Brilio.net - Virus corona Covid-19 menjangkit kepada siapa saja tanpa pandang bulu. Parahnya lagi, beberapa orang yang sudah terpapar pun masih bisa terkena untuk kedua kalinya.

Tak ada cara yang bisa menjamin 100 persen orang bisa kebal terhadap virus corona. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kesadaran diri untuk menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan yang ketat.

Sampai saat ini sebanyak 2,17 juta penduduk di Indonesia dinyatakan positif Covid-19. Dari data tersebut sebagian besar di antaranya adalah para selebriti Tanah Air. Beberapa di antaranya sudah sembuh dan tak sedikit juga yang masih berjuang melawan Covid-19.

Kisah seleb terpapar Covid-19 ini mereka bagikan ke media sosial mereka. Seperti apa cerita lengkapnya? Berikut brilio.net telah himpun dari berbagai sumber, Kamis (1/7).

1. Jane Shalimar.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@janeshalimar_1

Jane Shalimar pesinetron berusia 41 tahun itu dilaporkan positif Covid-19. Jane Shalimar bahkan harus dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya yang cukup serius.

Jane Shalimar sempat mendapatkan perawatan di ruang IGD, namun setelah dua hari menunggu ia akhirnya dipindahkan ke ruang ICU di RS jakarta Medical Centre. Kabar tersebut dibenarkan oleh adik iparnya saat dihubungi oleh wartawan.

"Alhamdulilah sudah dipindah ke ruangan ICU setelah antre dua hari," kata Adhi, seperti yang brilio.net kutip dari Kapanlagi.com, Kamis (1/7).

Adhi juga mengungkapkan kakak iparnya sempat sulit berkomunikasi, namun kini kondisinya sudah stabil.

"Sebelumnya komunikasi agak sulit, alhamdulillah sekarang sudah bisa berkomunikasi," lanjutnya.

2. Imel Putri Cahyati.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@imelpc

Rabu kemarin Imel Putri Cahyati mengabarkan kepada publik bahwa dirinya positif Covid-19. Lewat sebuah unggahan berisi screenshot chat WhatsApp, Imel mengabarkan kepada anaknya bahwa dia dan ibundanya positif dan harus isolasi.

"Mommy positif nak," bunyi isi pesan WhatsApp.

Padahal belum lama ini mantan istri Sirajuddin Mahmud itu baru saja menjalani kemoterapi. Seperti yang diketahui bersama, Imel mengidap penyakit kanker. Meski sempat mengalami mual, untungnya ibu satu anak ini bisa melaluinya dengan baik.

3. Roger Danuarta.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@rogerojey

Nasib yang sama juga harus dilalui oleh Roger Danuarta. Lewat kanal YouTube milik Roger dan Cut Meyriska, sang istri memaparkan kronologi bagaimana suaminya bisa terinfeksi virus Covid-19.

Melansir dari kanal YouTube RogerChika Journey, Cut Meyriska menceritakan Roger awalnya hanya didera demam pada 16 Juni 2021. Setelah mendapatkan infus dan obat, kondisi Roger mulai membaik.

Tanggal 22 Juni 2021, roger pergi ke rumah sakit karena muncul gejala lain seperti flu, sariawan, dan sakit tenggorokan. Saat Roger hendak makan, dia mengaku sudah tidak bisa mencium aroma makanan saat itu.

Roger langsung melakukan tes PCR, dan hasil menunjukkan positif. Sang istri panik dan langsung menelpon dokter dan kawan-kawannya.

4. Bintang Emon.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@bintangemon

Dari ranah komedian, komika Bintang Emon tak luput dari virus Covid-19. Sebagai orang yang cukup vokal membicarakan soal pandemi corona Covid-19, nyatanya tak membuat Bintang Emon bisa bebas dari virus yang meresahkan itu.

Kabar tersebut diunggah oleh pemilik nama asli Gusti Bintang di akun Instagram-nya. Tentu saja dengan gaya komedi satire, Bintang mengatakan bahwa ia telah di-endorse oleh Covid-19.

"Guys, jadi malam ini gue lagi di-endorse Covid-19 ya. Syaratnya sih simpel, tinggal napas terengal-engal, terus mual-mual, batuk-batuk, sama sakit kepala banget. Oh, sama siap dituduh bagian dari konspirasi dan harus siap disumpah," kata Bintang Emon, dikutip akun Instagramnya, pada Kamis (1/7).

5. Bunga Citra Lestari.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@bclsinclair

Kabar penyanyi sekaligus juri Indonesian Idol, yakni Bunga Citra Lestari terkena Covid-19 sudah merebak luas. Ibu satu anak ini membagikan foto di Instagram pribadinya, yang memperlihatkan dirinya sedang berada di rumah sakit.

"Baru mendapat hasil tes hari ini dan dinyatakan positif virus corona.. Aku sedang karantina mandiri dan insya Allah akan pulih secepatnya.. Aku mengimbau semua orang untuk mengambil semua langkah untuk tetap aman dan sehat..Kumohon jaga dirimu dan orang-orang yang kau cintai. Bangun imunitas dan anggap hal ini penting.. Aku akan menemui kalian secepatnya," tulis pelantun Sunny tersebut.

Pada hari keenam isolasi mandiri. Kondisi Bunga tak kunjung membaik. Dia membagikan apa yang dirasakannya lewat postingan Instagram.

"Hari ke-6 isolasi. Hari ini aku ingin sedikit berbagi tentang apa yang kurasakan. Ternyata nggak hanya menimbulkan gejala-gejala yang bersifat fisik, COVID juga membuat mentalku down. Walaupun aku di sini menjalani isolasi tidak sendiri, tapi bersama dengan 4 orang sahabat yang juga sama-sama terinfeksi, sometimes, I still feel low," tulis wanita yang akrab disapa Unge.

6. Mona Ratuliu dan Indra Brasco.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@monaratuliu

Sekitar bulan April 2021 lalu, keluarga kecil Mona Ratuliu dan Indra Brasco harus mengalami hal pait. Kedua pasangan ini dinyatakan positif Covid-19. Di awali dari Indra yang dinyatakan positif, hingga akhirnya Mona menyusul.

Melansir dari akun YouTube MIC - MONA INDRA CHANNEL, Kamis (1/7), semula Indra Brasco yang mengalami gejala seperti demam, batuk, dan pilek. Setelah 6 hari isolasi mandiri, Indra harus dibawa ke rumah sakit untuk skrining dan hasilnya terdapat kabut pada paru-paru.

Tak berselang lama, sang istri Mona Ratuliu juga terkena covid dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Meski sempat tak tega meninggalkan bayi kecilnya, Baby Numa. Pada akhirnya Mona menjalani isolasi mandiri berdua dengan Baby Numa.

7. Peppy.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@bopakcastello_new

Lama tak muncul di televisi, rupanya Fevi Hermawan Hidayat atau akrab disapa Peppy sedang berjuang melawan Covid-19. Pada pertengahan bulan Juni kemarin, Peppy diketahui sedang dirawat di rumah sakit karena terinfeksi Covid-19.

Kabar tersebut diketahui dari Insta Story Peppy yang merepost doa dari rekan-rekan artis. Peppy juga sempat video call dengan komedian Bopak. Terlihat Peppy menggunakan selang sebagai alat bantu pernafasan.

8. Arafah Rianti.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@arafahrianti

Arafah Rianti pada lebaran tahun ini terpaksa harus melewati di Wisma Atlet. Semua bermula dari dirinya yang dinyatakan positif Covid-19. Arafah menceritakan awal mulanya bisa positif Covid-19.

"Jadi pas H-4 (lebaran) dengar temen positif covid, sebelumnya (tes) antigen negatif, pas dengar teman positif, tes PCR eh tahunya positif juga. Ya udah ke Wisma Atlet aja daripada keluarga kena juga," ujar Arafah melansir dari Kapanlagi.com.

Pada awalnya Arafah sama sekali tidak merasakan gejala apapun. Ia baru merasakan gejala seperti sakit tenggorokan dan lain-lain pasca dinyatakan positif Covid-19.

"Gejalanya pas aku udah positif, tenggorokan sakit, terus aku pusing maunya tidur seharian terus penciuman aku hilang, nggak bisa nyium apa-apa. Aku pakai semprotan nyamuk aku pikir nggak ada rasanya ternyata kata teman aku udah kebanyakan nyemprot ya hidung aku nggak ngerasa apapun," katanya.

9. Andika eks Kangen Band.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@babang_andikamahesa

Andika Kangen Band sempat dinyatakan Covid-19. Kabar itu beredar lewat pesan singkat WhatsApp, hingga akhirnya dikonfirmasi oleh perwakilan keluarga Andika Mahesa.

"Iya kena Covid gue," kata Andika melalui pesan WhatsApp, seperti brilio.net lansir dari Liputan6.com.

Vokalis Kangen Band itu mendapat perawatan di salah satu rumah sakit di Lampung sebab mengalami gejala sesak napas dan pandangan buram.

10. Aliff Alli Khan.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@aliff.alli

Awal bulan Januari 2021, menjadi momen terberat bagi aktor muda Aliff Alli Khan. Pria berusia 29 tahun itu diketahui kritis karena positif Covid-19. Aliff sempat menjalani isolasi di Wisma Atlet. Karena kondisinya melemah, Aliff pun dipindahkan ke rumah sakit.

"Dari Wisma Atlet kami dengar mereka tidak mempunyai alat-alat yang menunjang jadi pak Aliff harus pindah. Masih di Wisma Atlet, kami masih mencari rumah sakit yang itu (rujukan)," kata sang pengacara Asgar Sjarfi seperti dilansir dari liputan6.com, Kamis (1/7).

Selama masa pemulihan, kondisi Aliff sempat menurun dan kritis. Pasalnya Aliff memiliki penyakit bawaan, ditambah dirinya saat itu sedang melewati proses perceraian bersama Aska Ongi.

11. Kalina Oktarani.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@kalinaoktarani

Istri Vicky Prasetyo beberapa bulan yang lalu juga mengabarkan bahwa dirinya dinyatakan positif Covid-19. Karena kondisi Kalina yang tak kunjung membaik, ia pun dibawa ke rumah sakit oleh Vicky.

"Tapi karena keadaan saya yang masih lemah, akhirnya mas Vicky berinisiatif melarikan saya ke RS dan saya dirawat di RS," tulis Kalina dalam unggahan Instagram, seperti yang dilansir brilio.net, Kamis (1/7).

Mengetahui Kalina yang memiliki penyakit bawaan Pneumonia, ia pun menjalani tes PCR. "Siangnya dokter datang visit, dan dokter bilang saya positive COVID.. Saya langsung kasih tau mas Vicky dan anak saya @azkacorbuzier. Saya tanya apakah hasil PCR sudah keluar? Dokter menyimpulkan dari hasil test lab dan CT Scan yg saya punya..Sedih, itu yg saya rasakan," paparnya.

12. Chicco Jerikho.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@chicco.jerikho

Aktor tampan Chicco Jerikho juga mengumumkan bahwa dirinya dinyatakan positif Covid-19. Lewat akun Instagram-nya, Chicco mengunggah sebuah foto. Bersama dengan foto tersebut terdapat keterangan mengenai dirinya yang ternyata positif.

"Akhirnya kenalan juga sama Covid, tapi Puji Tuhan Istri dan Anak saya aman," tulisnya seperti dilansir brilio.net dari akun Instagram @chicco.jerikho.

13. Anji.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@duniamanji

Anji atau Erdian Aji Prihartono pada 7 Januari 2021 dinyatakan positif Covid-19. Anjir mengatakan bahwa dirinya terpapar virus saat ia sedang di Bandung dan bertemu banyak orang.

"Seminggu setelah saya dari Bandung, dan menunggu waktu pulang saya tes PCR karena akan mengisi acara di salah satu stasiun televisi swasta bersama Melly Goeslaw, Ruth Sahanaya, dan Pinkan Mambo. Sampai Jakarta tes PCR ternyata hasilnya positif," ujarnya seperti yang dikutip dari akun YouTube Dunia Manji.

Meski tak mengalami gejala apapun, tetapi Anji tetap menjalani isolasi mandiri di studio miliknya dan mengonsumsi multivitamin.

14. Helmy Yahya.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@helmyyahya

Sepulang dari Road Trip bersama keluarga di Cirebon, Magelang, Batu, hingga Bali. Presenter kondang Helmy Yahya dinyatakan positif Covid. Karena mengalami beberapa gejala seperti demam, akhirnya dia memutuskan untuk pergi ke rumah sakit.

"Saya minta dirawat karena sempat panas sampai 38 derajat. Tapi cari rumah sakit nggak gampang ke sana kemari, nanya sama teman yang dokter untuk konsultasi dan dapat (ruangan) saya minta kamar yang bisa satu kamar sama anak saya yang juga Covid-19, biar saya seneng juga," katanya dilansir dari kanal YouTube Helmi Yahya Bicara.

Helmy mengaku sulit sekali untuk memotivasi dirinya, sekalipun dia seorang motivator.

"Walaupun saya motivator tapi sulit banget motivasi diri saya. Saya down banget dan minta pil tidur sama dokter. Untungnya banyak dukungan dari sahabat dan juga istri saya," lanjutnya.

Berbagai macam cara dilakukan agar membuat dirinya bahagia, seperti nonton, buka YouTube, atau jalan-jalan di dalam kamar.

15. Donna Agnesia.

artis terpapar covid 2021 © 2021 Instagram

foto: Instagram/@dagnesia

Pada bulan awal tahun ini, tepatnya 25 Januari 2021, presenter olahraga Dona Agnesia mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19.

"Hai semua di kesempatan ini aku mau menyampaikan kalau hasil dari tes PCR tanggal 21 Januari 2021 aku positif terpapar virus Covid-19," tulis Dona, melansir akun Instagram-nya pada Kamis (1/7).

Segala upaya dilakukan oleh Dona, seperti meminum obat, berjemur, isolasi mandiri, dan aktivitas lain yang dapat meningkatkan imun.