Brilio.net - Mengawali kariernya bersama Jogja Hip Hop Foundation sebagai sinden membawa Soimah bisa tampil ke berbagai acara di televisi. Bersama Jogja Hip Hop Foundation, Soimah pernah mejalani tur dunia untuk pertama kalinya pada 2011 lalu. Pemilik nama lengkap Soimah Pancawati ini pertama kali tampil di televisi sebagai penyanyi latar di acara Seger pada 2011.

Suara merdu dan pembawaanya yang kocak membawa Soimah mulai dibanjiri tawaran pekerjaan untuk tampil di berbagai program acara. Sejak saat itu, kariernya semakin moncer hingga memiliki program acara sendiri. Selama hampir sembilan tahun, wajah Soimah tak pernah absen menghiasi layar kaca.

Pernah mengalami jatuh bangun dalam membangun karier, Soimah kini menjadi salah satu seleb Indonesia yang sukses. Sebagai selebriti, pundi-pundi Rupiah yang masuk ke kantong Soimah nggak cuma datang dari satu program acara. Seleb berusia 38 tahun ini juga memiliki beberapa sumber penghasilan yang membuat penghasilannya bertambah.

Sumber penghasilan Soimah pun nggak hanya datang dari dunia hiburan, ibu dua anak ini juga memiliki bisnis yang ia jalankan bersama sang suami. Penasaran dong apa aja sih sumber penghasilan Soimah? Yuk langsung simak lima sumber penghasilan Soimah seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (21/3).

1. Program TV.

sumber penghasilan soimah  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@showimah

Selama hampir sembilan tahun berkecimpung di dunia televisi, Soimah sudah membintangi belasan program TV. Program-program yang pernah dibintangi Soimah pun terbilang sukses dan kerap mencetak rating tinggi. Seleb kelahiran 1980 ini tengah menjadi salah satu pengisi acara di Liga Dangdut Indonesia. Untuk sekali tampil, Soimah menerima bayaran hingga puluhan juta lho.

2. Penyanyi.

sumber penghasilan soimah  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@showimah

Pendapatan Soimah di dunia hiburan nggak cuma didapat dari honornya sebagai pengisi acara dan juri, tapi honor menyanyi. Meskipun sudah hampir tiga tahun Soimah tidak merilis lagu dan album, Soimah masih menerima job off air untuk tampil di berbagai acara.

3. Iklan.

sumber penghasilan soimah  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@showimah

Nggak cuma banjir tawaran untuk tampil di program acara, karier Soimah yang semakin moncer juga membuat seleb kelahiran kota Pati, Jawa Tengah ini banjir tawaran iklan. Berbagai brand, mulai dari makanan, seprei hingga provider telekomunikasi pernah menggandeng Soimah sebagai brand ambassador. Dari iklan, Soimah bisa meraup jutaan rupiah.

4. Bisnis kaus.

sumber penghasilan soimah  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@shopimah

Sukses di dunia hiburan, Soimah pun melebarkan sayapnya dengan terjun di dunia bisnis. Istri Herwan Pandoko ini menggeluti bisnis fashion dengan mengeluarkan clothing line bernama Shopimah. Bisnis clothing line Soimah ini menawarkan berbagai produk dari mulai kaus, sweater hingga topi.

Beda dari yang lain, clothing line milik Soimah memiliki desain yang memajang fotonya saat mengenakan sanggul untuk dijadikan gambar kaus, sweater dan topinya. Produk-produk clothing line Soimah pun dibanderol dari harga Rp 80.000.

5. Bisnis angkutan umum.

sumber penghasilan soimah  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@showimah

Jauh sebelum dirinya menjadi seterkenal sekarang, keluarga Soimah sudah memiliki bisnis di bidang transportasi umum. Bisnis tersebut sudah dijalankan sang suami, Herwan Pandoko atau yang akrab disapa Koko bahkan sebelum menikah dengan Soimah.

Bisnis angkutan umum yang dijalankan Koko beroperasi di Yogyakarta. Tak hanya bisnis angkutan umum, Soimah dan Koko juga memiliki usaha penggilingan padi lho.