Brilio.net - Mempunyai buah hati tentu juga diimbangi dengan cara mendidik yang tepat. Sebab, tanpa disadari, cara mendidik yang tepat juga mempengaruhi kognisi dan perkembangan buah hati untuk masa depan.

Hal ini pula yang rupanya menjadi fokus Daniel Mananta dan sang istri, Viola Maria. Kendati ia merupakan sosok artis yang jarang mengumbar kehidupan pribadinya, namun baru-baru ini Daniel tak segan membagikan parenting kedua buah hatinya. Hal tersebut tampak ketika Boy William mengunjungi kediamannya.

Pernikahannya dengan Viola Maria tahun 2011 kini menghasilkan dua anak, yakni Mila Mananta dan Noam Mananta. Dua buah hatinya itu sudah dilatih untuk mengelola keuangan mereka sendiri. Bahkan, sudah dilatih bekerja untuk mendapatkan uang sejak dini.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari YouTube Boy William, Selasa (24/11), parenting Daniel Mananta dan Viola Maria untuk kedua buah hatinya.

1. Ajarkan menabung.

Loading...

cara didik buah hati daniel mananta © YouTube

foto: YouTube/Boy William

Daniel menjelaskan, setiap buah hatinya memiliki tiga tabungan dalam stoples dengan tujuan penggunaan berbeda-beda.

Stoples pertama berisi uang yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan yang mereka inginkan. Stoples kedua berisi uang yang disisihkan sebagai tabungan. Sedangkan pada stoples ketiga untuk kebutuhan memberi kepada orang yang membutuhkan.

"Emang harus dari kecil sih mereka harus dibiasain kayak gitu sih," ungkap Daniel Mananta.

2. Ajarkan cara mendapatkan uang.

cara didik buah hati daniel mananta © YouTube

foto: YouTube/Boy William

Daniel beserta istrinya tidak akan memberikan uang secara cuma-cuma kepada kedua buah hatinya. Ia selalu membiasakan anak-anaknya berusaha terlebih dahulu sebelum memperoleh uang. Usaha yang dilakukan oleh buah hatinya yaitu bekerja membantu kedua orang tuanya.

Jika pekerjaan tersebut berhasil mereka kerjakan, maka mereka akan mendapatkan uang sesuai dengan umur mereka.

"Ada 3 kerjaan yang harus mereka lakuin. Kalau misalnya mereka ngelakuin ketiga-tiganya ini, mereka akan dapet uang sesuai umur mereka. Let's say kalau misalkan si Noam umur 4 tahun, dia dapet 40 ribu. Mila sekarang umur 8 tahun, dia dapet 80 ribu, gitu. Kalau misalnya mereka nggak kerja, ya mereka nggak dapet duit," tutur mantan host Indonesian Idol ini.

3. Pekerjaan yang dilakukan buah hati.

cara didik buah hati daniel mananta © YouTube

foto: YouTube/Boy William

Lebih lanjut Daniel menjelaskan, pekerjaan yang dilakukan oleh kedua buah hatinya tersebut telah tertulis di label kertas yang dipasang di dinding kamarnya. Pada tabel yang tertulis, terbagi dari lima kolom dari minggu pertama hingga minggu terakhir.

Tentu, pekerjaan yang diberikan Daniel dan istri disesuaikan dengan usia dan kemampuan sang buah hati. Seperti membantu membuat pancake untuk Mila dan mencuci motor vespa mama untuk Noam.

"Bikin pancake, kalau nggak bersihin vespanya mama," tutup Daniel Mananta.

RECOMMENDED BY EDITOR