Brilio.net - Banyak anak banyak rezeki. Istilah itu kerap didengungkan bagi mereka yang ingin punya banyak anak. Bagus sih, tapi kalau kebanyakan anak juga bakal repot. Makanya banyak istri yang kemudian menjalani proram Keluarga Berencana (KB).

Tapi menjalani KB kadang masih bisa kebobolan, sehingga banyak direkomendasikan menjalani vasektomi atau tubektomi. Vasektomi menjadi cara dan bukti jika masalah kehamilan bukan hanya urusan sang istri.

Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan memotong saluran sperma yang membawa sperma dari testis ke penis hingga tidak ada sperma yang keluar bersama air mani saat ejakulasi. Sementara tubektomi adalah pemotongan saluran indung telur (tuba fallopi) sehingga sel telur tidak bisa memasuki rahim untuk dibuahi.

Vasektomi dan tubektomi ini bersifat permanen. Tapi banyak pria tak mau menjalani vasektomi karena beranggapan akan berpengaruh terhadap stamina saat berhubungan seksual.

Beberapa artis ternyata juga dengan berani menjalani vasektomi dan tubektomi. Berikut 5 artis yang menjalani vasektomi atau tubektomi seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (19/2).

1. Anang Hermansyah.

artis vasektomi tubektomi © 2017 istimewa

foto: kapanlagi.com

Sejak beberapa hari lalu, Anang kerap menjadi bahan pemberitaan media karena santer kabar ia akan menjalani vasektomi. Vasektomi ini merupakan permintaan sang istri, Ashanty karena merasa sudah cukup mempunyai empat anak. Apalagi usia Anang saat ini sudah tak muda lagi.

Meski awalnya menolak karena masih ingin punya anak lagi, tapi kabarnya dalam waktu dekat Anang akan menjalani vasektomi di Singapura.


2. Limbad.

artis vasektomi tubektomi © 2017 istimewa

foto: kapanlagi.com

Limbad juga telah melakukan vasektomi. Ia melakukan pemotongan saluran sperma itu setelah istri sirinya, Benazir, hamil 3 minggu. Saat itu, Limbad mengakui telah melakukan vasektomi untuk menepis anggapan Susi, istri pertama Limbad, yang meragukan Benazir hamil anak kandung Limbad. Karena menurut pengetahuan Susi, Limbad sudah melakukan vasektomi.


3. Kelly Clarkson dan Brandon Blackstock.

artis vasektomi tubektomi © 2017 istimewa

foto: nationalpost.com

Pasangan Kelly Clarkson dan Brandon Blackstock mengakui sudah cukup mempunyai dua anak. Kelly Clarkson kemudian meminta sang suami untuk melakukan vasektomi setelah kehamilan keduanya. Agar fair, Kelly Clarkson juga melakukan tubektomi.

Hal ini dilakukan karena kesulitan yang ia alami pada dua masa kehamilannya sehingga memutuskan untuk cukup dan tak mau punya anak lagi.

"Jika pada akhirnya aku hamil lagi, maka kehamilanku adalah keajaiban Tuhan," ungkap perempuan 25 tahun saat itu.


4. Shanaz Haque.

artis vasektomi tubektomi © 2017 istimewa

foto: kapanlagi.com

Pada 2006 lalu, Shanaz Haque, menjalani dua operasi besar. Selain menjalani operasi caesar untuk kelahiran anak ketiganya, ia juga melakukan operasi tubektomi alias pemotongan saluran indung telur. Shanaz Haque bersama Gilang Ramadhan merasa cukup memiliki tiga anak.

Shanaz Haque bersama Gilang Ramadhan mempunyai tiga anak yang semuanya perempuan. Ia melahirkan putri pertama pada 2002 melalui operasi caesar. Selang enam minggu, ia kembali hamil anak kedua yang dilahirkan pada 2003. Selang dua tahun, ia hamil anak ketiga yang lahir pada 1 Januari 2006.


5. Gordon Ramsay.

artis vasektomi tubektomi © 2017 istimewa

foto: thedailymeal.com

Chef terkenal yang juga artis ini kabarnya juga telah melakukan vasektomi. Hal ini terungkap dari pernyataan Sarah Symonds, mantan istrinya pada pertengahan 2016 lalu. Sarah Symonds mengungkapkan hal itu karena merasa tak percaya dengan pernyataan istri baru Gordon Ramsay, Tana Ramsay, yang mengaku hamil dan telah keguguran.