Brilio.net - Beberapa waktu lalu BTS atau juga dikenal dengan nama Bangtan Boys sempat memenuhi timeline media sosial. Jadi salah satu grup idola Korea Selatan dengan jutaan fans, BTS memang sering menghebohkan publik berkat aksi dan prestasinya.

Grup idola yang terdiri dari Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, Taehyung dan Jungkook ini sering menguasai tangga lagu di Korea dan internasional. Berbagai penghargaan musik pun sudah banyak mereka raih dalam beberapa tahun terakhir.

Kesuksesan grup idola yang mulai debut pada 13 Juni 2013 ini bukan hanya karena bakat bermusik dan paras rupawan. Kepedulian BTS terhadap sesama juga jadi faktor utama yang membuatnya diidolakan banyak orang.

Grup idola yang dipilih majalah Time sebagai salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di internet ini memang dikenal kerap melakukan kegiatan filantropi. Biasanya berbagai aksi kebaikan yang dilakukan BTS memiliki dampak bagi anak muda dan bumi.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (25/6), berikut empat aksi kebaikan BTS yang punya dampak luar biasa bagi banyak orang dan bumi.

1. Luncurkan Love Myself Campaign.

Hyundai2 istimewa

foto: love-myself.org

Kampanye yang dimulai pada 2017 ini bertujuan untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Lewat kampanye Love Myself, BTS mendorong kaum muda di berbagai penjuru dunia untuk mencintai diri sendiri dan menyebarkan cinta itu kepada orang-orang di sekitar.

Keseriusan untuk kampanye ini ditunjukkan BTS dengan menjadi penyumbang dan donatur. Hal ini bahkan menggerakkan para penggemar BTS (ARMY), untuk ikut menyumbang dan menjadi sukarelawan di berbagai tempat atas nama BTS.

Kerennya, BTS meraih penghargaan UNICEF Inspire Award 2020 untuk kampanye Love Myself dalam kategori Integrated Campaigns and Events. Penghargaan ini diberikan UNICEF pada kampanye yang memiliki pengaruh paling besar di berbagai negara di seluruh dunia selama setahun terakhir.

2. BTS donasikan USD 1 juta untuk kru live entertainment selama pandemi.

Hyundai2 istimewa

foto: Instagram/@bts.bighitofficial

Jadi salah satu grup idola papan atas, tak lantas membuat BTS melupakan orang-orang yang berjasa untuk kariernya. Seperti para kru konser yang turut menyukseskan setiap performa mereka di atas panggung.

Untuk itu, BTS dan agensi yang menaunginya, Big Hit Entertainment berdonasi sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp 14,4 miliar kepada penggalangan dana Crew Nation oleh Live Nation. Donasi untuk para kru konser ini diberikan BTS dan agensinya karena keprihatinan atas dampak pandemi Covid-19.

Selain itu, donasi yang diberikan pada Juni 2020 ini juga merupakan bentuk apresiasi BTS untuk para kru konser yang telah membantu kesuksesan acara mereka di berbagai negara.

3. Kampanye We Won't Wait BTS X Hyundai demi bumi.

Hyundai2 istimewa

foto: hyundai.com

Nggak cuma terhadap sesama, BTS juga peduli akan keberlangsungan bumi dengan menjaga kelestarian alam. Terbaru, BTS berkolaborasi dengan Hyundai dalam kampanye We Won't Wait untuk memperingati Hari Bumi 2021 pada 22 April lalu.

Lewat kampanye ini, BTS dan Hyundai ingin meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya praktik hidup berkelanjutan. Kolaborasi ini juga mengajak kamu untuk segera melakukan perubahan demi bumi yang lebih baik.

BTS dan Hyundai percaya perubahan tidak bisa terwujud begitu saja, tetapi harus mulai diciptakan dari diri sendiri. Sesuai dengan judulnya, kampanye ini juga menekankan bahwa perubahan tidak boleh ditunda.

Jaga kelestarian alam dengan langkah kecil seperti mengurangi sampah plastik, menggunakan reusable bag, mendaur ulang sampah dan banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan aksi kecil selamatkan bumi dengan ikut berpartisipasi dalam kampanye Hyundai x BTS.

Menariknya, nggak cuma menjaga kelestarian alam, kamu juga bisa mendapatkan merchandise menarik Hyundai x BTS dengan mengikuti kampanye ini. Untuk informasi lebih lengkap tentang aksi menyelamatkan bumi ini bisa kamu dapatkan di sini.

4. Lelang mikrofon USD 83 ribu untuk MusiCares.

Hyundai2 istimewa

foto: Instagram/@bts.bighitofficial

BTS melelang mikrofon yang pernah mereka gunakan saat konser tur 'BTS World Tour Love Yourself: Speak Yourself' pada awal 2020 lalu. Kerennya, tujuh mikrofon silver yang sudah ditanda tangani itu berhasil terjual total USD 83,200 atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Mikrofon yang dilelang di acara pre-Grammy Awards MusiCares Person of the Year itu terjual delapan kali lebih banyak dari harga awal yang ditawarkan. Julien's Auction selaku badan lelang mengungkapkan, mikrofon bekas pakai BTS itu diperkirakan laku antara USD 10 ribu dan USD 20 ribu (Rp 144 jutaan - Rp 288 jutaan) saja.

Hasil lelang ini akan disumbangkan untuk pendanaan program Recording Academy's MusiCares. Untuk diketahui, program yang peduli kesejahteraan komunitas musik ini menyediakan fasilitas kesehatan, finansial dan rehabilitasi bagi para musisi maupun pelaku industri musik.