Brilio.net - Jumlah orang yang terjangkit virus Corona atau COVID-19 di Indonesia semakin hari kian bertambah banyak. Berdasarkan data yang dirilis pemerintah hingga Jumat (20/3) tercatat jumlah pasien yang positif COVID-19 kini mencapai 369 kasus. Tercatat sebanyak 32 orang dinyatakan meninggal dan 17 orang dinyatakan berhasil sembuh. WHO sudah menggolongkan virus ini menjadi pandemi dengan status darurat bencana.

Kian banyaknya pasien Corona membuat dokter dan petugas medis menjadi sosok penting menangani mereka yang sakit. Tak pelak banyak orang yang merasa simpati untuk membantu petugas medis dalam menjalani tugasnya.

Ada beberapa selebriti Tanah Air yang kemudian mengulurkan bantuan dengan menggalang dana untuk perjuangan pahlawan COVID-19. Dana yang telah terkumpul nantinya akan dibelikan beberapa kebutuhan petugas medis dalam memerangi virus Corona.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut sederet selebriti Tanah Air yang tergerak membantu memerangi virus Corona dengan mengajak donasi untuk membantu petugas medis, Sabtu (21/3).

1. Cathy Sharon.

Loading...

5 Seleb ini galang dana bantu petugas medis lawan Corona, bikin salut © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@cathysharon

Kakak dari Julie Estelle ini juga turut menggalang dana melalui kanal kitabisa.com. Dana yang terkumpul akan dibelikan alat perlindungan diri (ADP) berupa sarung tangan yang sangat dibutuhkan petugas medis.

Sarung tangan ini akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit diantaranya Rumah Sakit Tarakan Jakarta sebanyak 2000 pasang, RSUD Kabupaten Bekasi sebanyak 2000 pasang, RSUD Kota Bekasi sebanyak 1000 pasang dan Rumah Sakit Ciputra sebanyak 1000 pasang.

"Solidaritas & uluran tangan tak harus besar. Berapapun akan sangat bermanfaat. Petugas medis adalah ujung tombak yang menyelamatkan nyawa . Kita harus lindungi mereka. Kalian bisa berdonasi mulai 1 dari pasang sarung tangan seharga Rp. 8000 untuk memulai langkah kita. Semampunya & seikhlasnya," tulisnya di akun Instagram pribadinya.

2. Dr. Tompi

fakta tompi jadi sutradara Instagram

foto: Instagram/@dr_tompi

Tidak jauh berbeda dengan Cathy Sharon, dokter spesialis bedah plastik ini juga turut menggalang dana untuk membantu petugas medis melalui konser sederhana bersama Trio Lestari dan melalui kanal kitabisa.com. Dana yang telah terkumpul akan dipergunakan untuk penyediaan alat pelindung diri yang ideal dan makanan sehat bagi petugas medis yang sedang berjuang melawan virus Corona.

"Saat ini di lini terdepan, para tenaga kesehatan sedang berjuang melawan Corona. Kita Bisa membantu lewat donasi yang akan kita galang lewat konser sederhana Gelora Cinta Trio Lestari yang bisa kamu nikmati #dirumahaja," tulis Tompi.

3. Maia Estianty

transformasi rambut maia estianty © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Ibu dari Al, El, Dul ini melakukan penggalangan dana dengan mengajak masyarakat Indonesia untuk memberikan bantuan seikhlasnya. Dana yang telah terkumpul akan dibelikan beberapa kebutuhan medis seperti Alat Perlindungan Diri (APD) berupa masker, hand sanitizer, sabun pencuci tangan, serta sarung tangan. Langkah ini ia lakukan untuk membantu petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan virus Corona.

4. Rachel Vennya

Rachel Vennya dinyinyiri soal donasi Corona Instagram

foto: Instagram/@rachelvennya

Selebgram Rachel Vennya juga tak ketinggalan menggalang dana untuk petugas medis melalui kanal kitabisa.com. Bahkan, hanya dalam kurun waktu 2 hari saja Rachel berhasil mengumpulkan dana sebesar 4 miliar. Dana yang terkumpul akan dibelikan alat sanitasi untuk Rumah Sakit yang menjadi rujukan virus Corona yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Donasi ini akan kami kirim dlm bentuk alat sanitasi ke RS rujukan covid-19 menyebar di seluruh Indonesia (inginnya SEMUA tp dana segini jg belum cukup utk cover semuanya jd cm bbrp di kota2 yg urgent), dan paket sanitasi untuk 5000 keluarga rentan Covid-19," tulis Rachel Venya.

5. Raffi Ahmad

raffi ahmad ngaji  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@raffinagita1717

Pasangan suami istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini pun juga turut melakukan penggalangan dana untuk melawan virus Corona yang banyak merenggut korban jiwa. Ia melakukan penggalangan dana melalui kanal kitabisa.com. Rencananya, dana yang telah terkumpul akan digunakan untuk membeli pakaian pelindung bagi petugas medis dan membeli kebutuhan pokok ojek online.

"Kita bisa ikut ngelawan virus ini dengan cara donasi buat beliin pakaian pelindung yang aman buat petugas kesehatan dan ngasih kebutuhan pokok buat masyarakat kecil kayak abang ojol. Jadi petugas kesehatannya gak tertular, abang ojolnya bisa istirahat di rumah," tulis Raffi Ahmad.

RECOMMENDED BY EDITOR