Brilio.net - Baru-baru ini selebriti Tanah Air dibuat resah dengan penjualan bayi di media sosial. Pasalnya, sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab mengunggah foto-foto bayi dengan menyebutkan nominal penjualan dengan harga yang fantastis. Seperti yang baru saja dialami oleh adik dari Raffi Ahmad yang geram saat foto anak kembarnya, Zayn dan Zunaira diambil dan diunggah akun jual beli bayi.

Akun @jualbelibayisekarang itu mengungkapkan jika bayi kembar Syahnaz Sadiqah saat ini sedang berada di panti asuhan Surabaya. Keterangan dalam foto juga menyebutkan jika orang tua bayi tidak memberi makan dan menjualnya dengan harga Rp 5 juta hingga 1 miliar.

Tak hanya Syahnaz, ternyata ada anak artis lainnya yang mengalami hal yang serupa. Tentu hal ini membuat banyak orangtua resah, mengingat berhubungan dengan keselamatan buah hatinya.

Kejadian ini, mungkin menjadi salah faktor beberapa artis jarang mengunggah foto buah hatinya di media sosial. Tidak seperti publik figur lainnya yang mengunggah foto anak dengan ekspresi menggemaskan, bagi mereka mengunggah foto anak di media sosial dapat mengundang bahaya. Foto anak-anak bukanlah konsumsi publik dan bukan sesuatu yang penting untuk diekspos.

Loading...
2 dari 2 halaman


Seperti yang dilansir brilio.net dari fimela.com, alasan artis tidak mengunggah foto buah hatinya di sosial media karena lebih suka menyimpan buah hati mereka di dalam hatinya ketimbang lewat foto atau video. Sebab, menyimpan kenangan buah hati di dalam hati akan lebih indah.

Nah siapa saja mereka? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber artis yang tidak mengunggah potret wajah anaknya di media sosial, Jumat (6/3).

1. Anggun C Sasmi.

foto: Instagram/@anggun_cipta

Artis yang menjadi bintang iklan shampo, selama ini mengunggah foto sang putri Kirana Cipta Montana ke akun media sosial dengan ditutupi stiker di bagian wajahnya. Meski demikian, wajah Kirana pun terlihat tidak begitu jelas. Pasalnya, Anggun tetap menutup bagian mata sang putri.

Melalui akun Instagram pribadinya, Anggun menyebutkan bahwa di berbagai negara ada peraturan untuk privasi dan di setiap foto yang memperlihatkan anak kecil harus ditutupi mukanya untuk menghormati hak privasi anak-anak. Mereka boleh memposting foto kecuali jika diperbolehkan orangtua.

2. Raisa Andriana.

foto: Instagram/@raisa6690

Bukan cuma Anggun, hal serupa juga dilakukan oleh pasangan selebriti Raisa dan Hamish Daud. Meskipun telah memiliki buah hati pada 12 Februari 2019 yang lalu, namun Raisa tidak pernah memperlihatkan foto buah hatinya melalui akun Instagram pribadinya.

Dilansir brilio.net dari fimela.com, alasan penyanyi tersebut tidak mengunggah foto buah hatinya karena menganggap hal tersebut bersifat privasi. Meskipun begitu, ia memiliki puluhan ribu foto putrinya yang akan menjadi koleksi pribadi.

"Menurut aku, dan ini orang-orang punya pendapat yang berbeda dan semua pendapatnya valid. Tapi bagi aku, anak itu punya privasi dan privasi adalah sebuah hak. Dan kalau misal dia belum bisa jawab ke aku, 'kamu mau nggak (diunggah fotonya)?' Aku belum berani untuk menghilangkan hak dia terhadap privasi," ungkap Raisa.

3. Dian Sastrowardoyo.

foto: Instagram/@therealdisastr

Meskipun pernah mengunggah momen kebersamaannya dengan kedua anak dan suaminya, pemeran film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) ini jarang memperlihatkan wajah dari sang buah hati. Beberapa kali, ia pun menyamarkan wajah anak-anaknya bahkan kadang ditutupi dengan stiker.

4. Teuku Zacky.

foto: Instagram/@teukuzacky

Artis Teuku Zacky juga sangat berhati-hati ketika mengunggah foto anaknya ke media sosial. Dilansir dari liputan6com, artis kelahiran 23 Januari tersebut menyadari jika banyak risiko yang akan muncul dari media sosial. Bahkan, ia pernah mengalami pengalaman buruk karena pernah ditipu seseorang yang mengkaitkan dengan anak. Sehingga, hal itu membuat Teuku Zacky trauma dan benar-benar selektif dengan foto yang akan diunggahnya.

"Saya bukan tipikal orang yang super ekspos. Saya memilih untuk tidak mengekspos anak saya. Saya juga ada pengalaman yang sempat buat saya trauma. Yang waktu itu ditipu berkaitan dengan anak itu kan. Dari situ saya sebenarnya udah berkomitmen tidak lagi memposting apapun terkait anak-anak. Mau foto dan segala macem. Sempet muka anak anak juga ditutupin pake stiker, karena lagi parno-parnonya,” kata Teuku Zacky dikutip dari Liputan6.

5. Keenan Pearce.

foto: Instagram/@keenanpearce

Tak seperti kebanyakan artis yang sering mengunggah foto anak di sosial media, kakak dari Pevita Pearce tersebut jarang mengunggah foto buah hatinya.

Keenan Pearce sepakat dengan sang istri, Gianni Fajri untuk tak mengunggah foto anak ke Instagram. Baby Benji yang belum genap 2 tahun tersebut hanya diposting dengan memperlihatkan setengah bagian wajahnya saja. Bahkan, Keenan Pearce pernah mengunggah foto Benji yang hanya tampak kaki dan tangannya.

RECOMMENDED BY EDITOR