Brilio.net - Amitabh Bachchan adalah seorang aktor berkebangsaan India, yang saking suksesnya, disebut sebagai salah satu aktor besar yang hingga kini belum tergantikan. Selain menjadi seorang aktor, pria yang akrab pula disapa Big B ini juga merupakan seorang pengarang dan mantan pembawa acara televisi. Ia memulai karier di film pada tahun 1969. Namanya semakin melambung saat ia membintangi film Mohabbatein dan Kabhi Khushi Kabhie Gham bersama Shah Rukh Khan.

Film tersebut menjadi film India terlaris dalam pemasaran internasional hingga tahun 2006. Film Kabhi Khushi Kabhie Gham meraih peringkat 3 di box office Inggris hanya dalam waktu dua minggu semenjak dirilis, dan tetap bertahan selama lebih dari 3 minggu. Film ini meraih peringkat ke-32 di box office Amerika, semenjak dirilis pada 4 Januari 2002 di Amerika. Film ini adalah film Bollywood pertama yang dirilis oleh bioskop Jerman (dengan subtitle Jerman).

Baru saja aktor yang juga ayah dari Abhishek Bachchan ini merayakan ulang tahunnya yang ke-75 tahun. Sebentar bernostalgia akan beberapa karakternya di film selama berpuluh-puluh tahun ia berkarya, intip yuk karakter-karakter film yang ia perankan, yang membuatnya pantas disebut aktor seribu wajah. Berikut dilansir brilio.net dari Bollyworm, Jumat (13/10).

1. Black.

Karakter Keren Big B © 2017 brilio.net

Amitabh Bachchan sukses memerankan tokoh yang mengidap penyakit Alzheimer di film garapan Sanjay Leela Bhansali bertajuk Black. Lewat perannya ini, ia bahkan mendapat penghargaan National Film Award. Ini merupakan penghargaan kedua yang ia terima.

2. Paa.

Karakter Keren Big B © 2017 brilio.net

Amitabh Bachchan kembali memukau sata berperan sebagai seorang anak berusia 12 tahun yang menderita penyakit Progeria. Padahal, saat memerankan tokoh bernama Auro tersebut, sang aktor berusia 67 tahun.

Ia pun menerima penghargaan ketiganya sebagai Best Actor di National Film Awards dan mendapatkan penghargaan kelimanya sebagai Best Actor di ajang Filmfare Award.

3. Sarkar.

Karakter Keren Big B © 2017 brilio.net

Film Sarkar terinspirasi akan film Hollywood The Godfather. Dalam film tersebut Amitabh Bachchan memerankan tokoh bernama Subhash Nagre. Film sekaligus perannya kala itu mengguncang Bollywood dan membuatnya mendulang pujian.

4. Piku.

Karakter Keren Big B © 2017 brilio.net

Tahun 2015, Big B kembali menuai pujian lewat karakter yang diperankan lewat film Piku. Ia memerankan karakter ayah yang pemarah bersama lawan mainnya Deepika Padukone. Lewat karakternya ini ia mendapatkan penghargaan keempatnya sebagai Best Actor di ajang National Film Award.

5. Thugs of Hindostan.

Karakter Keren Big B © 2017 brilio.net

Di film ini ia beradu akting dengan Aamir Khan, Katrina Kaif dan Fatima Sana Shaikh. Film ini akan tayang pada tahun 2018 mendatang. Beberapa foto yang beredar, Amitabh akan memerankan tokoh yang berbeda dari banyak karakter yang ia perankan sebelumnya. Penasaran, ya.