Brilio.net - Sebelum adanya telivisi, radio jadi salah satu hiburan bagi masyarakat, termasuk di Indonesia. Tak heran bila banyak stasiun radio yang menyiarkan berbagai program menarik, salah satunya sandiwara radio.

Pada tahun 1972, salah satu sandiwara radio fenomenal berjudul Butir-butir Pasir di Laut. Cerita ini mengudara di stasiun radio RRI. Sandiwara radio ini banyak disukai oleh para pendengar. Tak heran bila program ini diproduksi lebih dari 5.700 episode. Bahkan program ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai sandiwara radio terbaik dari UNESCO yang ditunggu setiap hari selama 15 tahun.

Untuk kembali mengenang program ini, WeTV Indonesia dan Verona Pictures mempersembahkan sinteron yang diadaptasi dari sandiwara radio Butir-butir Pasir di Laut dengan judul yang sama. Sinetron ini akan mulai tayang di WeTV dan juga iflix pada tanggal 8 April 2021 mendatang.

Direktur Utama PT Verona Indah Pictures, Titin Suryani menjelaskan alasan Production House-nya tertarik mengangkat Butir-butir Pasir di Laut karena ingin membawa kembali nostalgia tersebut ke dalam format kekinian dengan media digital.

“Kita berharap Butir-butir Pasir di Laut ini tak hanya dapat mengobati rasa rindu pendengar pada zamannya, melainkan untuk dapat menggapai penonton yang jauh lebih luas termasuk kaum muda yang tidak bisa lepas teknologi digital,” ujarnya dalam konferensi pers peluncuran sinetron Butir-butir Pasir di Laut di Auditorium Abdurahman Saleh Radio Republik Indonesia pada Selasa (6/4).

Sinetron ini mengambil lokasi syuting di Pangandaran, Merak, kawasan Puncak, dan Jakarta. Artis yang terlibat di dalamnya antara lain Tyas Mirasih, Andrew Andika, Bastian Steel, Faradina Tika, dan Jessica Shaini.

Lantas bagaimana peran para seleb yang terlibat dalam sinetron ini? Berikut rangkuman brilio.net, Rabu (7/4).

1. Tyas Mirasih.

pemain sinetron Butir-Butir Pasir di Laut © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tyasmirasih

Salah satu pemeran utama dalam Butir-butir Pasir di Laut ini mengaku mendapat tantangan memerankan sosok dokter Arini.

“Saat pertama kali mendapat tawaran sinetron Butir-butir Pasir di Laut dan tahu bahwa ternyata ini merupakan sandiwara radio yang banyak ditunggu, saya yakin dalam versi modern konfliknya akan lebih bervariasi. Dari pertama membaca naskahnya saya sudah langsung jatuh cinta. Ini adalah hal baru yang belum pernah saya perankan sebelumnya,” ujar Tyas.

2. Bastian Steel.

pemain sinetron Butir-Butir Pasir di Laut © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bastiansteel

Bastian mengaku awalnya sempat ragu dengan karakter Radit karena ini pertama kalinya berperan sebagai mahasiswa yang jatuh cinta pada perempuan lebih tua darinya.

“Semula saya pikir ini adalah hal yang tabu di Indonesia, tapi setelah saya pikir-pikir lagi, justru di situ tantangannya. Ditambah lagi ternyata suami Arini, dokter yang dicintai Radit malah berselingkuh dengan kakaknya, ini situasi seperti makan buah simalakama. Selain itu di drama ini banyak konflik yang bisa dijadiin twist dan bisa membawa emosi penonton ke dalamnya, untuk menebak-nebak seperti apa akhir jalan cerita dari drama ini,” papar Bastian.

3. Jessica Shaina.

pemain sinetron Butir-Butir Pasir di Laut © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jessicashainaa

Artis pendatang baru Jessica Shaina juga mengaku pada awalnya bingung karena belum pernah mendengar tentang Butir-butir Pasir di laut.

“Reaksi pertama bingung, tapi juga penasaran. Tapi begitu membaca script, ternyata menarik banget, berbeda dengan cerita cinta biasanya. Karakter yang saya mainkan di sini juga unik, wanita centil yang sangat girly dan bucin bahkan sampai dibilang bodoh. Tapi seiring berjalannya waktu karakter tersebut kemudian ada perkembangannya,” kata Jessica.

4. Faradina Tika.

pemain sinetron Butir-Butir Pasir di Laut © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@faradinatk

Dalam sinetron ini, Faradina berperan sebagai Wulan. Faradina juga tertarik dengan WeTV Sinetron Butir-butir Pasir di Laut karena sudah lama tidak melihat judul sinetron yang puitis.

“Saya memerankan wanita yang iri dengki pada sahabatnya karena tidak pernah pernah unggul. Nah, sifat iri tersebut yang membuat tokoh tersebut jadi rusak, cuma mementingkan diri sendiri. Tapi, di sisi lain Wulan ini sangat sayang kepada adiknya, Radit,” ujar Faradina menceritakan karakter yang dimainkannya.

5. Andrew Andhika.

pemain sinetron Butir-Butir Pasir di Laut © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@andrewandhika

Dalam sinetron ini, Andrew berperan sebagai David yang merupakan suami dari Dokter Arini. Dalam ceritanya, banyak konflik yang terjadi, mengisahkan David harus memilih antara dua wanita di hidupnya.

“Pastinya seru dan bangga bisa terlibat dalam sinetron yang diadaptasi dari sandiwara radio fenomenal,” pungkasnya.