Brilio.net - Pandemi Covid-19 ini memberi keresahan bagi semua orang, termasuk para orang tua yang memiliki anak kecil. Apalagi lonjakan kasus ini juga terjadi pada anak-anak. Tak heran bila banyak orang tua yang merasa khawatir dengan kondisi anak mereka.

Rupanya hal itu juga dirasakan oleh pasangan selebriti Raisa Andriana dan Hamish Daud. Raisa mengungkapkan bahwa ia khawatir dengan kabar banyaknya anak kecil yang terpapar virus corona, apalagi ia memiliki anak kecil, Zalina Raine Wyllie yang masih berusiah 2,5 tahun.

Namun ia beruntung, sang anak belum banyak berinteraksi dengan orang lain. Sehingga saat munculnya pandemi dan mengharuskan untuk di rumah saja, hal itu tidak membuat anaknya merasa bingung.

“Masih central di kehidupannya itu ya orang tuanya, jadi kita memaksimalkan,” ujar Pelantun lagu Serba Salah itu dalam acara konferensi pers MediaTalk Hari Anak Nasional: Healty Kids Healty Family, baru-baru ini.

Dengan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, Raisa pun mengatakan bahwa ini momen yang tepat untuk dirinya lebih banyak menghabiskan waktu bersama anaknya. Namun hal itu tentu banyak sekali tantangan yang dihadapi, apalagi anak-anak gampang merasa bosan bila melakukan hal-hal yang terus berulang.

“Jadi selama pandemi aku punya hobi baru. Hobinya anak, jadi aku cari kegiatan sama anak apapun itu,” tambahnya.

Oleh sebab itu, wanita 31 tahun itu pun selalu melakukan berbagai cara untuk menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak tak bosan selama di rumah.

Apa saja yah kira-kira? Berikut rangkumannya, Minggu (25/7).

1. Membuat prakarya.

Cara Raisa Andriana ciptakan suasana menyenangkan di rumah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@raisa6690

Raisa merupakan salah satu selebriti yang mengurus anak tanpa bantuan baby sitter. Saat momen seperti ini yang mengharuskan ia di rumah saja, kebersamaan dengan anak hal yang menyenangkan. Ia banyak melakukan aktivitas bareng anak seperti membuat prakarya.

“Jadi benar-benar cari kegiatan kayak DIY, atau 'lakukan sendiri', bikin playdoh sendiri, atau bikin apa aja yang bisa dilakukan sama anak,” ucapnya.

2. Masak bareng anak.

Cara Raisa Andriana ciptakan suasana menyenangkan di rumah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@raisa6690

Memiliki anak perempuan memang menyenangkan karena bisa dilibatkan dengan kegiatan apapun. Salah satunya adalah memasak. Hamis bercerita bahwa saat ini anaknya sudah bisa membuat sarapannya sendiri.

“Kemarin Zalina bikin breakfast-nya dia sendiri, bikin pancake, kita sarapan sama-sama, dia pilih buah-buahan yang dia suka, stroberi, bluberi, dan maple sirup,” tutur Hamish.

Menyambung cerita Hamish, menurut Raisa sebagai orang tua jangan pernah membatasi kegiatan anak untuk bereksplorasi. Karena ini momen yang tepat untuk mereka mengembangkan kreativitas.

“Buat para orang tua jangan pernah takut rumah kotor karena anak eksplorasi banyak permainan. Karena kalau misalnya kita berpikir, wah entar (rumah) ini kotor. Kalau masak-masak entar ini kotor, jadi kita nggak bisa ngapa-ngapain. Main kotor-kotor itu paling seru justru,” tambah Raisa.

3. Gelar mini konser di rumah.

Cara Raisa Andriana ciptakan suasana menyenangkan di rumah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@raisa6690

Raisa menceritakan bahwa belakangan ini sang anak tengah menyukai membaca buku. Sebagai orang tua, ia pun memberikan beberapa buku cerita dongeng dari Disney yakni Rapunzel.

Menariknya, tak membacakan cerita biasa ia pun menggunakan teknik mendongeng. Ia juga menyanyikan lagu-lagu bertema princess di depan anak. Saking semangat, ia nyanyi pakai mikrofon dan serius memperhatikan teknik vokal.

“Hobi aku tuh nyanyi. Jadinya aku kalau nyanyi lagu-lagu princess serius banget nyanyinya. Kalau aku bacain buku dia tuh kaya lagi show. Pokoknya hobiku menyanyi itu terbayar di sini,” tutur Raisa.

Hamish Daud membenarkan. Sebagai suami dan ayah, dia hanya terlibat sebagai tim penghibur agar suasana "show" semakin menyenangkan.

"Itu jadi show di rumah kita setiap hari. Jadi Zalina punya mikrofon sendiri dan dia suka pakai baju princess-nya. Si Yaya kan sudah hapal lagu-lagu princess, aku sebagai penonton yang bikin heboh aja, tepuk tangan," terang Hamish.

4. Melibatkan kegiatan orang tua ke anak.

Cara Raisa Andriana ciptakan suasana menyenangkan di rumah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@raisa6690

Hal yang tak kalah penting adalah dengan melibatkan kegiatan orang kepada anak. Salah satu yang dilakukan Hamish adalah, saat ia cek ombak ke pantai ia selalu mengajak Zalina. Saat melihat suasana pantai, sang anak bisa sambil bermain pasir.

“Jadi dari rumah kita bawa perlengkapan mainan Zalina ke pantai. Nanti di sana dia buat castle dari pasir. Terus juga setiap pagi dia bantuin aku manasin mobil,” ucapnya.

5. Jogging bareng anak.

Cara Raisa Andriana ciptakan suasana menyenangkan di rumah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@raisa6690

Saat ini, pasangan yang menikah pada 2017 lalu itu tengah menetap di kediamannya di Bali. Hampir setiap pagi, mereka juga kerap mengajak Zalina untuk olahraga pagi.

Kadang juga suka jogging atau ke park tapi cari yang sepi. Atau melakukan kegiatan di alam untuk melatih sensorik juga,” pungkas Raisa.