Brilio.net - Alergi anak sering diremehkan orangtua. Kebanyakan menganggap alergi hanya berakibat kulit memerah dan hidung bersin saja. Padahal, alergi bisa sangat berbahaya, Mom. Jika parah, saluran pernapasan bisa terhambat karena pembengkakan yang membuat si kecil susah bernapas.

Apa sih alergi itu, Mom? Gejala alergi adalah reaksi berlebihan sistem imun tubuh dalam menghadapi alergen. Zat antibodi bernama immunoglobulin E akan menstimulasi tubuh untuk menghasilkan zat histamin yang memicu reaksi alergi seperti hidung tersumbat, kulit memerah, dan pembengkakan di saluran pernapasan.

Serangan alergi ternyata menjadi pelajaran keras bagi seleb cantik Ayu Dewi. Dia mengaku sempat punya pengalaman tidak enak saat anaknya mengalami alergi.

"Jadi kalo alerginya kambuh, terutama Aqlan, dia nyesek," tulisnya dalam Instagram Story tentang alergi anak kedua.

Ayu menambahkan bahwa alergi anaknya kemungkinan besar menurun dari orangtua. "Risiko terjadinya alergi pada anak karena faktor keturunan (hereditary) ini bisa sampai 80% loh,” ujarnya.

Loading...

Pengalaman Ayu Dewi menunjukkan alergi tak bisa dianggap remeh. Alergi pada anak harus menjadi perhatian utama bagi orangtua di mana pun.

Ayu Dewi mempunyai tiga anak yang harus diperhatikan kesehatannya, terutama masalah alergi. Sebagai orangtua, pemain film Trinity Traveler ini berusaha keras melindungi anaknya dari alergi.

Seperti apa curhatan istri Regi Datau itu yang cemas kedua anaknya mengalami alergi? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (9/3), yuk kita dengar bersama-sama, Mom.

1. Dua anaknya mengalami alergi makanan tertentu.

3 Curhat Ayu Dewi cemas anak punya alergi, lega kini bisa dicegah berbagai sumber

foto: Instagram/@mrsayudewi

Dua anak Ayu Dewi, Aqilah Dewi Humairah dan Mohamad Aqlan Akasah Datau ternyata memiliki alergi makanan yang berbeda. Si anak sulung, Aqilah alergi berbagai makanan manis seperti cokelat dan permen. Sedangkan anak keduanya, Aqlan alergi makanan laut seperti udang, gurita, lobster, dan kepiting.

"Ibunya fening (pening) sekali," keluh seleb yang juga presenter ini, mengisahkan alergi kedua buah hatinya.

2. Dampak alergi si kecil bikin Ayu Dewi sedih.

3 Curhat Ayu Dewi cemas anak punya alergi, lega kini bisa dicegah berbagai sumber

foto: shutterstock.com

"Jujur, aku jadi ekstra takutnya," kata Ayu Dewi.

Menurutnya, reaksi alergi kedua anaknya tersebut jika kambuh bisa sangat berbahaya karena ada penyumbatan di saluran pernapasan. Kedua anaknya bisa sesak napas dan membutuhkan pertolongan segera. Ayu Dewi mengaku kewalahan jika salah satu anaknya mengalami alergi.

"Mana kalau mau ke RS ramai, takut ya sekarang," kata Ayu Dewi sambil mengelus dada.

3. Khawatir jika anaknya yang ketiga akan mempunyai alergi.

3 Curhat Ayu Dewi cemas anak punya alergi, lega kini bisa dicegah berbagai sumber

foto: Instagram/@mrsayudewi

Melihat kedua anaknya mengalami alergi, Ayu Dewi khawatir anak ketiganya akan mengalami hal serupa. Namun kini Ayu Dewi lega ketika mengetahui alergi dapat dicegah. Langkah awal untuk #CegahAlergiSekarang adalah dengan mencari tahu besar risiko anaknya, yaitu menggunakan Allergy Risk Screener by Nutriclub. Alat ini membantu orangtua mengetahui besarnya risiko alergi yang dimiliki anak berdasarkan riwayat alergi keluarga. Hasil yang didapat nanti bisa menjadi data penting bagi dokter untuk penanganan selanjutnya. Dengan begitu, alergi anak dapat dicegah sedini mungkin.

Cara menggunakan Allergy Risk Screener by Nutriclub juga cukup mudah. Hasilnya pun terpercaya. Pertama, mom hanya perlu menjawab tiga pertanyaan. Setelah itu, mom akan mendapatkan hasil yang disusun khusus atau 'personalized' untuk si kecil. Hanya butuh 3 menit, yuk mom #CegahAlergiSekarang pada anak dengan mencoba Allergy Risk Screener by Nutriclub. Jangan lupa bawa hasilnya untuk dikonsultasikan ke dokter anak ya mom sehingga dapat mengetahui tindakan pencegahan alergi yang tepat.

RECOMMENDED BY EDITOR