Brilio.net - Bagi mereka yang peduli terhadap sesama, menyisihkan sedikit harta yang mereka miliki bukanlah hal sulit. Selain memang sudah cukup mampu untuk berbagi, beberapa orang ini beranggapan bahwa membantu sesama menjadi hal menyenangkan.

Seperti halnya beberapa selebriti ternama Tanah Air, mereka tidak segan lelang barang-barang kesayangannya agar hasilnya bisa didonasikan bagi yang membutuhkan. Jelas sikap mereka ini mendapatkan pujian dari banyak pihak.

Berikut beberapa seleb Tanah Air yang lelang barang untuk donasi sosial, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (14/1).

1. Taqy Malik.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Seleb lelang benda berharga untuk donasi sosial Instagram

foto: Instagram/@taqy_malik

Lewat unggahan Instagram pribadinya, pendakwah Taqy Malik mengabarkan bahwa dirinya melelang jam tangannya untuk pembangunan salah satu masjid yang berada di Yogyakarta.

Lelang jam tangan mewah itu dimenangkan Gilang Widya Pramana alias Juragan 99, dengan harga mencapai miliaran rupiah.

[Rolex rasa Richard Mille] Alhamdulillah Ma syaa Allah Tabaarakallah. lelang jam rolex berakhir pukul 20 : 00 WIB tadi, tembus di angka Rp. 1.150.000.000 yang di menangkan oleh Maskuh @juragan_99," tulis Taqy Malik.

Tentunya hasil pelelangan dengan harga tinggi itu membuat pria berusia 24 tahun itu begitu senang dan bersyukur, niat baiknya tersampaikan.

"Beliau nge bid pas di last minute, bener bener merinding. ga nyangka sampai tembus di angka fantastis itu, untuk membangun Masjid peradaban Munzalan di Jogjakarta. semoga ini jadi amal jariyah yang terus mengalir pahalnya utk Mas Gilang sekeluarga hingga wafat, Aaminn Yaa Rabb," lanjut Taqy Malik.

2. Najwa Shihab.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Urban Sneaker Society (@urbansneakersociety)

Presenter kenamaan Najwa Shihab dikenal dengan gayanya yang keren, dan pecinta sneakers. Saking cintanya, Najwa Shihab mengoleksi banyak sneakers. Meski begitu, di rela melepaskan sneakers kesayanganya - karya GDragon, Nike Air Force 1 '07.

Pada akhir Maret 2020 lewat akun urban sneakers society, Najwa berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 34.000.000. Seluruh hasil lelang tersebut telah disumbangkan melalui penggalangan donasi Covid-19 yang dilakukan oleh Najwa sendiri.

3. Dian Sastro.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Urban Sneaker Society (@urbansneakersociety)

Tidak hanya Najwa Shihab, bintang film ternama Dian Sastro juga melelang beberapa koleksi sneakersnya melalui akun urban sneakers society. Hasil lelangan yang mencapai sebesar Rp7.000.000 itu pun didonasikan untuk mereka yang terkena dampak Covid-19 atau pandemi.

4. Abdel.

Seleb lelang benda berharga untuk donasi sosial Instagram

foto: Instagram/@abdelachrian

Abdel melelang sepeda motor Vespa GTS 150 tahun 2015 kesayangan demi aksi kemanusiaan, pada 2020. Dari penuturan Abdel, vespa tersebut hanya dipakai untuk membeli bubur di daerah Palapa saja. Vespa tersebut pun masih cukup terawat.

5. Wendi Cagur.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Wendi Cagur (@wendicagur)

Di tahun yang sama, Wendi Cagur juga ikut melelang barang kesayangannya, yakni salah satu sepeda koleksinya. Wendi mengungkapkan bahwa sepeda tersebut cukup istimewa lantara merupakan rakitan dan bukan buatan pabrik.

Hasil dari lelangan itu didonasikan melalui kampanye yang dilakukan oleh komunitas B2W dalam melawan virus corona.

6. Nadine Chandrawinata.

Seleb lelang benda berharga untuk donasi sosial Instagram

foto: Instagram/@nadinelist

Nadine Chandrawinata dan suaminya, Dimas Anggara melelang barang-barang kesayangan mereka. Proses lelang tersebut dilakukan secara langsung melalui siaran langsung pada instagram pribadinya. Seluruh hasil lelang digunakan untuk membeli alat perlindungan diri dan peralatan kebersihan bagi pihak yang membutuhkan, di tengah pandemi Covid-19.

7. Gus Miftah.

Seleb lelang benda berharga untuk donasi sosial Instagram

foto: Instagram/@gusmiftah

Gus Miftah melelang blangkon kesayangannya dan dibeli oleh seseorang seharga Rp 200 juta. Blangkon tersebut laku ketika diikutsertakan dalam acara lelang bertajuk Konser Santri Untuk Indonesia. Putra Siregar yang membeli blangkon Gus Miftah adalah pengusaha handphone, dan dikenal sebagai pengusaha tajir.

"Blangkon termahal di dunia.....200 juta rupiah," tulis Gus Miftah pada unggahannya.

"Alhamdulillah segala puji bagi Allah, semalam bisa ikut hadir dan memotivasi santri, dalam rangka konser santri untuk indonesia, yang diadakan oleh @pp_rminu salah satu acaranya adalah lelang amal untuk pesantren asuh," sambungnya.

Hasil lelang blangkon tersebut sepenuhnya untuk mendukung Gerakan Pesantren Asuh binaan Rabithah Ma'ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU).

8. Maia Estianty.

Seleb lelang benda berharga untuk donasi sosial Instagram

foto: Instagram/@friends.co.id

Maia Estianty pernah melakukan aksi galang dana yang mencapai Rp 1,3 miliar. Merasa sukses, dia pun mencoba melelang barang kesayangannya. Lelangan itu pun laki pada Maret 2020 dan semua hasil lelangan digunakan untuk membeli alat perlindungan diri yang telah diberikan para tenaga medis.

9. Olla Ramlan.

Seleb lelang benda berharga untuk donasi sosial Instagram

foto: Instagram/@ollaramlan

Olla Ramlan melelang sepatu hak tinggi yang dimilikinya. Proses lelangan tersebut dilakukan melalui siaran langsung di akun instagram Olla dan Friends.co.id pada 2020. Semua hasil lelangan diberikan Olla untuk membantu tim medis yang berhadapan langsung dengan pasien kasus covid-19.

10. Melly Goeslaw.

Seleb lelang benda berharga untuk donasi sosial Instagram

foto: Instagram/@melly_goeslaw ; @armandmaulana04

Melly Goeslaw juga turut melelang barang-barang kesayangannya seperti jaket, kaca mata, dan sepatu hak tingginya. Kedua jaketnya dilepas dengan harga akhir sebesar Rp 6,5 juta dan kaca matanya sebesar Rp 3 juta. Hasil lelangan diberikan kepada pihak yang terdampak pandemi pada 2020.

11. Kirana Larasati.

Seleb lelang benda berharga untuk donasi sosial Instagram

foto: Instagram/@kiranalarasati

Kirana Larasati sangat senang memakai sneakers, dia pun memiliki banyak koleksi. Beberapa koleksinya itu pun dilelang memberikan sumbangan bagi pihak-pihak yang membutuhkan untuk melawan virus corona ini.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR