Brilio.net - Pemilihan legislatif 2019 yang telah dilaksanakan pada 17 April lalu ternyata juga menjadi panggung bagi sejumlah presenter televisi yang maju menjadi caleg. Mereka bersaing dengan para politisi dan juga para seleb lain yang juga turut menyemarakkan pemilihan anggota legislatif dari berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), beberapa caleg yang memiliki latar belakang presenter berita ternyata dipastikan tidak dapat lolos sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

Siapa saja? Berikut brilio.net rangkum 5 presenter berita yang gagal lolos duduk di DPR RI pada Pileg 2019 dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/5).

1. Tina Talisa.

presenter gagal dpr © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@tina_talisa

Presenter berita yang juga dikenal membawakan acara talkshow di stasiun TVOne, Tina Talisa mencalonkan diri sebagai caleg dari Partai Nasdem pada Pileg 2019. Perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi tersebut menjadi caleg dapil Jawa Barat II meliputi Kabupaten Bandung. Namun sayangnya, niat Tina Talisa untuk terjun ke dunia politik kandas setelah hanya memperoleh sekitar 12 ribu suara.

2. Arief Suditomo.

presenter gagal dpr © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@AriefSuditomo

Mantan presenter televisi kawakan Arief Suditomo telah terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dari fraksi Partai Hanura. Pada Pileg 2019, ia mencalonkan kembali sebagai caleg namun melalui partai yang berbeda, yakni Nasdem. Arief maju di dapil Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Sayangnya, ia gagal kembali melenggang ke Senayan untuk kedua kalinya karena kalah bersaing dengan caleg lain.

3. Grace Natalie.

presenter gagal dpr © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@gracenat

Grace Natalie, mantan presenter berita ini namanya cukup banyak dibicarakan pada Pemilu 2019. Usai kariernya sebagai pembaca berita meroket, Grace kemudian terjun ke dunia politik. Bahkan, kini Grace menjabat sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pada Pileg 2019, Grace mencalonkan diri sebagai caleg lewat dapil DKI Jakarta III meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu. Meski memperoleh suara yang cukup banyak, yakni sekitar 180 ribu suara, langkah Grace untuk duduk di Senayan harus terhenti mengingat perolehan suara PSI tidak mencapai ambang batas parlemen sebesar empat persen.

4. Isyana Bagoes Oka.

presenter gagal dpr © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@isyanabagoesoka

Rekan satu partai Grace Natalie yang juga dikenal sebagai presenter berita, Isyana Bagoes Oka juga harus menerima kegagalan menembus kursi DPR RI.

Isyana maju sebagai caleg PSI untuk dapil Banten III meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan. Isyana dikenal sebagai presenter yang pernah bekerja untuk sejumlah stasiun televisi, seperti Trans TV, RCTI, hingga Metro TV.

5. Muhammad Rizky.

presenter gagal dpr © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Partai Solidaritas Indonesia

Selain Grace dan Isyana, mantan presenter televisi TVOne, Muhammad Rizky juga menjadi caleg PSI pada Pileg 2019. Ia maju di dapil Sumatera Selatan I meliputi Kabupaten Musi Rawas, Banyu Asin, Palembang, Musi Rawas Utara, dan Kota Lubuk Linggau. Kegagalan PSI menembus batas ambang parlemen sebesar empat persen membuat Rizky gagal melenggang ke DPR RI.

RECOMMENDED BY EDITOR