Brilio.net - Nama Rossa di industri musik sudah tidak diragukan lagi. Lagu-lagu yang dinyanyikan selalu hits. Lagu-lagunya yang hits juga sering menjadi langganan film & sinetron. Nama Rossa mulai dikenal masyarakat luas setelah merilis album pertamanya yang berjudul Nada-Nada Cinta pada tanggal 27 Januari 1996.

Baru-baru ini merilis versi Korea dari lagu populernya, Hati Yang Kau Sakiti dengan judul "Sangcheo Badeun Maeum". Ada cerita menarik di balik tembang tersebut.

Ternyata semua ini berawal saat Rossa mencoba mengcover lagunya ke bahasa Korea dan diunggah ke YouTube. Selang dua bulan, video cover tersebut sudah ditonton lebih dari dua juta kali dan mendapat respon positif dari fans dan subscribernya.

"Saya upload dan jadi viral, karena viral saya jadi 'Haduh itu kan kualitasnya bukan kualitas recording tapi kualitas isengnya saya'. Jadi saya punya responsibility menjadikan lebih baik dan proper karena di Youtube sekarang banyak yang cover, termasuk Youtuber Korea," kata Rossa seperti dilansir brilio.net dari kapanlagi.com

Loading...

Ingin tahu apa saja fakta di balik rilisnya lagu viral ini? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (15/8) yuk kita simak bersama.

1. Pelafalan yang susah.

5 Fakta Hati Yang Kau Sakiti milik Rossa versi korea istimewa

foto: Instagram/@itsrossa910

Menyanyi dalam bahasa Korea mempunyai tantangan sendiri bagi penyanyi sekelas Rossa. Pelafalannya yang berbeda dengan bahasa Indonesia membuat Rossa harus berhati-hati.

"Meskipun saya yakin orang maklum karena saya bukan orang Korea, tapi saya berusaha menjaga kata-kata yang saya ucapkan sebaik mungkin supaya terdengarnya betul secara bahasa," ujar Rossa seperti dilansir brilio.net dari kapanlagi.com

2. Awalnya direkam sambil rebahan.

5 Fakta Hati Yang Kau Sakiti milik Rossa versi korea istimewa

foto: Instagram/@itsrossa910

Rossa tak asing dengan Korea Selatan. Si cantik ini mengaku suka dengan drama korea terutama serial The World of The Married. Dia mengaku mendapat inspirasi cover lagu dengan bahasa Korea ketika berada di depan TV menonton serial tersebut.

"Saat sedang menunggu dua episode final The World of The Married, saya iseng menelepon sahabat yang tinggal di Korea, dia mengajari saya bahasa Korea sedikit demi sedikit. Jujur pas awal ngerekam lagu ini hanya di depan TV sambil rebahan ditemani roadman saya," kenang Rossa seperti dilansir brilio.net dari kapanlagi.

3. Parodi dinyanyikan Lee Min Ho.

5 Fakta Hati Yang Kau Sakiti milik Rossa versi korea istimewa

foto: Instagram/@itsrossa910

Setelah viral lagunya mendapat respons positif dari semua orang. Bahkan ada yang membuat parodi hingga meme dari lagu Hati Yang Kau Sakiti.

Salah satu parodi yang paling berkesan bagi Rossa adalah ketika lagunya "dinyanyikan" oleh Lee Min Ho. Video lagu tersebut diedit sedemikian rupa sehingga seolah-olah artis terkenal K-Pop tersebut menyanyikan lagu Rossa.

"Orang Indonesia kreatif banget. Saya respect, amat sangat positif menanggapi ini, ini adalah art dan hiburan ya," tutur penyanyi "Tegar" tersebut seperti dilansir brilio.net dari kapanlagi.

4. Waktu lama untuk rekaman.

5 Fakta Hati Yang Kau Sakiti milik Rossa versi korea istimewa

foto: Instagram/@itsrossa910

Rossa benar-benar serius dengan proyek barunya ini. Tak heran, wanita kelahiran 1978 ini membutuhkan waktu lima jam untuk take vocal.

"Tapi saat rekaman saya dibantu menjaga pronounce-nya supaya benar. Karena saya ingin menjaga setiap kata yang saya ucapkan supaya betul," tegasnya seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com

5. Akan merilis lagu original berbahasa Korea.

5 Fakta Hati Yang Kau Sakiti milik Rossa versi korea istimewa

foto: Instagram/@itsrossa910

Rossa sangat senang dengan respons warganet dan fansnya akan karya terbarunya ini. Ke depannya, Rossa mengaku akan membuat lagu original berbahasa Korea dengan menggandeng SM Entertainment.

"Semoga single saya dengan bahasa korea bersama SM Entertaiment bisa rilis tahun depan. Itu lagu original Korea," tutupnya seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com.

RECOMMENDED BY EDITOR