Brilio.net - Dalam seni peran, banyak aktor berlomba-lomba dalam mendapatkan peran utama. Selain sering muncul, nama mereka juga akan semakin dikenal publik. Namun dalam beberapa cerita, banyak seleb justru terkenal bukan lewat perannya sebagai tokoh utama, melainkan peran pendukung.

Memang selain tokoh utama ada juga peran pendukung yang turut melengkapi dan mewarnai sebuah cerita dalam sinetron ataupun film. Meskipun yang sering menjadi perhatian adalah tokoh antagonis dan protagonis, bukan hal baru jika sebuah kisah akan menarik dengan adanya peran pembantu di dalamnya.

Bisa saja peran pembantu menjadi sahabat dari tokoh utama, orangtua, anak, teman bahkan menjadi peran asisten rumah tangga (ART). Karena kemampuan mereka dalam memerankan ART, akhirnya sosok pembantu pun, melekat dan ikonik pada dirinya. Nah, dalam sebuah sinetron yang kerap tayang di layar kaca, banyak aktor yang menjadi langganan peran asisten rumah tangga loh. Siapa saja mereka?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, aktor-aktor ini langganan peran asisten rumah tangga, Kamis (13/2).

Loading...
2 dari 3 halaman


1. Yadi Timo.

foto: Instagram/@bgenk_tambeh

Nama Yadi Timo tak asing di telinga publik. Ia merupakan aktor sinetron senior Tanah Air yang kerap memerankan karakter ART yang menyebalkan, jahat dan judes.

Dalam film Petualangan Sherina, Yadi Timo juga menjadi tokoh jahat yang menculik Sherina dan Shadam saat menjelajah hutan. Pria 60 tahun ini rupanya juga masih aktif tampil di layar kaca. Pemirsa Indonesia juga hafal jika Yadi Timo sering mamainkan peran sebagai orang dengan ekonomi sulit namun tetap berperilaku antagonis.

2. Ence Bagus.

foto: Instagram/@encebagus_

Ence Bagus sering terlihat memerankan pembantu dalam beberapa judul sinetron. Bisa dibilang Ence Bagus merupakan aktor pendukung yang telah membintangi puluhan judul film dan sinetron. Ia mulai dikenal publik lewat acara komedi Extravaganza.

Selain berperan sebagai pembantu rumah tangga, ia juga pernah berperan sebagai penjual mi ayam keliling, polisi, satpam, wartawan, dan banyak lainnya. Bahkan peran-peran itu mengantarkan dirinya menjadi nominasi aktor pendukung terbaik Piala Citra.

3. Yusuf Surya.

foto: Instagram/@yusuf_jaka

Nah kalau aktor yang satu ini dikenal dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos. Nama Yusuf Surya kian melambung berkat perannya jadi ART di sinetron Flamboyan 108 pada tahun 1995. Dua tahun berikutnya ia kembali memerankan tokoh pembantu rumah tangga di sinetron Jinny Oh Jinny yang rilis pada 1997.

Sinetron Jinny Oh Jinny sukses bertahan hingga awal 2000-an. Dalam sinetron tersebut, Yusuf Surya dikenal memerankan tokoh Jaka atau Jack.

3 dari 3 halaman


4. Asrul Dahlan.

foto: Instagram/@ruldahlan

Artis berdarah Batak ini kerap mewarnai sinetron Tanah Air. Kemampuan akting Asrul Dahlan atau dikenal dengan Bang Asrul memang tak diragukan lagi, ia merupakan aktor yang serba bisa. Meskipun tak menjadi peran utama, kualitas aktingnya selalu mencuri perhatian. Bahkan sejumlah penghargaan telah dikantonginya, salah satunya Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik 2010.

5. Sunardi.

foto: Instagram/@encebagus_


Terakhir ada aktor Sunardi atau Nardirey. Ia juga merupakan sosok yang kerap berperan sebagai pembantu rumah tangga loh. Sunardi juga kerap berakting dengan Encep Bagus sebagai peran pendukung di beberapa sinetron. Hingga kini selain peran pembantu ia juga beberapa kali berperan sebagai ustaz, supir taksi, hingga satpam.


RECOMMENDED BY EDITOR