Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal dengan Kaesang Pangarep? Selain dikenal sebagai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), adik kandung Kahiyang Ayu ini juga dikenal sebagai seorang pebisnis muda. Di usia yang baru 25 tahun, Kaesang Pangarep sudah menjalankan berbagai usaha.

Jiwa bisnis Kaesang Pangarep memang diwariskan dari sang ayah. Seperti diketahui, sebelum terjun di dunia politik, Presiden Jokowi menekuni dunia bisnis dengan mendirikan pabrik mebel. Sebagai seorang pengusaha muda, Kaesang Pangarep punya cara unik buat mempromosikan berbagai usahanya nih.

Media sosial menjadi salah satu media utama yang kerap digunakan Kaesang untuk mempromosikan usahanya. Meskipun kerap jadi sasaran bully warganet, namun Presiden Jokowi mengungkapkan jika sang putra justru mengaku senang lantaran bisa menaikkan brandingnya.

"Kaesang itu malah senang, hobinya itu di-bully. Dibully buat dia itu dianggapnya bisa menaikkan brandingnya," kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/6).

Sejak terjun di dunia bisnis beberapa tahun belakangan ini, kerajaan bisnis yang dibangun Kaesang terbilang sukses. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini kini diketahui menjalankan lebih dari empat bisnisnya. Belum puas dengan bisnis lainnya, Kaesang kini siap meluncurkan bisnis baru dengan berkolaborasi bareng Chef Arnold.

Loading...

Penasaran bisnis apa saja yang dimiliki Kaesang Pangarep? Yuk langsung simak enam bisnis Kaesang Pangarep seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (14/6).

1. Sang Pisang.

bisnis Kaesang pangarep  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sangpisang2017

Mengikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep mengawali bisnisnya dengan membuka usaha pisang nugget bernama Sang Pisang pada Desember 2017 lalu. Siapa sangka, bisnisnya tersebut mendapat respons positif dari publik. Hingga kini, Sang Pisang telah memiliki puluhan cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

2. Sang Java.

bisnis Kaesang pangarep  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sangjavas

Nggak hanya meluncurkan Sang Pisang, di tahun yang sama Kaesang Pangarep juga mengeluarkan bisnis clothing line yang bernama Sang Javas. Dengan memilih tema kecebong sebagai desain kausnya, produk clothing line Kaesang yang dibanderol Rp 150.000 ini banyak diminati lho. Sebagai media promosi, Kaesang kerap mengenakan kaus dagangannya di berbagai kesempatan.

3. Aplikasi Madhang.

bisnis Kaesang pangarep  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@madhang.id

Tak cukup dengan bisnis kuliner dan clothing line, Kaesang Pangarep kembali melebarkan bisnisnya dengan meluncurkan aplikasi Madhang. Aplikasi yang diluncurkan pada Desember 2017 ini merupakan aplikasi jual beli masakan khas rumahan. Siapa saja bisa bergabung menjadi mitra untuk menjajakan makananya, termasuk ibu rumah tangga.

4. Bisnis ikan lele.

bisnis Kaesang pangarep  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kaesangp

Sukses dengan bisnis Sang Pisang, Sang Javas, dan aplikasi Madhang, Kaesang Pangarep melebarkan sayap bisnisnya dengan usaha ikan lele. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Februari 2019 lalu.

"Anak saya (Kaesang Pangarep) mulai belok lagi, 'Pak sekarang saya bisnis lele'. Ini apalagi? Hitung-hitungnya seperti apa? Waduh ini gede lagi, lele itu demand-nya banyak sekali, tapi suplai-nya sedikit," ungkap Jokowi seperti dikutip dari liputan6.com.

5. Ternak Kopi.

bisnis Kaesang pangarep  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kaesangp

Nggak berhenti di ternak lele, Kaesang kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka usaha minuman kopi bernama Ternak Kopi. Bekerja sama dengan para petani kopi asli Indonesia, bisnis Ternak Kopi milik Kaesang ini menjual kopi dalam kemasan botol yang dijual seharga Rp 20 ribu.

6. Mangkok ku.

bisnis Kaesang pangarep  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mangkokku.id

Belum cukup dengan beberapa bisnisnya, Kaesang kembali memperkenalkan bisnis barunya. Tak sendirian, bisnis kuliner bernama Mangkok Ku yang sebentar lagi akan diluncurkan tersebut ia bangun bersama sang kakak dan berkolaborasi dengan juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold Poernomo.

RECOMMENDED BY EDITOR