Brilio.net - Film biografi atau biasa dikenal dengan film biopik saat ini sedang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata ini tak hanya memerankan tokoh pahlawan, namun juga beberapa tokoh fenomenal Indonesia.

Film-film semacam itu biasanya menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah atau tokoh yang inspiratif. Dalam film biopik biasanya tetap menggunakan nama asli karakter utama. Selain itu, film biopik mampu menyalurkan semangat, tekad dan perjuangan tokoh tersebut sehingga menjadi motivasi.

Beberapa film biopik juga memiliki pesan dan pemikiran atau kebijakan para tokoh yang masih relevan sampai saat ini. Cara industri film menghidupkan kembali sosok yang inspiratif dan fenomenal ini lebih mudah disampaikan melalui film biopik.

Maka tak heran jika saat ini film biopik menjadi salah satu film yang banyak dicari. Tak heran para sineas banyak yang berjuang untuk mencari pemeran utama untuk kesuksesan sebuah film biopik.

Kali ini brilio.net akan merangkum beberapa seleb Indonesia yang berhasil memerankan tokoh fenomenal di film biopik dari berbagai sumber, Rabu (14/11).


1. Christine Hakim


Film yang disutradarai oleh Eros Djarot berjudul Cut Nyak Dien ini memilih aktris Christine Hakim untuk memerankan pahlawan nasional tersebut.

2. Chelsea Islan


Dalam film Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar ini Chelsea Islan dipercaya untuk memerankan sosok yang inspiratif Merry Riana. Perjuangan Merry untuk mencari pundi-pundi uang hingga sukses di usia muda menjadi tema utama dalam film ini.

3. Dian Sastro


Dikenal sebagai pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita, kisah Kartini menarik untuk difilmkan. Aktris legendaris Indonesia Dian Sastro dipercaya untuk memerankan Kartini pada film karya sutradara Hanung Bramantyo ini.

4. Cut Mini

Athirah yang menceritakan tentang kehidupan Hajjah Athirah Kalla, ibunda Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Film ini menampilakan sosok dan perjuangan Athirah dan Kalla ketika muda.

5. Tika Bravani


Film yang menceritakan sosok Siti Walidah atau lebih dikenal dengan Nyai Ahmad Dahlan ini diperankan oleh Tika Bravani. Tak jauh seperti film Kartini, film ini bercerita tentang perjuangan Nyai Ahmad Dahlan sebagai tokoh emansipasi perempuan dan istri dari pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan.  

6. Ario Bayu


Aktor tanah air kelahiran 6 Februari 1985 ini berperan sebagai sosok Bung Karno dalam film Soekarno karya sutradara Hanung Bramantyo. Film ini menceritakan berbagai dimensi tentang Bung Karno mulai kisah cintanya sampai Indonesia merdeka.

7. Adipati Dolken



Aktor muda yang pernah memenangakan perhargaan FFI untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik 2013 dalam film Sang Kyai ini juga pernah melakoni peran salah satu pahlawan nasional. Ia berperan sebagai panglima besar Jenderal Soedirman dalam film yang sama dengan nama pahlawan ini.

8. Lukman Sardi


Lukman Sardi dipercaya untuk memerankan Ahmad Dahlan dalam film Sang Pencerah. Sang Pencerah mengungkap sosok pahlawan nasional pendiri Muhammdiyah.

9. Nicholas Saputra


Nicholas Saputra dipercaya untuk memerankan Soe Hok Gie dalam film Gie. Gie mengisahkan seorang tokoh bernama Soe Hok Gie seorang demonstran dan pecinta alam Universitas Indonesia.

10. Reza Rahardian

Aktor kenamaan Indonesia yang satu ini sering muncul dalam film biopik Indonesia beberapa diantaranya adalah Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Rudy Habibie dan yang terbaru film Benyamin Biang Kerok.

11. Vino G. Bastian


Dalam film Chrisye, Vino dipercaya untuk memerankan sosok legendaris dalam dunia musik tersebut. Film ini mengisahkan tentang perjalanan musik Chrisye.

12. Teuku Rifnu


Kepolosan Teuku Rifnu untuk memerankan Jokowi muda dirasa sangat pas dan cocok. Film yang berjudul Jokowi ini mengisah kan kehidupan Jokowi seorang pemuda desa yang berhasil menjadi orang nomor satu Indonesia.

13. Ikranagara




Ikanagara yang merupakan aktor sekaligus seniman berhasil memerankan Hasyim Asy'ari. Film ini mengangkat kisah seorang pejuang kemerdekaan dan pendiri Nahdlatul Ulama.

14. Gunawan Maryanto



Gunawan berperan sebagai Wiji Tukul dalam film yang berjudul Istirahatlah Kata-Kata. Film ini bercerita tentang perjuangan penyair Wiji Tukul yang menuntut keadilan kepada pemerintah melalui gerakan, orasi, dan puisinya.

15. Daniel Mananta



Mantan VJ MTV Daniel Mananta didapuk untuk memerankan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di film A Man Called Ahok. Ia mengaku sangat senang dapat terlibat dalam film yang disutradarai oleh Putrama Tuta ini.