Brilio.net - Pelakor selalu menjadi peran antagonis yang mengundang emosi penonton film ataupun sinetron. Pelakor hadir sebagai orang ketiga yang tidak segan untuk mencampuri kehidupan rumah tangga sepasang suami-istri.

Pelakor sering kali hadir bukan hanya karena ada kesempatan, melainkan memberikan potensi peluang lebih besar untuk masuk dan merusak kehidupan rumah tangga seseorang. Ia juga sering menjadi bulan-bulanan banyak orang atau bikin gregetan para penontonnya. Namun, yang perlu disadari bahwa kehadirannya bukan dengan sendirinya. Ada peran laki-laki yang memberi ruang yang lebih luas atas kehadirannya.

Pelakor dalam film maupun sinetron hadir dengan beragam motif. Ada yang bermotif sebab pertemuan awal yang berkesan dan berlanjut pada pertemuan yang lebih intens. Ada juga yang memang berniat sedari awal ingin merebut suami orang. Berperan pelakor dalam dunia akting tentu saja tidak mudah. Sebab, selain harus berperan secara maksimal, ia harus menghadapi kegeraman penontonnya.

Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber Kamis (26/8), berikut 11 Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor yang aktingnya juara.

1. Anya Geraldine, Selesai.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: imdb.com

Anya Geraldine berperan sebagai Anya dalam film Selesai. Ia menjadi orang ketiga yang mengganggu kehidupan rumah tangga Broto (Gading Marten) dan Ayu (Ariel Tatum). Bagi Anya, berperan sebagai pelakor tidak terlalu sudah karena hal itu banyak dipelajari dari lingkungan sekitarnya.

"Sebetulnya kalau riset saya nggak nyari-nyari, mungkin dari contoh-contoh pelakor atau teman-teman pernah ada di dalam pengalaman itu juga atau dari sekitar aku itu bisa diserap," kata Anya Geraldine dikutip brilio.net dari konferensi pers virtual film Selesai, Senin (9/8).

2. Marshanda, Orang Ketiga.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: Instagram/@orangketiga_sctv

Nama Marshanda pertama kali dikenal secara luas saat ia berperan sebagai Lala dalam sinetron Bidadari. Peran tersebut membuatnya selalu lekat dengan karakter protagonis yang baik hati. Namun, Marshanda juga sering tampil sebagai sosok antagonis di beberapa sinetron.

Salah satu karakter yang pernah Marshanda perankan adalah menjadi pelakor dalam sinetron 'Orang Ketiga' yang pernah tayang pada 2018. Dalam film tersebut, ia menjadi pelakor menyebalkan dan sering membuat penontonnya geram. Perannya dalam sinetron ini membuktikan bahwa ia bisa menjadi sosok yang tak biasa ditampilkan dalam sinetron yang pernah mengangkat namanya.

3. Dinda Kanya Dewi, Cinta Fitri.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: liputan6.com

Dinda Kanya Dewi penampilan debutnya dalam dunia akting dimulai saat ia menjadi salah satu pemeran dalam sinetron Anakku Bukan Anakku. Sejak saat itu, ia pun sering tampil dalam beberapa sinetron dan film dan membuatnya namanya sering disebut dalam berbagai karakter.

Salah satu karakter yang cukup menarik perhatian, saat Dinda tampil berperan sebagai Mischa dalam sinetron Cinta Fitri. Dalam sinetron ini, Mischa berperan sebagai perempuan jahat yang ingin merusak rumah tangga Fitri. Sikapnya yang judes dan penuh dengan tipu muslihat, membuat ia menghayati perannya tersebut sebagai pelakor atau orang ketiga.

4. Cut Meyriska, Catatan Harian Seorang Istri.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: wikipedia.org

Cut Meyriska tampil sebagai seorang pelakor dalam sinetron Catatan Hati Seorang Istri. Artis yang memulai dengan sinetron Suci dan Cinta Bunga ini sukses tampil sebagai Helena Karin, orang ketiga yang licik dan membuat bikin geram penontonya.

5. Kirana Larasati, Kesetiaan Cinta.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: wikipedia.org

Debut dunia akting Kirana Larasati tampil dalam sinetron Itu 'Kan Cinta. Perannya dalam film debutnya ini tidak terlalu signifikan, tetapi menjadi awal perjalanan karier Kirana di dunia film. Salah satu peran antagonis yang pernah ia perankan saat ia tampil dalam sinetron 'Kesetiaan Cinta'. Dalam sinetron ini, Kirani tampil sebagai seorang pelakor yang tega mengambil suami dari sahabatnya sendiri. Film ini menjadi salah satu yang membuat Kirana lekat sosok yang diperankan dalam film ini.

6. Nikita Mirzani, Sang Sekretaris.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: Youtube/Sevia Oktavia

Nikita Mirzani tampil dengan begitu meyakinkan untuk perannya sebagai pelakor dalam film Sang Sekretaris. Dalam film ini, Nikita tampil sebagai Tiara, seorang sekretaris pribadi Reno (Rico Verald). Reno berhasil dijebak oleh Tiara dengan merekam adegan mesum mereka setelah Reno mabuk di acara perayaan salah satu temannya.

Video tersebut digunakan oleh Tiara untuk memeras Reno. Jika Reno berani macam-macam, video tersebut akan disebarkan kepada Clara (Angel Karamoy). Selain itu, Reno pun dipaksa untuk segera menceraikan perempuan yang dicintainya itu.

7. Raya Kohandi, Cinta Suci.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Dalam sinetron Cinta Suci, Raya Kohandi berperan sebagai Embun. Embun merupakan karakter antagonis yang menjadi orang ketiga dalam hubungan Marcel (Ammar Zoni) dan Suci (Irish Bella). Embun berhasil mencuri perhatian penonton, walaupun ia bukan tampil sebagai tokoh utama. Ia tampil mengganggu hubungan tokoh kunci dalam sinetron Cinta Suci ini.

8. Carissa Putri, Ayat-Ayat Cinta.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: imdb.com

Carissa Putri mulai dikenal luas saat ia tampil berperan sebagai Maria dalam film Ayat-Ayat Cinta (2008). Dalam film ini, Maria hadir sebagai orang ketiga dalam kehidupan pernikahan Fahri (Fedi Nuril) dan Aisyah (Rianti Cartwright). Namun, berbeda dengan kasus orang ketiga pada umumnya, dalam film ini pernikahan kedua antara Fahri dan Maria direstui oleh Aisyah sebagai istri pertama. Hal ini dilakukan berdasarkan keputusan Fahri dan Aisyah untuk mengabulkan permintaan terakhir Maria sebelum divonis meninggal dalam beberapa bulan kemudian.

9. Indah Indriana, Istri Kedua.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Indah Indriana tampil berperan sebagai Luna dalam sinetron Istri Kedua. Dalam sinetron ini, Luna hadir sebagai pelakor yang merusak rumah tangga orang lain. Luna hadir dalam kehidupan rumah tangga Arsa (Donny Michael) dan Shakila (Aryani Fitriana), setelah Arsa membantu mobil Luna yang mogok di tengah jalan saat hujan deras. Pertolongan tersebut kemudian menjadi awal pertemuan mereka yang semakin intens. Luna dan Arsa sering diam-diam bertemu dan bahkan Arsa berjanji akan menikahinya. Indah sukses berperan sebagai pelakor yang dapat mengatur jalan cerita dalam sinetron ini.

10. Aghniny Haque, Wedding Agreement.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: imdb.com

Aghniny Haque tampil sebagai Sarah dalam film Wedding Agreement. Sarah hadir menjadi kekasih Bian (Refal Hady) yang sudah terlanjur dijodohkan ibunya dengan Tari (Indah Permatasari). Bian berkomitmen penuh dengan sarah dan berjanji akan segera menikahinya setelah perjanjiannya dengan Tari selesai. Namun, Tari tak tinggal diam. Tahu bahwa suami sahnya tak benar-benar mencintainya, ia selalu berusaha untuk dapat merebut hatinya dari Sarah.

11. Glenca Chysara, Ikatan Cinta.

Artis Indonesia pernah berperan sebagai pelakor berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Glenca Chysara merupakan salah satu tokoh pelakor yang sedang naik daun bekat penampilannya dalam sinetron Ikatan cinta. Dalam sinetron ini, Glenca berperan sebagai Elsa yang merebut Nino (Evan Sanders) yang juga dicintai oleh kakak kandungnya sendiri, Andin (Amanda Manopo). Elsa sukses membuat penonton Ikatan Cinta geram dan emosi karena telah menyakiti Andin yang tak lain adalah saudaranya sendiri.