Brilio.net - Baru-baru ini, Google memajang foto penyanyi legendaris Chrisye dalam halaman utama pencariannya. Google Doodle merayakan ulang tahun penyanyi mendiang penyanyi Chrisye yang lahir di Jakarta, 16 September 1949 silam. Pada halaman utama Google, terpajang ilustrasi pelantun lagu 'Kisah Kasih di Sekolah' itu.

Tak hanya gambarnya tersemat di Google, nama Chrisye menjadi trending topic pertama beberapa hari terakhir. Tak bisa dipungkiri, penyanyi yang melahirkan banyak karya lagu fenomenal itu menarik perhatian warganet. Berbagai media mengabarkan banyak fakta tentang penyanyi keturunan Tionghoa tersebut.

Perjuangan Chrisye untuk menjadi terkenal dan sukses di dunia hiburan sendiri tak semudah yang dibayangkan. Ia mengalami jatuh bangun untuk membangun kariernya di dunia musik. Tak hanya kariernya, dalam kehidupan sehari-hari Chrisye juga mengalami transformasi.

Nah, berikut potret kenangan Chrisye mulai awar karier hingga wafat, seperti dirangkum brilio.net dari merdeka.com dan Kapanlagi, Selasa (17/9).

1. Pemilik nama asli Chrismansyah Rahadi sudah mengagumi musik sedari kecil. Masa remajanya tinggal di kawasan Menteng dan bertetangga dengan Keenan Nasution bersaudara, yang saat itu membentuk sebuah band Sabda Nada.

Loading...

transformasi chrisye Istimewa

2. Hingga pada akhirnya Chrisye mendapat lampu hijau untuk menekuni musik dan drop-out dari Akademi Perhotelan Trisakti dan Teknik Arsitektur UKI.

transformasi chrisye Istimewa

3. Chrisye sempat bergabung dengan Abadi Soesman, Dimas Wahab, Rony Makasutji, dan Broery Marantika yang tergabung dalam band The Pro's.

transformasi chrisye Istimewa

4. Setelah kembali ke Tanah Air, ia bergabung dengan Guruh Soekarno Putra yang mengajaknya membuat album rock bertajuk GURUH GIPSY. Pada album ini, ia menggabungkan gamelan Bali dengan instrumen konvensional.

transformasi chrisye Istimewa

5. Dari sinilah nama Chrisye sebagai solois menjadi terkenal. Atas dorongan Guruh, ia menyanyikan lagu Lilin-lilin Kecil karya James F Sundah di Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR), yang diselenggarakan Radio Prambors pada akhir 1976.

transformasi chrisye Istimewa

6. Dalam dunia asmara, Chrisye jatuh hati dengan GF Damayanti Noor yang kala itu menjadi sekretaris Guruh.

transformasi chrisye Istimewa

7. Setelah menikah dengan Damayanti, Chrisye dikaruniai empat orang anak. Mereka bernama Rayinda Prashantya Chrismansyah, Randa Pramasha, Rizkia Nurannisa dan Risty Nurraisa.

transformasi chrisye Istimewa

8. Ia semakin terkenal di dunia hiburan dan melakukan beberapa kolaborasi dengan band-band muda pada tahun 2000an, seperti Ungu dan Peterpan.

transformasi chrisye Istimewa

9. Pada Agustus 2005 Chrisye divonis mengidap kanker paru-paru dan harus menjalani kemoterapi di Singapura.

transformasi chrisye Istimewa

10. Namun, kondisi kesehatannya semakin hari kian menurun. Meskipun begitu, ia tetap aktif bergerak di dunia musik.

transformasi chrisye Istimewa

11. Ia mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat 30 Maret 2007, pukul 04.08 WIB di kediamannya Jalan Asem II nomor 80 Cipete Jakarta Selatan. Selamat jalan, Chrisye Sang Legenda!

transformasi chrisye Istimewa

RECOMMENDED BY EDITOR