tes SWAB, namun mereka tidak jaga jarak.

Hanya berselang tiga hari setelah makan malam bersama teman-temannya, Maia kembali melakukan tes SWAB pada Minggu, 20 Desember 2020. Dan hasil tes yang dilakukan, Maia dinyatakan positif terifeksi virus corona.

"Kita juga melakukan swab tuh tapi swab antigen, dan hasil swab antigen negatif juga. Nah, pulang makan-makan, karena kita merasa sudah swab antigen enggak jaga jarak kan. Tiga hari kemudian aku swab lagi untuk kepentingan syuting Indonesian Idol aku swab lagi hari Minggu, ternyata aku divonis Covid, aku kaget," ungkapnya.

2. Harus cuti dari Indonesian Idol.

Cerita Maia Estianty positif covid © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@MAIA ALELDUL TV

Melihat hasil SWAB pada 20 Desember, Maia mengaku kaget karena tiga hari sebelumnya yakni pada hari Kamis, 17 Desember, hasil tes SWAB yang ia lakukan masih menunjukkan keterangan negatif. Maia Estianty yang merasa kaget dengan hasil tersebut lalu mulai menganalisis informasi tentang di mana dan dari mana ia terpapar.

"Setelah itu aku analisa mungkin pada hari Kamis itu pas swab antigen ada salah satu temanku yang mungkin sudah terpapar tapi di swab antigen tidak terdeteksi," tutur Maia.

Dengan kejadian itu, Maia Estianty harus cuti menjadi juri Indonesian Idol dan digantikan oleh juri lain.

"Pada akhirnya saat aku divonis positif Covid-19 aku harus cuti dari Indonesian Idol dan digantikan oleh juri-juri yang lain. Jadi kenapa aku waktu itu menghilang dari Indonesian Idol, ya karena aku kena Covid-19," jelas Maia.

3. Lakukan isolasi mandiri.

Cerita Maia Estianty positif covid © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@MAIA ALELDUL TV

Setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19, akhirnya ibunda Al, El, dan Dul itu memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri, yaitu di rumahnya tepatnya di kamar Al Ghazali, di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

"Aku memutuskan isolasi mandiri di rumah saja. Di kamarnya Al Ghazali yang kosong ini," tuturnya.

Rupanya, Maia memilih kamar Al lantaran fasilitas di dalamnya yang cukup lengkap. Sehingga dirinya dapat mengurangi rasa bosannya selama melakukan isolasi mandiri.

"Ada laptop, komputer, tv, ada balkon di luarnya. Jadi aku selama tiga hari di sini dulu sampai swab lagi, lihat perkembangannya semakin positif atau semakin negatif," paparnya.

4. Mendapat kiriman suster dan obat-obatan dari suami.

Cerita Maia Estianty positif covid © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@MAIA ALELDUL TV

Mengetahui Maia Estianty positif terpapar Covid-19, suami Maia yakni Irwan Mussry pun dengan sigap langsung memberikan perhatian kepada sang istri.

"Mas Irwan sih, dia kaget tapi malam itu juga dia mengirim susternya ke rumahku di Pejaten. Nggak mungkin aku satu apartemen dengan dia karena umurnya sudah senior," jelas Maia.

Meski tak tinggal dalam satu rumah untuk sementara waktu, Irwan mampu menunjukkan perhatiannya dengan mengirimkan suster pribadinya serta obat-obatan yang mendukung proses penyembuhan Maia.

"Jadi beliau mengirim suster dan obat-obatannya ke aku, dan aku langsung suntik vitamin-vitamin deh. Ia juga programkan aku setiap hari suntik sampai empat hari, sampai sembuh," lanjutnya.

5. Negatif corona setelah hari kedua isolasi.

Cerita Maia Estianty positif covid © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@MAIA ALELDUL TV

Pada hari kedua isolasi mandiri, yakni 21 Desember 2020 Maia Estianty kembali melakukan SWAB PCR. Dari tes tersebut, menunjukkan hasil bahwa Maia sudah negatif virus corona.

"aku sampai wow cepat sekali, apakah ini imunku memang imun superman sehingga bisa bikin virusnya cuma mampir doang, masuk tapi gak sampai menginfeksi diriku sehingga dia langsung mati virusnya?," kata Maia.

Dirinya merasa tidak khawatir karena sebelumnya tidak menunjukkan gejala terinfeksi virus corona.

"Aku nggak khawatir sih karena aku merasa nggak ada gejala, aku nggak panas, nggak demam, nggak pilek, nggak batuk, nggak ada gejala apapun, tiba-tiba di SWAB karena kebutuhan untuk syuting Indonesian Idol, aku postif," paparnya.

6. Tetap isolasi untuk pemulihan.

Cerita Maia Estianty positif covid © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@MAIA ALELDUL TV

Pada hari ketiga melakukan isolasi mandiri, Maia merasa sedih karena hari itu bertepatan dengan Hari Ibu. Maia belum berani ke luar rumah karena harus benar-benar memastikan dirinya sudah terbebas dari virus corona.

Pada Hari Ibu, Maia pun hanya mendapatkan ucapan selamat dari Dul melalui luar jendela kamarnya. "Hari ketiga tuh pas Hari Ibu, anak-anak nggak bisa ketemu aku. Aku cuma say hi dari atas sama Dul. Dul ngucapin Hari Ibu dari bawah," kata Maia.

Ketika Maia menyapa Dul dari balkon, Dul pun bertanya kenapa ibundanya tidak turun padahal hasil SWAB sudah menunjukkan negatif. Rupanya, Maia akan kembali di-SWAB untuk memastikan bahwa virus corona sudah tidak bersarang di tubuhnya.

"Hari ini aku mau SWAB lagi, untuk konfirmasi ulang supaya negatif Dul. Dua kali negatif, baru bunda bisa keluar," jawab Maia pada Dul.

Untuk mengusir rasa bosan, Maia melakukan olahraga, memakai masker wajah untuk merawat kulitnya, berjemur hingga joget TikTok. Setiap hari Maia harus suntik vitamin dan tes SWAB untuk akhirnya bisa ke luar kamar dan menjalani aktivitas seperti biasa.

RECOMMENDED BY EDITOR