Brilio.net - Umat muslim memiliki kewajiban untuk memenuhi lima Rukun Iman yang menjadi syariat agamanya. Salah satu hal yang masuk dalam Rukun Iman adalah menunaikan haji ke Tanah Suci. Keinginan mendatangi rumah Allah dan memenuhi panggilan-Nya ini begitu didambakan oleh setiap muslim.

Keinginan menunaikan ibadah di rumah Allah pun diinginkan oleh deretan selebriti Tanah Air. Mereka pun telah mempersiapkan semuanya secara matang untuk bisa merealisasikan harapannya. Namun demikian, keinginan mereka harus tertunda lantaran beberapa alasan.

Deretan selebriti ini mengakui bahwa dirinya pernah batal melakukan ibadah haji ke Tanah Suci. Berikut 5 seleb yang pernah batal berhaji karena beberapa alasan, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (29/8).


1. Fadlan dan Lyra Virna.

seleb batal haji © 2017 brilio.net

foto: kapanlagi


Beberapa bulan lalu, Fadlan harus kecewa lantaran ia gagal beribadah haji bersama istri pada tahun 2017 . Fadlan dan Lyra sendiri telah menyetorkan uang hingga Rp 150 juta untuk biaya haji. Akan tetapi, pihak jasa travel umrah yang mereka pakai justru bermasalah karena menipu. Mereka pun melaporkan travel pada pihak berwajib.


2. Zaskia Adya Mecca.

seleb batal haji © 2017 brilio.net

foto: instagram.com/@zaskiadyamecca


Zaskia Adya Mecca mengaku gagal berangkat memenuhi panggilan Tuhan untuk bertandang ke Tanah Suci, Mekkah. Beberapa waktu lalu, Zaskia mengantar saudaranya, Tasya Nur Medina dan Ferdy Ardiansyah ke bandara untuk berangkat haji. Momen tersebut diabadikan istri dari sutradara Hanung pada akun Instagramnya. Ia menceritakan betapa perasaannya campur aduk ketika mengantar sang kakak.

 

Rencana Allah emang kita ga pernah tau .. rasanya awal tahun ini saya dan @taniaraymina yang sibuk memilih travel buat kita berangkat haji .. siapin semua data dan niat semuanya .. kak @tasyanurmedina mah santai2 aja .. sampai bbrp bulan lalu bang ferry bilang "tasya kita alhamdulillah kayanya berangkat haji tahun ini" padahal kak tasya setiap saya dan tania ngomongin soal haji dia diem aja kaya belum mau buru2.. sampai siang ini, kita semua nganterin kak tasya ke airport , ka tasya masi dlm situasi bingung ga nyangka bisa berangkat tahun ini .. ga ada planning haji sama sekali pdhl dari awal tahun .. sedangkan saya melepas kak tasya berangkat juga dengan perasan campur aduk nahan nangis .. dan menyadari banget kalo haji memang bener2 undangan dari Allah , belom tentu kita siap mental, siap materi bisa langsung berangkat kapan pun kita mau .. tapi kak tasya beruntung banget tiba2 diundang sama Allah bisa berangkat tahun ini ... bismillah ya kak semoga lancar semuanya, semoga ia bisa segera nyusul haji tahun depan Aamiiiinnn ..

Sebuah kiriman dibagikan oleh Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca) pada

"Rencana Allah emang kita ga pernah tau .. rasanya awal tahun ini saya dan @taniaraymina yang sibuk memilih travel buat kita berangkat haji .. siapin semua data dan niat semuanya .. kak @tasyanurmedina mah santai2 aja .. sampai bbrp bulan lalu bang ferry bilang "tasya kita alhamdulillah kayanya berangkat haji tahun ini" padahal kak tasya setiap saya dan tania ngomongin soal haji dia diem aja kaya belum mau buru2.. sampai siang ini, kita semua nganterin kak tasya ke airport , ka tasya masi dlm situasi bingung ga nyangka bisa berangkat tahun ini .. ga ada planning haji sama sekali pdhl dari awal tahun .. sedangkan saya melepas kak tasya berangkat juga dengan perasan campur aduk nahan nangis .. dan menyadari banget kalo haji memang bener2 undangan dari Allah , belom tentu kita siap mental, siap materi bisa langsung berangkat kapan pun kita mau .. tapi kak tasya beruntung banget tiba2 diundang sama Allah bisa berangkat tahun ini ... bismillah ya kak semoga lancar semuanya, semoga ia bisa segera nyusul haji tahun depan Aamiiiinnn ..," tulis Zaskia.


3. Orangtua Ayu Ting Ting.

seleb batal haji © 2017 brilio.net

foto: instagram.com/@mom_ayting92_


Pada tahun 2012 silam, orangtua dari Ayu Ting Ting gagal menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Padahal, Razak dan Umi telah mendapat pesan bahwa keduanya siap untuk diberangkatkan ke Tanah Suci. Namun menurut panitia haji, ternyata nama keduanya tidak terdaftar menjadi calon jamaah haji.

Orangtua Ayu Ting Ting pun merasa kecewa lantaran batal naik haji, merasa tertipu padahal telah menyetorkan sejumlah uang. Tindak lanjut dari kasus tersebut pun selesai dengan permohonan maaf dari pihak travel dan pengembalian uang. Kedua orang tua pelantun 'Sambalado' itu pun telah menunaikan ibadah haji pada setahun kemudian.


4. Nikita Mirzani.

seleb batal haji © 2017 brilio.net

foto: instagram.com/@nikitamirzanimawardi_17


Nikita Mirzani telah memiliki niatan untuk kembali ke Tanah Suci. Bukan untuk umrah saja, Nikita ingin menunaikan ibadah haji. Keinginannya tersebut telah mantap dilakukannya tahun 2017. Akan tetapi, pemain film Warkop DKI Reborn ini mengaku belum mendapat kuota pada tahun ini.