Brilio.net - Peran host sangat berpengaruh dengan menarik tidaknya sebuah acara. Seperti halnya acara talkshow hingga kompetisi memasak, host akan selalu dibutuhkan.

Tak hanya sekedar mengisi acara, seorang host juga dituntut untuk bisa mengarahkan acara agar berjalan dengan rapi dan baik. Menjadi host pastinya membutuhkan tenaga ekstra dalam bekerja. Jika acara berjalan dengan baik, akan semakin banyak klien yang percaya dengan kerja para host.

Dengan kesibukan yang cukup menguras tenaga, host sangat rentan mengalami sakit pada bagian pita suara. Ada yang cedera ringan, ada pula yang pernah menderita tumor pada area vital tersebut. Jika salah penanganan, bisa-bisa akan terjadi kerusakan serius.

Beberapa hari lalu host ternama Indonesia Raffi Ahmad juga mengalami gangguan pita suara. Tak hanya Raffi Ahmad, beberapa host televisi juga mengalami gangguan pita suara.

Berikut ini brilio.net kumpulkan beberapa host televisi yang pernah mengalami gangguan pita suara, dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (03/07).

Loading...

1. Raffi Ahmad.

host terkena masalah pita suara © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@raffinagita1717

Raffi Ahmad mengaku terkena masalah pita suara. Terdapat benjolan di bagian pita suara yang harus dioperasi. "Ini kan kayak ada luka benjolan gitu jadi kayaknya harus diambil atau apa," tutur Raffi Ahmad dikutip dari liputan6.com , Selasa (2/6) lalu.

Benjolan tersebut muncul karena terlalu sering digunakan kurang istirahat. "Kayak overused gitu kayak dia terlalu dipaksa terus suara. Mungkin dulu aku kerja jadi host kan di Dahsyat dari umur 19 tahun sampai sekarang 32 tahun," sambungnya.

2. Daniel Mananta.

host terkena masalah pita suara © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@vjdaniel

Beberapa waktu lalu, Daniel Mananta pernah memerankan sosok Basuki Tjahaja Purnama dalam film film A Man Called Ahok. Ia harus menirukan cara bicara BTP untuk mendapatkan peran yang maksimal, salah satunya adalah warna suara yang serak-serak basah. Hal tersebut membuat Daniel mengalami cedera di bagian pita suara.

"Tahun 2012 sempat ada tumor jinak di pita suara gue sehingga gua sempat kehilangan suara," tutur Daniel Mananta dilansir dari liputan6.com di Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018).

Ia pun merasa terpuruk atas insiden tersebut, meskipun telah melakukan proses operasi. "Gue enggak mengira kalau saat paling depresi dalam hidup gue, saat gue jatuh banget. Itu akan digunakan Tuhan untuk sebuah film layar lebar," jelas Daniel Mananta pada Liputan6.com.

3. Ananda Omesh.

host terkena masalah pita suara © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@omeshomesh

Presenter Ananda Omesh harus vakum dari dunia hiburan beberapa bulan untuk memulihkan kondisi pita suaranya. Hal tersebut membuat sang sahabat, Andre Taulany penasaran dan menanyakan penyebabnya.

"Kita akan ngobrol tentang Omesh. Kenapa suara dia menghilang, sampai sekitar berapa bulan tidak aktif di dunia entertain. Ceritain dong Mesh, kenapa bisa suara lu hilang. Padahal lu bukan vokalis," tanya Andre Taulany, dalam tayangan saluran YouTube-nya.

Ananda Omesh menjawab pertanyaan Andre Taulany bahwa dirinya divonis menderita vocal abuse pada pita suaranya. Vocal abuse adalah kelumpuhan pita suara, di mana gangguan ini bisa mempengaruhi sistem pernapasan. 

"Ini namanya vocal abuse. Jadi, disiksa suaranya. Kalau dalam istilah kedokteran elite vocal user. Itu adalah tingkatan tertinggi pengguna suara seperti host, artis, guru dan penyanyi. Pokoknya yang sering ngomong,” kata Ananda Omesh.

4. Rachael Ray.

host terkena masalah pita suara © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@rachaelray

Pembawa acara sekaligus koki ini sempat kehilangan kekua kekuatan vokal khasnya meskipun operasi kecil pada bulan Juli 2009. Hal tersebut dikarenakan dirinya sedang berusaha menghilangkan kista jinak tumbuh pada salah satu pita suaranya.

Ray dijadwalkan untuk menghilangkan kista Desember 2008. Namun, ia memilih untuk mencoba terapi vokal, berharap kista akan hilang tanpa operasi. "Dokternya merasa bahwa dengan beberapa pelatihan dan terapi vokal, mereka dapat mengurangi ukuran kista dan akhirnya menghilang," kata juru bicaranya, Dougiello dikutip dari abcnews.

5. Trevor Noah.

host terkena masalah pita suara © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@trevornoah

Komedian dan host terkenal asal Afrika Utara, Trevor Noah mengabarkan via Instagramnya pada 9 November 2018 lalu, bahwa dirinya tidak bisa memandu acara The Daily Show. "Saya baru tahu dari dokter saya bahwa apa yang saya pikir hanya sakit tenggorokan ringan sebenarnya memar pada pita suara saya. Kabar baiknya adalah saya tahu tepat waktu," tulisnya.

RECOMMENDED BY EDITOR