Brilio.net - Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution memang benar-benar menyedot perhatian publik. Media sosial pun ramai membicarakan berbagai macam upacara dan acara sakral yang mulai digelar sejak Selasa (7/11) kemarin.

Ada banyak sekali momen haru selama prosesi pernikahan Kahiyang dan Bobby. Beberapa momen berhasil terekam oleh jepretan kamera hingga akhirnya viral di media sosial.

Nah, berikut brilio.net rangkum 5 momen paling mengharukan selama pernikahan Kahiyang-Bobby. Awas ikutan nangis yaaa...

1. Kahiyang menangis saat sungkem.

Potret paling mengharukan di pernikahan Kahiyang-Bobby © 2017 berbagai sumber

foto: allseasons-photo.com

Pemasangan bleketepe mengawali prosesi siraman dan sungkeman Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di kediaman Jokowi pada Selasa (7/11). Dalam prosesi tersebut, keluarga Jokowi kompak mengenakan busana berwarna oranye.

Namun yang menarik perhatian adalah saat Kahiyang mulai berjalan membungkuk menuju dekapan kedua orangtuanya. Momen khidmat itu rupanya membuat Jokowi dan Kahiyang tak kuasa menahan tangis haru. Jokowi pun sempat membisikkan pesan khusus untuk putri semata wayangnya itu.

"Kalau saya berpesan, hanya hati-hati membina rumah tangga yang sabar, yang sabar," ucap Jokowi.

 

2. Veronica Tan tak kuasa menahan tangis sambil memeluk ibu negara.

Potret paling mengharukan di pernikahan Kahiyang-Bobby © 2017 berbagai sumber

foto: facebook/@budisetiawan

Akad nikah Kahiyang-Bobby pada Rabu (8/11) memang dihadiri banyak tokoh penting. Salah satu yang mencuri perhatian adalah kehadiran Veronica Tan, istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Veronica tampak anggun mengenakan kebaya putih. Ia memberikan ucapan selamat kepada pasangan pengantin serta Jokowi dan ibu negara, Iriana Jokowi.

Tak disangka momen ini rupanya meninggalkan kesan mendalam bagi Veronica. Entah terharu atau karena sebab lain, Veronica pun menangis di pelukan Iriana Jokowi.

Veronica terpaksa datang ke pernikahan Kahiyang tanpa suami tercinta, Ahok. Namun mantan Gubernur DKI, Djarot Saidul Hidayat beserta istrinya mendampingi Veronica hadir di pernikahan Kahiyang-Bobby.

 

3. Iriana menangis.

Potret paling mengharukan di pernikahan Kahiyang-Bobby © 2017 berbagai sumber

foto: jimboeng/media center

Ibu mana yang tidak terharu ketika mengiringi pernikahan anak kandungnya? Itulah yang dirasakan oleh Iriana Jokowi saat selesai prosesi Akad pada Rabu (8/11).

Iriana terlihat tak kuasa menahan tangisnya ketika duduk disamping ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar. Ibunda Bobby pun langsung memeluk dan menyeka air mata sang ibu negara.

 

4. Jokowi gendong Kahiyang.

Potret paling mengharukan di pernikahan Kahiyang-Bobby © 2017 berbagai sumber

foto: dok. istimewa

Rangkaian upacara pernikahan Kahiyang-Bobby memang penuh haru dan kebahagiaan. Satu momen spesial yang berhasil diabadikan adalah ketika usai siraman, Jokowi harus menggendong Kahiyang dari lokasi siraman ke dalam rumah.

Tampak Jokowi tak kuat menggendong putrinya yang kini sudah bukan anak-anak lagi. Alih-alih terangkat, tubuh Kahiyang malah tumbang memijak bumi. Alhasil Kahiyang hanya merangkul bahu sang ayah dan berjalan menuju rumahnya. Seketika tawa pun pecah. Raut Kahiyang dan Jokowi pun mengungkapkan tawa bahagia meski tidak terucap.

 

5. Kahiyang Ayu disuapi kedua orangtuanya.

Potret paling mengharukan di pernikahan Kahiyang-Bobby © 2017 berbagai sumber

foto: allseasons-photo.com

Setelah prosesi siraman dan sungkeman, ada satu momen lagi yang tidak kalah haru. Yakni ketika prosesi Dulangan Kapungkasan. Prosesi ini merupakan tradisi menyuapi nasi yang dilakukan oleh orangtua terhadap calon pengantin.

Presiden Jokowi tampak menyuapi Kahiyang didampingi oleh Ibu Iriana. Ketiganya duduk dalam satu bangku dengan posisi Kahiyang berada di tengah-tengah kedua orangtuanya. Semua orang di ruangan tersebut tampak tersenyum sumringah.