Brilio.net - Jalan-jalan rasanya nggak afdol tanpa berfoto apalagi saat lagi nongkrong atau kulineran tengah malam. Sayangnya, mendapatkan foto bagus pada malam hari sangat susah. Seringkali foto jadi blur atau tidak fokus. Belum lagi efek grainy yang bikin ketajaman foto berkurang drastis, bikin hasil foto kurang memuaskan. 

Di tangan yang tepat, berfoto pada malam hari ternyata bisa menghasilkan karya yang artsy. Selebriti Tanah Air, Chelsea Islan sering mengunggah potret malam hari yang menawan. Ia menggunakan aneka teknik unik dalam berfoto agar bisa mendapatkan foto yang diinginkan. 

Chelsea Islan membuktikan bahwa dengan teknik yang tepat, foto pada malam hari bisa instagramable dengan mudah. Tak perlu juga kamera canggih bak fotografer profesional. Deretan foto cantik di bawah ini ternyata bisa ditiru menggunakan kamera smartphone. 

Nah, penasaran ingin mencoba mengikutinya? Berikut ulasannya seperti brilio.net himpun dari Instagram @chelseaislan, Rabu (22/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Manfaatkan flash untuk kesan retro.

Teknik foto malam Chelsea Islan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@chelseaislan

Untuk memberikan kesan retro, wanita berusia 26 tahun ini memilih memanfaatkan flash di smartphonenya. Hasilnya potretnya jadi bak foto klasik era 90-an. Seperti diketahui, dengan menggunakan flash ini tak hanya bisa mempercerah subjek, namun kamu juga tak perlu repot melakukan penyesuaian warna kulit.

2. Menggunakan filter unik.

Teknik foto malam Chelsea Islan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@chelseaislan

Yups, Chelsea kerap mengunggah berbagai konten foto menarik, termasuk selfie malam hari. Tapi kali ini ia memilih untuk menggunakan filter unik loh, sehingga potret Chelsea tampak memukau, yakni terlihat efek kebocoran cahaya yang membuat hasil fotonya terkesan lebih artistik. Wah, bisa ditiru, nih!

3. Fokus ke sunset.

Teknik foto malam Chelsea Islan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@chelseaislan

Mengambil gambar saat matahari terbenam alias sunset juga dilakukan Chelsea, nih. Karyanya pun tampak begitu memukau yakni dengan teknik fokus ke sunset, sehingga tampilan gambar terlihat dramatis dan menghasilkan perpaduan warna menawan.

Untuk pengguna smartphone, pertama arahkan fokus ke cahaya matahari yang paling terang. Kemudian, atur exposure sedemikian rupa sehingga area lainnya menjadi gelap dan artsy seperti di atas.

4. Menonjolkan background billboard bercahaya.

Teknik foto malam Chelsea Islan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@chelseaislan

Backlight atau cahaya latar yang terang biasanya sering dihindari. Tapi jika dimanfaatkan dengan benar, efek cahaya tersebut bisa menambah keindahan foto. Chelsea membuktikannya dengan foto di atas. Ia mengabadikan momen di Time Square, New York. Potret tersebut tampak menawan menonjolkan background billboard bercahaya.

5. Fitur bokeh.

Teknik foto malam Chelsea Islan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@chelseaislan

Bokeh atau latar belakang yang kabur atau blur kerap digunakan untuk memfokuskan perhatian ke objek utama foto. Chelsea menggunakan teknik ini untuk meng-highlight pose dirinya yang berada di latar belakang lampu-lampu cantik. Chelsea rupanya mengandalkan smartphone Oppo A95.

Smartphone Oppo A95 hadir dengan kemampuan  mumpuni. HP ini dilengkapi tiga kamera belakang yang memberikan kemudahan memotret objek sesuai dengan kebutuhan fotografi. Tiga kamera ini terdiri dari kamera utama 48MP, kamera macro 2MP, dan kamera bokeh 2MP. Kemudahan memotret juga dapat diperoleh melalui kamera selfie 16MP.

Selain itu, Oppo A95 juga menyediakan algoritma pemrosesan gambar yang membuat perangkat ini dapat menangkap gambar berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat, terutama dalam hal foto bergaya potret. Menariknya, Oppo juga telah dibekali fitur Ultra-Clear 108 MP Image yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi besar. Fitur tersebut bisa kamu aktifkan dengan memilih mode Extra HD pada aplikasi kamera bawaan Oppo A95.

Teknik foto malam Chelsea Islan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@oppoindonesia

Untuk mode malam, kamu bisa memanfaatkan fitur Night Mode yang dapat menghasilkan foto lebih terlihat terang dan minim noise. Tentunya fitur ini akan membuat kamera memotret beberapa kali dan menggabungkan gambar untuk menghasilkan foto terbaik.

Hadir dalam dua warna Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black, kini Oppo A95 sudah bisa kamu dapatkan. Perangkat terbaru dari Oppo ini bisa dipesan lewat aplikasi Oppo Store dan Oppo Official Store di Shopee serta Lazada.

Klik di sini untuk dapat informasi lebih lengkap tentang Oppo A95

(brl/lak)