Brilio.net - Mulai terjun di dunia hiburan sejak 1987, nama Iis Dahlia di blantika musik Tanah Air sudah tak asing lagi. Sebagai pedangdut senior, ia merilis lebih dari 40 single lagu. Dari banyaknya karya, Iis lebih sering membawakan lagu dengan tema sedih atau patah hati.

Namun di balik karya dan penampilannya yang kerap mengundang daya tarik publik, kehidupan pribadi Iis Dahlia juga kerap menjadi sorotan. Sebelum menikah untuk kedua kalinya, Iis sempat membina rumah tangga dengan Dadang Indradjaja. Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai satu putri cantik, Salshadilla Juwita.

3 tahun menyandang status janda, Iis kembali merajut bahtera kehidupan dengan Satrio Dewandono pada November 2001 silam. Setelah 20 tahun mengarungi rumah tangga, Iis Dahlia baru berani membongkar 'rahasia besar' pada buah hatinya. Lewat kanal YouTube pribadinya, Iis Dahlia menceritakan fakta mengenai pernikahannya.

Berikut brilio.net rangkum dari YouTube ISDA Family, fakta pernikahan Iis Dahlia dan Satrio Dewandono, Sabtu (17/4)

1. Saat resepsi sudah hamil 4 bulan.

fakta pernikahan iis dahlia dan satrio © berbagai sumber foto: YouTube/ISDA Family

Saat menggelar resepsi pernikahan dengan sang suami, Satrio Dewandono pada Mei 2002 silam, rupanya pelantun lagu 'Payung Hitam' ini mengaku sudah mengandung anak bungsunya, Devano Danendra. Usia kehamilan Iis saat itu sudah menginjak 4 bulan.

"Mama sudah hamil 4 bulan. Adek (Devano) ada di perut mamah waktu nikah ini," ungkap Iis Dahlia

2. Sempat nikah siri.

fakta pernikahan iis dahlia dan satrio © berbagai sumber foto: Instagram/@isdadahlia

Kedua anak Iis Dahlia, Salshadilla dan Devano Danendra pun terkejut mendengar pengakuan sang ibunda tentang masa lalunya. Tak ingin memicu kesalahpahaman, Iis memberikan penjelasan mengenai kondisi tersebut. Diketahui, Iis dan Satrio sudah melangsungkan nikah siri.

Hal tersebut dilakukan Iis Dahlia dan Satrio Dewandono agar bisa tinggal bersama tanpa gosip yang tidak benar, meski hanya sah secara agama.

"7 bulan sebelum resepsi itu kita udah nikah. Kita tahun 2000 itu udah nikah siri, alasannya karena kita udah masing-masing sendiri. Terus takutnya pengen nginep. Biar secara agama sudah sah," terangnya menjelaskan.

3. Kebaya sempat tak cukup.

fakta pernikahan iis dahlia dan satrio © berbagai sumber foto: Instagram/@isdadahlia

Iis Dahlia juga menceritakan betapa pusing dirinya saat menggelar acara pernikahan tersebut. Selain harus menutupi perutnya yang kian membesar, kebaya yang dikenakan ibu dua anak ini juga sudah tidak muat.

"Yang ini perutnya mamah nggak kelihatan, tapi waktu malam midodareni kebayanya sampai nggak muat," tambahnya.

4. Sosok Yuni Shara berjasa di momen pernikahannya.

fakta pernikahan iis dahlia dan satrio © berbagai sumber foto: Instagram/@isdadahlia

Di balik masa lalunya, ternyata ada sosok Yuni Shara yang membantu Iis Dahlia. Iis lantas mengungkap jasa Yuni Shara yang membantunya menutupi perut buncit karena kehamilan kedua itu. Kala itu, Yuni Shara berdoa supaya kebaya yang dikenakan Iis Dahlia bisa muat.

Iis pun membeberkan cara Yuni membisikan Devano yang kala itu masih dalam kandungan. Sembari mengelus perut Iis Dahlia, Yuni Shara meminta agar sang jabang bayi bersembunyi.

"Ayo dek harus ngumpet dulu supaya kebayanya mamah muat," kata Iis Dahlia menirukan ucapan Yuni Shara pada waktu itu.

5. Saat hari pernikahan tak terlihat perut besar.

fakta pernikahan iis dahlia dan satrio © berbagai sumber foto: Instagram/@isdadahlia

Ajaibnya, perut Iis Dahlia berhasil terlihat kecil saat hari pernikahan. Hal tersebut, membuat kebaya yang semula tak muat bisa kembali digunakan Iis.

"Pas hari pernikahannya, udah deh, adiknya mingslep (sembunyi). Besok paginya, perut mama gede banget. Kata bunda Yunet, adek nurut," ujarnya.