Brilio.net - Terhitung kurang lebih tiga bulan lagi, Indonesia akan menggelar Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Tak jauh berbeda dari Pilpres tahun 2014 lalu, Joko Widodo kembali berjumpa dengan Prabowo Subianto untuk memperebutkan posisi orang nomor satu di Indonesia.

Joko Widodo menggandeng KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presidennya. Sedangkan Prabowo Subianto menggaet mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno sebagai pasangannya. Sebelum hari pencoblosan tiba pada 17 April 2019 mendatang, KPU mengadakan sebanyak empat kali debat antara dua pasangan calon.

Selama masa kampanye, kedua pasangan calon tentulah mendapat banyak dukungan dari pendukungnya. Bukan hanya masyarakat biasa, sejumlah selebriti juga memberikan dukungan untuk pasangan idolanya. Bahkan beberapa dari mereka ada mengakui sangat mengagumi sosok pasangan calonnya melalui media sosial. Kira-kira siapa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, seleb-seleb yang berada di kubu Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi, Sabtu (19/1).

Kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

1. Moreno Soeprapto

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@moreno_soeprapto


Nama Moreno Soeprapto memang tak asing lagi didengar masyarakat. Moreno merupakan pembalap mobil nasional ternama di Indonesia. Belakangan ini Moreno diketahui tengah berkecimpung di dunia politik. Tahun 2017 silam, Partai Gerindra pernah mengusung Moreno sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur. Keputusan tersebut mendapat persetujuan dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Melalui akun Instagram pribadinya, Moreno terlihat beberapa kali mengunggah momen kebersamaan dan dukungannya untuk pasangan Prabowo-Sandi.

2. Eko Patrio

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ekopatriosuper


Pelawak Eko Patrio turut memberikan dukungannya untuk pasangan Prabowo-Sandi. Diketahui Ketua DPW PAN DKI Jakarta ini masuk dalam daftar juru bicara pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi.

3. Ahmad Dhani

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ahmaddhaniprast


Bukan rahasia lagi bila Ahmad Dhani memberikan banyak dukungan kepada pasangan Prabowo-Sandi. Ya, ia secara terang-terangan mengungkapkan dukungannya untuk Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Berbagai cara Dhani lakukan untuk Prabowo, salah satunya banyak rumor yang menyebut ia membantu kampanye Prabowo.

4. Rachel Maryam

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@rachelmaryams


Berkecimpung di dunia politik cukup lama, Rachel Maryam mengungkapkan dukungannya bagi Prabowo-Sandi. Melalui akun Instagramnya, ia pernah mengunggah potret dirinya saat menjadi pembicara dalam deklarasi dan konferensi pers relawan pendukung Prabowo-Sandi di Bogor.

5. Mulan Jameela

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1


Tak jauh berbeda dari Ahmad Dhani, sang istri Mulan Jameela juga memberikan dukungan penuh pada Prabowo-Sandi. Pasangan ini bahkan menjual rumah untuk mendukung bakal calon presiden tersebut.

6. Neno Warisman

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nenowarismanofficial


Artis senior Neno Warisman cukup sering menyuarakan dukungannya untuk Prabowo-Sandi. Di berbagai kesempatan, Neno Warisman beberapa kali mempromosikan kampanye gerakan #2019GantiPresiden.
 
7. Mandala Shoji

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mandala_abadi_shoji


Presenter reality show, Mandala Shoji menyatakan dukungannya bagi pasangan calon nomor urut 02. Belum lama ini, Mandala bahkan memimpin deklarasi dari Himpunan Artis Pendukung Prabowo-Sandi (HAP-PS).

8. Rhoma Irama

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@rhoma_official


Bukan hanya aktor dan aktris, Raja Dangdut Rhoma Irama dari Partai Idaman juga diketahui menjadi salah satu jurkamnas pasangan Prabowo-Sandi. Sekitar pertengahan tahun 2018 lalu, Rhoma disebut membuat sebuah lagu spesial bagi Prabowo-Sandi.

9. Fauzi Baadila

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@fauzibaadilla__


Aktor Fauzi Baadila nampaknya terus menunjukkan keseriusannya mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Diakuinya, Fauzi Baadila telah mendukung Prabowo sejak tahun 2014 lalu.

10. Primus Yustisio

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com


Selain Rhoma Irama, nama aktor legendaris Primus Yustisio juga ditunjuk sebgai salah satu selebriti yang menjadi jurkamnas pasangan Prabowo-Sandi.

Kubu Joko Widodo dan Mar'ruf Amin.

1. Giring

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@giring


Belakangan ini, Giring mulai berkecimpung di dunia politik. Ia tergabung dalam Partai Solidaritas Indonesia. Dilansir brilio.net dari kapanlagi.com, sekitar tahun 2014 lalu, Giring pernah mengungkapkan kekagumannya pada Jokowi karena sosok yang sederhana.

"Saya inget banget ketemu Jokowi di bandara, kita dari Solo. Dia sederhana banget cuma pake kemeja, nggak pake pengamanan, nggak pake penjagaan. Ini pemimpin Solo sederhana banget," ujarnya.

2. Addie MS

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@addiems999


Salah satu musisi yang mendukung penuh Jokowi-Ma'ruf Amin adalah Addie MS. Ya, melalui akun Twitternya, Addie cukup sering menujukkan rasa bangga dan kagumnya pada Jokowi. Pada saat Deklarasi Alumni UI, Addie MS bahkan memimpin paduan suara deklarasi untuk Jokowi-Ma'ruf Amin.

3. Lala Karmela

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lalakarmela


Selain Addie MS, Lala Karmela juga terlibat dalam Deklarasi Alumni UI. Ia membacakan deklarasi di hadapan Jokowi serta para alumni lainnya. Ia melihat perkembangan Indonesia yang begitu pesat di bawah pimpinan Jokowi. Tak heran bila Pilpres mendatang, Lala akan memilih Jokowi-Ma'ruf Amin.

4. Krisdayanti

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@krisdayantilemos


Selebriti sekaligus caleg dari PDIP, Krisdayanti mendukung penuh pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Dilansir dari liputan6.com, menurut KD Jokowi-Ma'ruf Amin adalah pasangan yang tepat. Latar belakang Ma'ruf Amin mampu mendampingi Jokowi dalam Pilpres kali ini.

"Karena kemampuan dan latar belakang Beliau di MUI itu, nantinya akan sangat berperan dalam berkolaborasi dengan Pak Jokowi," tuturnya.

5. Kirana Larasati

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kiranalarasati


Kirana Larasati tak hanya mencalonkan diri sebagai calon legislatif. Perempuan kelahiran tahun 1987 itu diketahui juga didapuk sebagai salah satu anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin.

6. Wanda Hamidah

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wanda_hamidah


Selebriti cantik selanjutnya adalah Wanda Hamidah. Ia menyatakan dukungannya penuh kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Belum lama, Wanda tergabung dalam Masyarakat Peduli Indonesia (MPI) mendeklarasikan dukungan untuk Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

7. Tompi

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@dr_tompi


Penyanyi Tompi beberapa kali mengunggah sosok Jokowi di akun media sosialnya. Dalam beberapa captionnya, Tompi menujukkan rasa kekagumannya pada orang nomor satu di Indonesia tersebut, salah satunya mengenai kinerja Jokowi selama memimpin beberapa tahun terakhir.

8. Nafa Urbach

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nafaurbach


Nafa Urbach secara terang-terangan menjelaskan dukungannya pada Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Artis yang mencalonkan diri dari Partai Nasdem itu bahkan sempat meradang saat warganet yang bersikap tak wajar kepada Presiden Jokowi.

9. Tina Toon

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@tinatoon101


Penyanyi cilik yang kini terjun ke dunia politik Tina Toon jelas memberikan dukungannya kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Seperti diketahui, Tina mencalonkan diri dari Partai PDIP. Saat Jokowi mendeklarasikan Ma'ruf Amin sebagai pasangannya, Tina menulisan caption 'Untuk Persatuan Banga, Untuk Rakyat Indonesia' dalam akun Instagramnya.

10. Sahrul Gunawan

seleb prabowo vs jokowi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sahrulgunawanofficial


Selebriti lainnya yang mengagumi sosok Jokowi adalah Sahrul Gunawan. Tak jauh berbeda dengan Tina Toon, saat Jokowi memilih Ma’ruf Amin, Sahrul mengungkapkan dukungannya. Baginya, Jokowi adalah sosok pribadi yang tenang.