Brilio.net - Banyak cara orang berusaha mengelola keuangan. Mulai dari menabung sebagian pendapatan setiap bulan hingga menghemat pengeluaran. Hasil dari pengelolaan tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Salah satu seleb dengan trik mengelola keuangan yang bisa kamu tiru adalah bintang sinetron Adrian Maulana. Seperti apa? Berikut ulasannya dikutip dari akun Instagram @adrianmaulana, Kamis (27/6).

1. Makanan murah dan sehat.

cara adrian maulana mengelola uang  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@adrianmaulana

Loading...

Dirinya mengunggah foto gado-gado harga Rp 15.000, yang digunakannya sebagai menu makan siang di kantor. Meskipun sesekali makan siang dengan menu salad seharga Rp 50.000, Adrian mengaku lebih sering memesan gado-gado.

"Ini makan siang saya sehari-hari di kantor, teman2. Gado2 15rb.

Ada juga lha sesekali makan salad yg 50rb an. Tapi lebih sering makan gado2 dg bumbu kacang dipisah. Sehat & hemat," kata kontestan Abang None tahun 1997 itu.

2. Mengurangi kopi.

cara adrian maulana mengelola uang  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@adrianmaulana

Tak hanya gado-gado, Adrian pun menghemat dengan mengurangi konsumsi kopi tiap harinya. "Insya Allah, mampu kok beli makan siang ratusan ribu juga. Tapi kebayang ngga sih, teman2. 50 rb yg sy bisa hemat dari makan siang saya, 35-40 rb yg saya hemat dari 1 cup kopi (yg sebelumnya saya minum 2-3 cangkir/hari beli di coffee shop)," lanjut Adrian Maulana.

3. Menggunakan jasa transportasi umum.

cara adrian maulana mengelola uang  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@adrianmaulana

Gaya hidup hemat Adrian juga didukung dengan cara dirinya menghemat pengeluaran dari transportasi. Ia lebih memilih naik MRT atau bus dari pada taksi.

"50rb yg saya hemat dari transport (krn sekarang tiap pulang kerja saya pilih naik MRT/bis dimana sebelumnya selalu naik mobil/taxi biru. Bensinnya, parkirnya, tolnya. Hehehe...," lanjut Adrian.

cara adrian maulana mengelola uang  © 2019 brilio.net

foto: Freepik

Setelah ditotal, hasil penghematan tersebut mengejutkan. Adrian bisa menghemat Rp 140.000 dalam sehari. Jika jumlah tersebut dikalikan satu bulan, berarti Adrian bisa menghemat Rp 2,8 juta.

"Kalo di total, dalam 1 hari setidaknya saya berhemat 140rb lho. Ada 20 hari kerja kantor, jadi dalam sebulan minimal 2,8 jt," kata Adrian Maulana.

Ia mengaku bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain. Ia pun bisa menjaga kesehatan tubuh lewat gaya hidup sehat yang ia jalankan. "bisa saya gunakan untuk hal lain yg lebih bermanfaat tanpa mengorbankan kesehatan saya, hobi ngopi saya & aktifitas lainnya. Yg saya lakukan hanya berhemat, tapi ternyata besar manfaat," terang seleb yang mantap berhijrah itu.

Ia pun mengungkapkan perbedaan gaya hidupnya dahulu dengan sekarang. Adrian ingin bisa bermanfaat bagi orang di sekitarnya. "Kalau dulu, segala yg saya lakuin buat kebaikan diri sendiri. Sekarang sedang terus belajar gimana supaya apa yang kita lakuin bisa bermanfaat buat orang lain. Mungkin kecil buat kita, tapi bisa besar artinya buat orang lain," pungkas Adrian Maulana.

RECOMMENDED BY EDITOR