Brilio.net -  Kepergian musisi Didi Kempot menjadi menambah kabar duka kalangan artis di tahun 2020. Didi Kempot meninggal dunia di saat kariernya kembali bangkit. Maestro campursari ini meninggal pada Selasa 5 Mei 2020. The Godfather of Broken Heart terkena serangan jantung dan meninggal pada pukul 07.45 WIB.

Didi Kempot meninggalkan istri serta keluarga tercintanya. Sebagai seorang musisi legend, tentu rasa kehilangan juga dirasakan oleh para penggemar setianya.

Pria berusia 53 tahun itu mampu menarik perhatian para pendengarnya dengan lirik penuh makna di setiap lagunya. Lagu bertema kasmaran dan patah hati yang disampaikan oleh Didi, seakan memahami perasaan orang yang mengalami kisah yang sama.

Berkarier sejak tahun 1980-an, Didi Kempot mengawali perjalanannya sebagai musisi jalanan. Bersama grup "Kempot" Didi mengadu nasib di Ibu Kota untuk menjajal peruntungan. Rupanya, usaha tak mengkhianati hasil, Didi Kempot berhasil sukses menjadi musisi besar.

Bahkan selama perjalanan keriernya, ia sudah menulis sekitar 700 lagu. Beragam penghargaan yang diraih juga menjadi bukti kesuksesan Didi di dunia musik Tanah Air. Seperti apa saja prestasi yang sudah di raih Didi Kempot? Berikut ulasan brilio.net pada Selasa (5/5) dari berbagai sumber.

Loading...

1. Menciptakan 700 lagu.

Penghargaan Didi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@_stagedoc

Didi Kempot dikenal sebagai penyanyi Jawa yang khas dengan blangkonnya. Pria yang lahir pada 31 Desember 1966 itu, mampu menjaga popularitasnya sejak tahun 1980-an.

Berawal dari seorang musisi jalanan, Didi mencoba mengadu nasib di Jakarta pada tahun 1987. Selama meniti karier, Didi menciptakan ratusan lagu yang mayoritas bertema asmara.

Wikipedia mencatat, Didi Kempot sudah menciptakan 700 lagu. Diantara ratusan lagunya, Didi Kempot juga kerap menciptkan lagu dengan judul berbagai tempat.

Stasiun Balapan, Terminal Tirtonadi, Parangtritis, dan Pantai Klayar adalah beberapa karya Didi yang melibatkan objek sebuah lokasi. Rupanya, beberapa lokasi yang pernah ia jadikan lagu memiliki cerita tersendiri dalam kehidupan Didi.

2. Penyanyi terbaik.

Penghargaan Didi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@_stagedoc

Pada tahun 2001, Didi Kempot berhasil memenangkan Anugerah Musik Indonesia sebagai Penyanyi Terbaik. Popularitasnya di tahun 2000an, tidak bisa dipungkiri memikat hati banyak orang. Bahkan di tahun yang sama, ia juga sekaligus mendapatkan penghargaan untuk nominasi Artis Solo Pria/Wanita Terbaik.

3. Album terbaik.

Penghargaan Didi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@_stagedoc

Lika-liku perjalanan karier Didi Kempot tak hanya membawanya menuju dapur rekaman. Ia juga sukses melahirkan beragam album yang mayoritas menggunakan bahasa Jawa. Meski begitu, rupanya lagu-lagu Didi Kempot berhasil diterima masyarakat Indonesia.

Terbukti, pada tahun 2002, album Kalung Emas miliknya berhasil memenangan nominasi Album Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia 2002. Tak hanya itu, nominasi "Lagu Dagdut Etnik Terbaik" juga berhasil diraih Didi Kempot dalam ajang Anugerah Dangdut TPI 2002

4. Produksi tradisional terbaik.

Penghargaan Didi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@didikempot_official

Konsisten membawakan lagu dengan lirik bahasa daerah tak membuat Didi tenggelam dikalahkan zaman. Ia berhasil membuktikan dengan membawa pulang piala "Karya Produksi Tradisional Terbaik" dalam Anugerah Musik Indonesia 2003. Tak hanya sekali, ia kembali memberikan bukti bahwa lagunya berhasil diterima masyarakat dengan menyabet penghargaan "Penyanyi Rekaman Lagu Dangdut Etnik Terbaik" dalam Anugerah Dangdut TPI 2003.

Berselang 7 tahun, Didi rupanya masih memegang kepercayaan masyarakat dalam memproduksi lagu berbahasa daerah. Pria berdarah Jawa itu juga sukses meraih penghargaan Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik di tahun 2010 dan 2011.

5. Penghargaan maestro campusari.

Penghargaan Didi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@didikempot_official

Pada tahun 2019, Didi Kempot meraih penghargaan Khusus Maestro Campursari dalam Indonesian Dangdut Award. Sebagai pengahargaan khusus, Didi menjadi satu-satunya penerima dalam nominasi ini.

Penghargaan ini diketahui menjadi penghargaan terakhir sebelum Didi Kempot meninggalkan dunia. Meski begitu, kenangan dan karya Didi Kempot akan selalu terkenang dalam hati para pendengarnya.

RECOMMENDED BY EDITOR