Brilio.net - Selama pandemi ini, semua aktivitas dilakukan secara online. Dari bangun pagi hingga tidur malam hari, sekarang ini kita non stop terhubung dengan internet.

Untuk kamu yang mungkin belum terbiasa setiap harinya, akan merasa jenuh dengan rutinitas. Namun kamu bisa mengeksplor lebih dunia digital dengan memanfaatkan internet.

Bukan sekadar untuk belajar online, teleconference, maupun chatting, dunia digital yang saat ini semakin cepat berkembang bisa kamu manfaatkan menggali skill. 

Nah, berikut ada lima skill yang bisa kamu gali agar bisa memaksimalkan potensi diri selama pandemi ini. Siapa bilang di rumah aja tak bisa membuat kamu berkembang? Kamu hanya perlu tahu caranya!


1. Ikut webinar atau kelas online.

5 Skill baru yang bisa kamu gali untuk maksimalkan potensi diri berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Webinar atau kelas online bisa kamu ambil kapan saja dan di mana saja dengan modal internet dan smartphone. Sekarang ini, banyak sekali kegiatan webinar yang ditawarkan oleh berbagai instansi maupun komunitas. Tapi mungkin kamu berpikir, ikut webinar atau kelas apa yang bermanfaat saat ini ya?

Financial planning dan self branding adalah dua hal yang tengah hype di kalangan anak muda saat ini. Kondisi pandemi membuat kita semakin cermat mengatur keuangan, hingga mempelajari berbagai instrumen investasi. Yes, financial planning adalah hal penting, yang bisa membantu kita untuk siap menghadapi situasi keuangan ke depannya.

Selain itu, self branding juga hal yang penting saat ini. Di tengah persaingan mencari lapangan kerja, dengan self branding bisa membuatmu menonjol daripada pencari kerja yang lain.

Selain itu, self branding akan berguna dalam kehidupan bermedia sosial. Banyak orang yang mulai menjadi influencer atau creator di media sosial karena mereka bisa menempatkan diri dengan ciri khasnya di tengah maraknya konten.

Eits, untuk mengakses webinar maupun kelas online, jangan lupa pastikan kamu memiliki koneksi internet mumpuni, ya. Jangan sampai terputus di tengah-tengah dan ketinggalan materinya.

 

2. Mulai wirausaha kecil-kecilan.

5 Skill baru yang bisa kamu gali untuk maksimalkan potensi diri berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tahu nggak kalau ternyata saat pandemi ini banyak yang memulai usaha mandiri atau wirausaha dari rumah? Jika kamu melihat media sosial, pasti ada saja teman yang posting mempromosikan jualan mereka. Tidak perlu malu memulainya, justru kamu bisa mencoba potensi di situ. Siapa yang tahu ternyata selama ini kamu punya market yang potensial.

Kamu bisa coba berjualan sebagai reseller makanan, home-wear clothing, skincare, jualan pulsa, maupun multivitamin. Apalagi sekarang semua proses pemesanan, logistik, hingga produksi bisa kamu lakukan dengan internet dan smartphone.

Mulai dari hal kecil ternyata banyak juga orang yang bisa meraup untung banyak dari pekerjaan sampingan ini. Waktunya kamu tingkatkan kemampuan wirausahamu dengan usaha yang praktis dan bisa dilakukan di rumah aja bermodal media sosial.

Untuk kebutuhan internet, waktunya kamu percayakan pada provider Tri Indonesia. Dengan internet 4.5G Pro-nya yang luas dan kuat akan sangat mendukung aktivitas digitalmu setiap hari. Tri juga punya Perdana AlwaysOn dengan masa aktif selamanya. Nggak perlu khawatir kuotamu hangus!

Promosi di media sosial pun hanya cukup bermodalkan Rp 1.000 saja loh dengan Kuota Unlimited chatting 24 jam dari Tri. Isi ulangnya hemat, kan?

Selain itu, Tri juga punya program Bima Agent, pas banget buat bantu kamu memulai usaha dari rumah. Bareng Tri, kini kamu bisa menjadi Bima Agent dan mendapatkan pemasukan tanpa modal yang besar. Dengan menjadi Bima Agent, kamu bisa melakukan KiKiPu (kirim-kirim pulsa) maupun KiKiDa (kirim-kirim data) dari rumah dengan modal di bawah Rp 100.000. Ngebantu banget untuk kamu memulai usaha, kan?

 

3. Belajar skill baru lewat video tutorial YouTube.

5 Skill baru yang bisa kamu gali untuk maksimalkan potensi diri berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain webinar dan kelas online, kamu bisa gali skill lain dari ahlinya lewat tutorial video YouTube. Video tutorial yang banyak dicari selama ini adalah cooking, baking video, gardening, hingga DIY (do it yourself) video.

Memasak atau membuat kue bisa menjadi hobi baru yang bisa kamu eksplor, dan hasilnya bisa kamu jual lewat media sosial. Sudah banyak kisah sukses menambah skill dan pemasukan berbekal video tutorial memasak di YouTube, loh. Beberapa bahkan bisa menghasilkan jutaan rupiah per bulannya!

Butuh inspirasi untuk memulainya? Kamu bisa mencari inspirasi dari real story tokoh terkenal, film dokumenter, drama series maupun film-film lain. Butuh musik untuk membakar semangatmu? Nah, solusi hiburan digitalmu, Tri Indonesia punya paket internet Keep On lengkap untuk kebutuhan telepon, SMS hingga digital, seperti musik maupun video streaming, yang sudah menjadi kebiasaan anak muda sehari-hari. Kamu bisa mengakses situs streaming populer seperti VIU, KlikFilm, Netflix, Amazon Prime Video, dengan mudah menggunakan paket internet ini.

5 Skill baru yang bisa kamu gali untuk maksimalkan potensi diri berbagai sumber

 

Mau tahu lebih tentang keuntungan menggunakan Tri sebagai provider internetmu? Tri memiliki ekosistem Dunia Tri, terdiri dari tujuh rangkaian produk terpadu untuk memenuhi digital lifestyle anak muda didukung dengan jaringan baru Tri yang lebih luas. Penasaran apa aja yang bisa kamu lakukan di Dunia Tri? Klik di sini untuk keterangan lebih lanjut.

 

4. Asah skill foto dan editing.

5 Skill baru yang bisa kamu gali untuk maksimalkan potensi diri berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kemampuan foto dan editing sangat penting dalam dunia digital sekarang ini. Saat semua aktivitas dilihat secara online, kualitas foto dan editing yang menarik bisa sangat membantu kamu menarik perhatian orang, baik mengunjungi media sosialmu maupun membeli produkmu.

Bukan hanya untuk pribadi, sekarang ini banyak juga loh lapangan kerja di bidang editing. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menghasilkan konten berkualitas. Banyak sekali aplikasi gratis yang bisa kamu eksplor dan manfaatkan untuk belajar foto dan editing skill.

 

5. Saling berbagi hobi yang sama.

5 Skill baru yang bisa kamu gali untuk maksimalkan potensi diri berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tak hanya menyerap ilmu, kini saatnya kamu berbagi pengetahuan yang kamu punya. Beberapa contohnya adalah berbagi pengetahuan kamu di podcast atau media sosial dan bisa juga menulis blog personal. Kamu bisa membagikan kisahmu mengembangkan skill bermodal internet, dan kisahmu memulai usaha, maupun hobi baru yang kamu tekuni selama di rumah aja. Misalnya hobi home-gardening, hingga hobi bermain mobile games!

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas digital sesuai hobimu. Untuk kamu yang suka gaming, Tri Indonesia memiliki platform digital sebagai pusat gaming ecosystem di h3ro.tri.co.id. Kamu bisa berbagi tips dan sharing pengalamanmu dengan para mobile game player di Indonesia. Tri Indonesia dengan H3RO adalah one stop gaming khusus untuk mobile gamers.

Nah, lengkap sudah semua skill yang bisa kamu gali selama di rumah aja bermodal internet dan smartphone. Semakin yakin bahwa untuk menunjang semua kebutuhan digitalmu, ada Tri Indonesia dengan ekosistem Dunia Tri-nya yang selalu mendukung anak muda Indonesia mengoptimalkan potensi diri mereka. Waktunya kamu tinggalkan dunia lama, dan rasakan keseruan Dunia Tri dengan berbagai keuntungannya. Belum punya Perdana Tri-nya? Kamu bisa beli secara online lewat perdana.tri.co.id.

Rasakan keseruan dunia digital dengan dunia Tri, Dunia Tri, kekuatanku.

 

RECOMMENDED BY EDITOR