Brilio.net - Setelah ditunda tahun lalu akibat pandemi Covid-19, Miss Universe 2020 siap digelar pada 16 Mei 2021 mendatang di Florida, Amerika Serikat. Hal yang membanggakan tentu salah satu putri terbaik Indonesia dari ajang Putri Indonesia 2020, Rr Ayu Maulida Putri siap mengikuti ajang kecantikan internasional itu.

Ayuma, sapaan akrabnya, akan bersaing dengan 72 finalis dari negara lainnya dalam karantina Miss Universe 2020 pada 6 Mei 2021 sampai malam puncak Grand Final 16 Mei 2021.

Sebagai salah satu wanita yang mewakili ajang kecantikan itu, wanita 23 tahun itu pun melakukan banyak persiapan. Salah satunya pembekalan yang akan disiapkan untuk tampil di Miss Universe 2020.

Ayuma mengaku kesulitan saat mempersiapkan perbekalan karena semua dilakukan secara online. Kendati demikian tak menyurutkan semangatnya untuk membekali diri dan siap bersaing di ajang kecantikan bergengsi tersebut.

"Persiapan terberat adalah ikut kelas online. Okelah by online, fine. Tapi somehow, kita nggak bisa merasakan chemistry dengan pelatih dan lawan bicara," ungkap Ayu seperti dikutip brilio.net dari liputan6.com.

Nantinya, di ajang Miss Universe 2020, Ayuma akan memperagakan tiga busana hasil karya desainer ternama Indonesia. Salah satunya adalah kostum nasional yang akan paling ditunggu-tunggu karena memiliki tema komodo.

Lantas seperti apa yang potret Ayuma saat mengenakan kostum Komodo? Berikut rangkumannya seperti dilansir brilio.net dari akun Instagram @dianamputri, Jumat (23/4).

1. Di ajang Miss Universe 2020, Ayuma akan memperagakan beberapa busana hasil karya desainer ternama Indonesia. Yang paling ditunggu-tunggu tentunya busana kostum nasional yang akan dikenakan wanita berusia 23 tahun itu menggunakan tema komodo.

"Kita memang sengaja memilih komodo untuk kostum nasional karena ini hewan langka dan hanya ada di Indonesia. Kita berharap kostum ini bisa membangkitkan kesadaran kita agar lebih peduli pada kelestarian alam kita sekaligus memperkenalkan keunikan Indonesia kepada dunia," terang Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani.

Fakta kostim nasional Ayu Maulida © 2021 brilio.net

foto: Instagram @dianamputri

2. Kostum rancangan desiner Diana M Putri berkolaborasi dengan Yuling Hoo and Silvy Prajogo dari Le Ciel Design itu sangat unik. Kostum tersebut memiliki detail berwarna hitam, putih, dan merah di bagian leher serta aksesori buatan berbentuk kepala komodo.

Fakta kostim nasional Ayu Maulida © 2021 brilio.net

foto: Instagram @dianamputri

3. Pada detail dari kostum tersebut menggunakan payet tiga dimensi berwarna hitam dan emas agar teksturnya menyerupai kulit komodo dan nada buntut sepanjang dua meter.

Fakta kostim nasional Ayu Maulida © 2021 brilio.net

foto: Instagram @dianamputri

4. Kostum ini juga menghadirkan aspek robotik lewat permainan lampu merah yang berkedip dan berkilauan di sekitar bahu.

Fakta kostim nasional Ayu Maulida © 2021 brilio.net

foto: Instagram @dianamputri

5. Pada kostum itu menggunakan 5.000 keping logam yang beratnya mencapai 20 kilogram. "Yang cukup berat itu buntutnya karena lumayan panjang. Kalau memakainya nggak begitu lama, sekitar 20 menit, dan aku sudah mencoba memakainya sendiri beberapa kali," pungkas Ayuma.

Fakta kostim nasional Ayu Maulida © 2021 brilio.net

foto: Instagram @dianamputri