Brilio.net - Kabar meninggalnya aktor Ng Man-tat menjadi hal yang mengejutkan dan memberikan duka mendalam bagi banyak pihak. Aktor kawakan langganan film Mandarin ini mengembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (27/2) kemarin.

Kabar ini disampaikan oleh salah satu teman dekatnya, Tenky Tin Kai-man. Sang aktor meninggal dunia pada pukul 17.16 waktu setempat, di Union Hospital, Hong Kong.

"Ia meninggalkan kita dengan tenang. Dokter meresepkan obat untuk membuatnya merasa lebih baik, dan ia mengembuskan napas terakhir saat tidur," tutur Tenky Tin Kai-Man, seperti dikutip Brilio.net pada Sabtu (27/2).

Dilansir dari Today Online, pada bulan Februari ini ia diberitakan menerima kemoterapi karena kanker liver yang diderita selama ini.

Sepanjang hayatnya, Ng Man-tat telah membintangi sejumlah film populer dan dicintai masyarakat Indonesia. Mengenang Ng Man-tat, berikut lima film terbaiknya, seperti dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (28/2).

Loading...

1. Shaolin Soccer.

5 film Ng Man-tat © Instagram

foto: Instagram/@preserveddragons

Dirilis pada tahun 2001, Shaolin Soccer jadi salah satu film Hongkong yang sukses besar. Film ini berkisah tentang seorang gelandangan yang ingin mengubah nasib dengan cara menerapkan ilmu bela diri shaolin, dan berusaha mengumpulkan saudara-saudara seperguruannya untuk menjadi pemain sepak bola. Di sini, Ng Man-tat berperan sebagai Fung si Golden Leg.

2. Shaolin Popey II: Messy Temple.

5 film Ng Man-tat © Instagram

foto: Instagram/@irsanm3

Shaolin Popey memiliki dua serial film yang keluar pada tahun 1994, yaitu Shaolin Popey dan Shaolin Popey II : Messy Temple. Dalam sekuelnya ini, film tersebut bercerita tentang Boboho dalam karakternya sebagai biksu cilik Shaolin. Karakter Ng Man-tat sebagai paman Boboho pun begitu legendaris dan diingat hingga sekarang.

3. God of Gamblers.

5 film Ng Man-tat © Instagram

foto: Instagram/@cah90anyk

Bergenre action comedy, God of Gamblers (1989) berkisah tentang Ko Chun (Chow Yun Fat) seorang penjudi ternama yang dikenal berbakat dan memenangkan beragam permainan hingga mendapat julukan Dewa Judi. Berperan sebagai Brother Shing, Ng Man-tat juga disandingkan dengan sederet aktor dan aktris seperti Andy Lau, Joey Wong, Sharla Cheung, dan masih banyak lagi.

4. A Chinese Odyssey.

5 film Ng Man-tat © Instagram

foto: Instagram/@celestialmovies

Film komedi fantasi bertajuk A Chinese Odyssey (1995) ini disutradarai oleh Jeffrey Lau. Dalam film ini, Ng Man-tat memerankan karakter Pigsy. Film ini cukup laris pada zamannya, bahkan meraih penghargaan film ke-19 dari 100 film Chinese Motion Pictures terbaik di Hong Kong Film Awards ke-24.

5. Trouble Maker.

5 film Ng Man-tat © Instagram

foto: Instagram/@vaffvancouver

Pada tahun 1995, ia juga bermain dalam film Trouble Maker bersama Steven Hao. Berperan sebagai penjaga sekolah tempat Takeshi Kaneshiro bersekolah, sifatnya yang lucu dan melankolis juga masih membekas di ingatan.

RECOMMENDED BY EDITOR