Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Selebritis
Nisa Akmala (brl/lin)

08 Januari 2019 18:25

5 Seleb Korea ini jadi korban rasisme, terbaru Lisa Blackpink

Ternyata Lisa bukan satu-satunya seleb Korea yang pernah jadi korban rasisme..

5 Seleb Korea ini jadi korban rasisme, terbaru Lisa Blackpink

View Image



Brilio.net - Meskipun menyandang status sebagai seorang bintang, bukan berarti para selebriti tak lepas dari perlakuan kurang menyenangkan. Terlahir berbeda dari kaum mayoritas di tempat tinggalnya, para seleb Korea ini pernah menjadi korban rasisme.

Sudah bukan rahasia lagi kalau panggung K-Pop kini tak hanya berisi oleh talenta-talenta asli dari Negeri Ginseng. Sejak beberapa tahun belakangan ini, idol-idol asing dari berbagai negara di Asia juga turut mengisi persaingan di dunia K-Pop.

Kehadiran mereka di industri K-Pop pun mengundang pro dan kontra. Ada yang mendukung mereka, namun tak sedikit publik Korea yang masih memandang sebelah mata lantaran para idol K-Pop ini berasal dari negara lain. Baru-baru ini hal tersebut dialami oleh Lisa Blackpink.

Lisa Blackpink menjadi korban bully segelintir warga Korea lantaran dirinya orang Thailand yang bergabung dalam girlband Korea. Lisa Blackpink mendapat berbagai komentar rasis dari sebagian netizen Korea di berbagai akun media sosial.

Mendapat komentar rasis, para pendukung Lisa Blackpink dari berbagai negara pun membuat dukungan bagi Lisa dengan menggalang tagar #RespectLisa di Twitter. Lisa Blackpink bukan satu-satunya seleb Korea yang pernah jadi korban rasisme. Deretan seleb Korea ini pun pernah mengalami hal yang sama.

Loading...

Ada yang menjadi korban rasisme saat berkunjung ke luar negeri, namun tak sedikit pula seleb Korea yang menjadi korban rasisme dari netizen Korea sendiri. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (8/1), berikut lima seleb Korea yang jadi korban rasisme.

1. Lisa Blackpink.

 seleb Korea korban rasis  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@lalalalisa_m

Sejak debut bersama Blackpink pada 2016 lalu, kehadiran Lisa dalam girlband asuhan YG Entertainment memang mengundang pro dan kontra dari warga Korea. Sebagian warga Korea beranggapan bahwa semua idol yang tergabung dalam girlband di Korea harus terlahir, besar dan berkebangsaan Korea, bukan ras lain. Cara pandang tersebut lah yang kemudian membuat Lisa Blackpink mendapat berbagai komentar rasis.

 seleb Korea korban rasis  © 2019 brilio.net-foto: allkpop

Bahkan salah satu netizen Korea menyebut jika Lisa Blackpink tampil tanpa makeup dan rambut hitamnya, maka ia akan terlihat seperti perempuan pada umumnya. Komentar-komentar rasis tersebut yang kemudian membuat fans Lisa dari berbagai negara menggalang tagar #RespectLisa sebagai bentuk dukungan bagi idol berusia 21 tahun tersebut. Tak sedikit pula yang meminta YG Entertainment untuk segera mengambil tindakan hukum.

2. Jungkook dan V BTS.

 seleb Korea korban rasis  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@taehyungarmy & @jungkook_forever

Sebelum kasus rasisme Lisa Blackpink heboh, para penggemar K-Pop juga dihebohkan dengan sikap presenter dari Yunani bernama Katerina Kainourigu yang melontarkan komentar bernada rasis kepada dua member BTS, yakni Jungkook dan V.

Komentar bernada rasis tersebut dilontarkan Katerina saat dirinya tengah memberitakan mengenai pria-pria yang masuk dalam daftar The Most Handsome Faces 2018. Saat memasuki gambar Jungkook dan V BTS yang berada diperingkat dua dan lima. Katerina memberikan komentar yang menyebut bahwa dua member BTS tersebut terlihat jelek.

"Dia terlihat seperti idol Korea lainnya. Pria Korea terlihat jelek. Dimana para pria yang terlihat seperti idol ini, aku tak pernah melihat mereka," ungkap Katerna seperti dilansir brilio.net dari Soompi.

Katerina tak hanya melontarkan komentar rasis kepada Jungkook dan V, ia juga menyebut rambut Sehun EXO buruk dan Kang Daniel seperti perempuan. Aksinya tersebut pun membuat para penggemar K-Pop geram hingga membanjiri Instagram Katerina. Dihujani komentar hujatan dari para K-Popers, Katerina akhirnya menyampaikan permohonan maafnya di media sosial dan televisi.

3. Junghwa EXID. 

 seleb Korea korban rasis  © 2019 brilio.net-foto: pinterest

Pada 2015 lalu, Junghwa EXID pernah menjadi korban rasisme dari salah satu media Amerika Serikat, Tmz. Para staff dari media tersebut menertawakan gaya bicara Junghwa EXID yang menyapa para penggemar di bandara Los Angeles dalam bahasa Inggris. Tmz melontarkan komentar yang mengejek Junghwa tidak bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Perlakukan salah satu media Amerika Serikat tersebut bahkan membuat beberapa idol K-Pop turut mengecam aksi rasisme Tmz. Tak hanya itu, Tmz bahkan mendapat hujatan dari para penggemar K-Pop di berbagai negara.

4. Eric Nam.

 seleb Korea korban rasis  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@realericnam

Sebelum memutuskan pindah di Korea Selatan untuk membangun kariernya, Eric Nam lahir dan tinggal di kota Atlantan, Georgia, Amerika Serikat. Sebagai salah satu orang berdarah Asia yang tinggal di sana, Eric Nam pernah menjadi korban rasisme.

Kejadian tersebut dialami Eric Nam saat ia masih duduk di bangku sekolah. Menjadi satu-satunya murid berdarah Asia, Eric Nam pernah mendapat perlakuan buruk dari teman-temannya, penyanyi dan presenter ini bahkan pernah diludahi oleh salah satu teman sekolahnya.

5. Han Hyun-min.

 seleb Korea korban rasis  © 2019 brilio.net-foto: Instagram/@h_h_m0519

Han Hyun-min adalah seorang model yang kini sering terlihat dalam berbagai variety show. Model yang satu ini tampak berbeda dari model Negeri Ginseng lainnya lantaran dirinya memiliki darah campuran Korea Selatan dari sang ibu, dan Nigeria dan sang ayah.

Terlahir berbeda dari orang-orang Korea pada umumnya, Han Hyun-min juga tak lepas dari tindak rasisme. Sejak anak-anak, Hyun-min pernah mengalami berbagai macam diskriminasi. Dari orangtua teman-temannya yang melarang anak-anaknya bergaul dengan Hyun-min hingga seorang anak yang melontarkan kalimat rasis kepadanya.

Dengan berbagai tindakan tak menyenangkan tersebut, Han Hyun-min kini sukses membuktikan pada perbedaan yang ia miliki tak menjadi penghalang baginya untuk terjun di dunia hiburan Korea Selatan.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Lisa Blackpink Idol K-Pop Artis Korea Rasisme
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE