Brilio.net - Menimba ilmu memang menjadi suatu kewajiban setiap orang. Bahkan melanjutkan hingga perguruan tinggi masih banyak diminati masyarakat. Tak terkecuali para artis Tanah Air. Meski sibuk dengan segudang kegiatan seperti menyanyi dan syuting, beberapa artis ini bahkan tetap memprioritaskan pendidikan.

Bagi para artis yang masih aktif di dunia hiburan, membagi waktu antara jadwal kuliah dan jadwal di dunia hiburan tentunya menguras tenaga dan pikiran. Baru-baru ini kabar bahagia juga menyelimuti Pasha Ungu. Dirinya telah sah menyematkan gelar sarjana di belakang namanya pada Senin (30/12/2019).

Pasha diketahui telah menempuh di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Palu. Di hari yang berbahagia tersebut, Pasha datang tak sendirian. Sang istri, Adelia Wilhemina turut hadir dan mendukung Pasha di sampingnya. Hal tersebut ia buktikan lewat postingan Instagram yang baru saja unggah.

Bukan hanya itu saja, Adelia juga mengikuti Pasha sejak gladi bersih. Tak jarang ia mengunggah rentetan peristiwa bersejarah bagi Pasha.

Semangat Pasha dalam menuntut ilmu ini juga patut diacungi jempol. Ia berhasil meraih gelar sarjana di usia 40 tahun.

Namun demikian, ada juga beberapa selebriti yang berhasil gelar sarjana di usia 40-an selain Pasha. Kira-kira siapa aja ya? Untuk kalian yang penasaran, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (1/1).

1. Pasha Ungu.

Seleb ini raih gelar sarjana di usia 40-an Instagram

foto: Instagram/@pashaungu_vm

Pasha Ungu sukses menyelesaikan pendidikan strata satu jurusan Administrasi Publik pada 13 Desember 2019. Kini pelantun Demi Waktu itu menyisipkan gelar di belakang namanya menjadi Sigit Purnomo, S.AP.

Kebahagiaan tentunya dirasakan Pasha Ungu, sebab perjuangan itu ditempuh dengan cara yang tak mudah. Selain kuliah, penyanyi 40 tahun itu harus membagi fokusnya dengan menjadi wakil wali Kota Palu, Sulawesi Tengah dan juga bernyanyi.

2. Ana Pinem.

Seleb ini raih gelar sarjana di usia 40-an Instagram

foto: Instagram/@anacpinem

Ana Christina Pinem, sosoknya sudah tak asing lagi di mata penggemar sinetron Indonesia. Sejak 2003, Ana Pinem sudah terjun ke dania hiburan sebagai artis sinetron. Saat ini ia juga sedang membintangi beberapa sinetron yang tayang di layar kaca.

Meski sering mendapat peran pembantu atau ART di sinetron, bukan berarti Ana Pinem tidak berpendidikan. Ia justru lulusan sarjana dari Institut Kesenian Jakarta dan baru wisuda Desember 2016 saat usianya 40 tahun. Ana Pinem pun pernah mengunggah foto momen wisuda S1 bersama Ence Bagus di Instagram.

3. Kristina.

Seleb ini raih gelar sarjana di usia 40-an Instagram

foto: KapanLagi.com

Penyanyi yang langsung terkenal berkat lagu Jatuh Bangun itu telah mendapatkan gelar Sarjana Hukum di Universitas Jayabaya. Kristina mendapat gelar sarjana pada tahun 2016 silam saat usianya 40 tahun.

4. Komeng.

Seleb ini raih gelar sarjana di usia 40-an Instagram

foto: Instagram/@indradewi2242

Pemilik nama asli Alfiansyah ini berhasil menyelesaikan studinya saat usia 48 tahun. Pada 17 Maret 2018 lalu, Komeng menjalani ujian skripsi guna menyelesaikan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana, Bekasi. Tak main-main, Komeng pun berhasil lulus dengan nilai A.

5. Manny Pacquiao.

Seleb ini raih gelar sarjana di usia 40-an Instagram

foto: Instagram/@mannypacquiao

Pria asal Filipina ini lulus kuliah di jurusan politik dari Universitas Makati di negaranya. Untuk pertama kalinya, Manny mendapatkan gelar akademis setelah berusia 40 tahun. Pacquiao yang dahulu tidak menyelesaikan kuliahnya ini pun membuktikan tidak ada kata terlambat dalam hal mimpi dan pendidikan.

Pria yang punya julukan 'Pacman' itu pun mengungkap kebahagiaan dan kebanggaannya setelah bisa meraih gelar sarjana saat usia yang tak lagi muda. Ia pun mengingatkan para penggemar untuk bermimpi besar bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga negara.