Brilio.net - Perhelatan ajang menyanyi X Factor Indonesia musim ketiga babak grand final, akhirnya telah selesai pada Senin (18/4) malam. Pada gelaran tersebut, Alvin Jonathan berhasil menyabet gelar jawara, setelah mengalahkan lawannya 2nd Chance dan Danar Widianto. Alvin sukses memukau juri lewat lagu Ed Sheeran berjudul, Supermarket Flower dan penampilan duetnya dengan Ziva Magnolya lewat lagu Lovely, yang dipopulerkan oleh Billie Eilish & Khalid.

Sebagai juara pertama, Alvin mendapatkan sederet hadiah dengan nilai fantastis. Di antaranya, uang tunai Rp 150 juta dipotong pajak, satu unit mobil, dan yang nggak ketinggalan piala X-Factor Indonesia musim ketiga. Sederet hadiah yang diterima Alvin diserahkan langsung oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dengan hasil ini, Alvin Jonathan mengikuti jejak Fatin Shidqia yang menjadi juara X-Factor Indonesia Season 1 dan Jebe & Petty yang merupakan pemenang X-Factor Indonesia season 2.

Perjalanan Alvin yang menjadi jawara pun tak lepas dari sorotan. Tergabung di grup boy dengan mentor Bunga Citra Lestari, nggak banyak yang tahu jika Alvin sempat mengikuti ajang menyanyi, Idola Cilik saat usianya masih 12 tahun. Dalam gelaran tersebut, sayangnya Alvin belum bisa menyabet gelar juara 1 dan harus puas di urutan ketiga.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/4), berikut 5 fakta menarik Alvin Jonathan jawara X-Factor tahun 2022.

1. Sempat mengikuti audisi Idola Cilik 3.

fakta alvin jonathan juara x factor © instagram

foto: Instagram/@xfactoridofficial

Pada 2009 silam, Alvin sempat mengikuti audisi Idola Cilik 3 saat berusia 12 tahun. Pada ajang pencarian bakat menyanyi tersebut, Alvin berhasil menjadi juara ketiga, dikalahkan oleh Lintar yang menjadi juara pertama.