Brilio.net - Menjadi seorang publik figur memang bukanlah pekerjaan yang akan selalu kebanjiran tawaran. Eksistensi sebagai artis di dunia hiburan ada kalanya pasang surut. Tak heran jika banyak seleb Tanah Air punya kesibukan lain sebagai publik figur. Salah satunya adalah menekuni dunia bisnis.

Pilihan menggeluti dunia bisnis dianggap sebagai bentuk investasi masa depan. Biasanya para seleb menekuni bisnis seperti kuliner, fashion, kosmetik, bahkan hingga produser film. Namun ternyata tak semua artis memilih bisnis tersebut.

Ada sebagian seleb yang justru memilih untuk menekuni bisnis digital, ada juga yang mencoba peruntungan di dunia peternakan dan perkebunan. Meski penghasilan dari publlik figur terbilang menjanjikan dan besar, namun para seleb ini tetap melihat peluang bisnis dengan menggeluti bidang lain seperti jasa backlink atau hewan ternak.

Melihat potensi tersebut, para artis ini tak segan menekuninya bahkan ada yang sudah lama lho. Penasaran siapa saja yang menekuni dunia bisnis dan jenis bisnis apa saja ya?

1. Raditya Dika

Bisnis Seleb © 2020 brilio.net (instagram @raditya_dika)

Komika ini berangkat dari seorang penulis beberapa buku yang sempat best seller. Kegemarannya menulis inilah yang menjadi dasar untuk Raditya berdikari dalam urusan konten stand up. Nah sejak tahun 2018, ia mengambil kesempatan menjadi bagian media promosi dalam urusan konten.

“Gue mau membantu teman-teman yang pengen jadi kayak gue, yang pengen punya konten bagus untuk dipikirin cara membuatnya gimana," jelas Raditya.

2. Anya Geraldine

 

Wanita dengan tinggi 177 cm ini ternyata punya dua bisnis yaitu bidang kuliner seperti restoran dan bisnis peternakan. Dikutip dari Kapanlagi.com, Anya yang muncul di video YouTube milik Arief Muhammad ini membagikan ketertarikannya bisnis ternak bebek dan lele dengan bermitra bersama rekannya. “Iya beneran di Bogor. Ada kolam, empang gitu. Ya jelas siapa yang gak makan bebek sama lele,” ucap Anya.

3. Donna Agnesia

Bisnis Seleb © 2020 brilio.net (instagram @dagnesia)

Donna kabarnya memiliki lahan seluas enam hektar di Sukabumi, Jawa Barat. Lahan tersebut digunakan untuk menanam pohon jati hingga ubi jalar. Selain itu, ia juga membangun peternakan ayam yang dikembangkan di atas lahan seluas satu hektar di Parung, Bogor. Donna memperkerjakan penduduk sekitar untuk mengelola peternakan ayam dan perkebunannya.

4. Aziz Gagap

Bisnis Seleb © 2020 brilio.net (instagram @ajis_gagap22)

Pelawak Aziz Gagap juga masuk dalam deretan selebriti yang punya bisnis hewan ternak. Azis Gagap sendiri diketahui telah merintis usaha ternaknya sejak lama. Bisnis miliknya ini diberi nama Azis Gagap Farm Bandot.

Selain sapi dan kambing, Azis Gagap juga diketahui memiliki hewan ternak lain seperti ayam, bebek, kelinci, hingga burung puyuh. Hasil dari usaha ternak ini digunakan untuk menopang biaya operasional pesantren yang dimilikinya.

5. Billy Syahputra

Bisnis Seleb © 2020 brilio.net (instagram @ bilsky16)

Billy Syahputra juga pernah membagikan potret hewan ternak miliknya untuk dijual lewat Instagram. Beberapa rekan artis pun diketahui pernah membeli hewan kurban dari adik mendiang Olga Syahputra ini.