Brilio.net - Ahmad Dhani sudah divonis satu tahun penjara pada Selasa (11/6) kemarin di Pengadilan Negeri Surabaya. Vonis ini sendiri lebih ringan dari tuntutan tim Jaksa Penuntut Umum yang mengajukan 1 tahun 6 bulan. Setelah divonis, Ahmad Dhani segera dipindahkan ke Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta.

Belum puas, Ahmad Dhani sendiri masih mengajukan banding atas keputusan hakim tersebut. Suami Mulan Jameela ini sendiri tengah menghadapi dua kasus hukum. Kasus pertama adalah dugaan ujaran kebencian (hate speech) yang ditangani oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kedua, Ahmad Dhani dijatuhi vonis 1 tahun penjara terkait ujaran 'idiot' yang sedang ditangani oleh Pengadilan Negeri Surabaya.

Tak mendapat perlakuan istimewa, Ahmad Dhani langsung dipindahkan ke Rutan Cipinang pada Kamis (13/6) pagi. Kesehatan pria berjenggot ini juga dalam kondisi baik dan tidak ada masalah yang serius.

"Dalam keadaan sehat, masih dilakukan pemeriksaan dokter Rutan. Kemudian untuk berkas- berkas semua lengkap," ujar Kepala Rutan (Karutan) Cipinang, Oga Darmawan seperti dilansir dari Kapanlagi.

Seperti apa kondisi penjara Ahmad Dhani? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (16/6), berikut potret penjara yang kini ditinggali oleh pentolan Dewa 19 itu.

Loading...

1. Bebas asap rokok.

kondisi penjara ahmad dhani © 2019 brilio.net

foto: Kapanlagi/@Agus Apriyatno

Ahmad Dhani mengaku mempunyai kondisi asma. Akhirnya Ahmad Dhani diberi keringanan dan ditempatkan satu ruangan dengan tahanan yang tidak merokok.

"Ya itu sudah kita perhitungkan bahwa nanti menempati kamar satu kamar yang tidak perokok. Jadi karena beliau menderita penyakit asma, di latar belakang sebelumnya pasti kita taruh dengan teman-teman yang tidak merokok jadi bebas asap rokok lah," ujar Oga Darmawan, Kepala Rutan Cipinang.

2. Satu ruangan muat 11 orang.

kondisi penjara ahmad dhani © 2019 brilio.net

foto: Kapanlagi/@Agus Apriyatno

Rutan Cipinang sejatinya mempunyai kapasitas 1.100 orang. Karena dihuni oleh 4.326 orang, maka satu ruangan harus dihuni oleh banyak tahanan. Alhasil, Ahmad Dhani harus berbagai kamar dengan 11 orang lainnya.

"Nanti yang bersangkutan kita taruh di Blok Barito lantai 3, satu kamar isinya sekitar 11 orang," ujar Oga Darmawan.

3. Satu kamar dengan pelaku kriminal biasa seperti pelaku pencurian dan perselingkuhan.

kondisi penjara ahmad dhani © 2019 brilio.net

foto: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Sebagai publik figur, Rutan Cipinang menempatkan Ahmad Dhani dengan tahanan biasa agar tidak menimbulkan konflik. Ahmad Dhani nantinya akan ditempatkan dengan tahanan dengan kasus umum seperti pencuri, pelaku perselingkuhan, dan lain-lainnya.

"Tentunya seorang publik figur, kemudian juga beliau punya latar belakang politik ya. Tentunya jangan sampai di dalam satu kamar itu ada yang berbeda pandangan sehingga nanti menimbulkan gejolak," kata Oga Darmawan.

4. Tak ada bilik asmara.

kondisi penjara ahmad dhani © 2019 brilio.net

foto: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Isu seperti bilik asmara sempat mencuat ketika Ahmad Dhani mulai menghuni Rutan Cipinang. Tapi Oga Darmawan mengatakan bahwa tak ada fasilitas tersebut untuk tahanan.

"Ini kan ada anaknya yang kecil-kecil. Paling melepas kerinduan biasa aja ketemu nggak apa-apa. Tapi kalau hubungan yang lain-lain belum diatur. Kita sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). Tidak ada, sesuai SOP di aturan, di negara Indonesia belum ada yang mengatur hubungan badan," jelasnya.

5. Tanpa AC dan TV.

kondisi penjara ahmad dhani © 2019 brilio.net

foto: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Oga Darmawan mengatakan bahwa ruangan Ahmad Dhani tak akan dibekali fasilitas aneh-aneh. Ahmad Dhani tak akan diberi keistimewaan fasilitas.

"(Kamar) 5 X 6 sudah ada kloset, tapi kloset jongkok, tidak ada AC, tidak ada TV. Televisi hanya ada di selasar dan di aula," kata Oga saat menjelaskan fasilitas ruangan tahanan.

RECOMMENDED BY EDITOR