Brilio.net - Petisi online digunakan untuk membuat sebuah pernyataan yang disampaikan ke pemerintah. Petisi online dianggap lebih cepat untuk mengumpulkan massa yang memang memiliki suatu pandangan yang sama terhadap satu masalah. Petisi online juga muncul dalam dunia hiburan, beberapa seleb jadi target petisi.

Beberapa seleb ternyata pernah menjadi target petisi online. Belakangan ini, petisi online untuk memboikot mantan pelaku pelecehan seksual agar tak tampil di televisi hingga YouTube yaitu Saipul Jamil menyita perhatian netizen. Petisi yang dibuat sejak 3 September lalu di lama change.org ini hingga kini sudah ditandatangani hampir 500 ribu.

Jika menengok ke belakang, tak hanya Saipul Jamil yang pernah jadi target petisi online. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut 5 seleb yang dapat petisi online, Senin (6/9).

1. Saipul Jamil

Seleb yang dapat petisi online Berbagai sumber

foto: change.org

Target petisi online paling baru di tahun 2021 ini ada pedangdut Saipul Jamil. Petisi yang dibuat untuk memberhentikan kegiatan Saipul Jamil di TV hingga YouTube. Boikot ini dilakukan karena sang pedangdut merupakan mantan pelaku pelecehan seksual pada anak dibawah umur.

Warganet bersikap bahwa jika ia tampil di layar kaca, itu akan membuat luka bagi korban. Hingga Senin (6/9) sore, petisi ini hampir mendapatkan 500.000 pendukung.

2. Ayu Ting Ting

Seleb yang dapat petisi online Berbagai sumber

foto: Instagram/@ayutingting92

Di tahun 2021 juga, pedangdut Ayu Ting Ting mendapat petisi online untuk boikot dirinya dari televisi. Petisi boikot Ayu Ting Ting bermula dari inisiasi Putri Maharani pada Juni 2021. Ini sebagai dampak dari aksi protes karena pedangdut 29 tahun itu dianggap kurang sopan. Hingga kini petisi ini sudah ditandatangani oleh lebih 133 ribu pendukung.

3. Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting

Seleb yang dapat petisi online Berbagai sumber

foto: Instagram/@raffinagita1717; Instagram/@ayutingting92

Petisi online ini terjadi pada tahun 2017, sebabnya adalah tudingan tentang perselingkuhan Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting. Petisi ini di awali dengan akun bernama Delia bunga dan membuat petisi "Boikot Acara yang Ada Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting". Petisi ini tembus 9 ribu tanda tangan.

4. Kartika Putri

Seleb yang dapat petisi online Berbagai sumber

foto: Instagram/@kartikaputriworld

Akibat perseteruan Kartika dengan dokter Richard Lee tentang review produk kecantikan, warganet dibuat geram. Hingga akhirnya dokter Richard ditangkap oleh polisi, warganet menuding bahwa Kartika sebagai penyebabnya dokter Richard ditangkap.

Warganet pun membuat petisi dengan judul "Lepaskan dr. Richard atau penjarakan juga Kartika Putri...!!!" di change.org. Petisi yang dibuat pada 11 Agustus  ini mendapatkan 2.133 pendukung. 

5. Mulan Jameela

Seleb yang dapat petisi online Berbagai sumber

foto: change.org

Pasangan fenomenal ini juga mendapat petisi online, penyebabnya adalah karena warganet menilai mereka tak layak disebut sebagai publik figur. Netizen menganggap jika Dhani dan Mulan tidak memberikan contoh yang baik untuk masyarakat. Bahkan Mulan dinilai netizen sebagai perusak rumah tangga orang. Petisi tahun 2015 ini sudah ditutup dengan mencapai 21.121 pendukung.

-

INFOGRAFIS SELEB KENA PETISI ONLINE © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS SELEB KENA PETISI ONLINE-© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lea)